Janjang Sajuta di Lereng Singgalang Bukittinggi-Agam

Kabupaten Agam sebagai salah satu kabupaten yang berada di provinsi Sumatera Barat, menyimpan banyak potensi tempat-tempat wisata hingga saat ini sudah banyak tempat wisata baru dibuka di kabupaten yang bertetangga dengan kota Bukittinggi ini. Karena keindahan alamnya yang memukau, maka tak heran saat ini bermunculan objek wisata baru, seperti Bantoroyo, Bukik Baka, Taman Tirtasari dan Lereng Singgalang.

Janjang Sajuta di Lereng Singgalang Bukittinggi-Agam

Saat ini, di Lereng Singgalang yang dahulunya orang hanya bisa menikmati keindahan pemandangan sekitar Bukittinggi-Agama hanya sampai di batas plank merek Lereng Singgalang. Maka untuk saat ini, sudah bisa menikmati sampai ke puncak pinus Lereng Singgalang dengan menempuh Janjang Sajuta.

Janjang dalam bahasa Minangkabau dapat dipahami sebagai Tangga, jadi Janjang Sajuta merupakan sebutan untuk tangga menuju puncak pohon pinus di area lenreng Singgalang, di sini kita bisa lebih leluasa menikmati keindahan alam Minangkabau bernama Bukittinggi dan Agam.

Meskipun sarana yang disebut sebagai “Janjang Sajuta” belum selesai dikerjakan, namun sudah banyak berdatangan para pengunjung ke lokasi ini, karena memang sudah dibuka oleh pemerintah daerah setempat. Lokasi ini bisa kita tempuh menggunakan perjalanan kaki, perjalanan dimulai dari depan kantor Wali Nagari Sarik’an.

Janjang Sajuta di Lereng Singgalang Bukittinggi-Agam
Janjang Sajuta bagian atas baru selesai

Di depan kantor inilah atau di sekitar tempat ini, diperbolehkan batas akhir kendaraan roda dua maupun roda 4, di sini tempat parkir dan dikenakan tarif standar parkir seperti di tempat lain. Untuk menuju akses yang seharusnya menggunakan Janjang Sajuta, karena masih dalam tahap pengerjaan, maka kita lewat jalan setapak yang biasa digunakan warga untuk berjalan menuju perkebunan.

Sebenarnya menuju ke puncak lereng singgalang ini, kita masih bisa menggunakan sepeda motor, namun karena warga di sini memberikan batas akhir di depan kantor Wali Jorong, maka mereka menyediakan jasa ojek untuk menuju batas akhir yang berjarak sekitar 1 km dari bawah. Untuk tarif ojek sekali antar, yaitu sekitar Rp. 5000. Namun, lokasi akhir itupun kita belum sampai ke puncak lereng singgalan tersebut.

Batas akhir hantaran ojek itupun, masih membutuhkan perjalanan sekitar 300 meter lagi dengan jalan tanah yang cukup menanjak dan sedikit licin, jadi bagi kamu yang menuju objek wisata Janjang Sajuta ini, diharapkan sangat berhati-hati.

Tempat Wisata Lereng (Gunung) Singgalang, yang berlokasi di Nagari Pakan Sinayan, Kecamatan Banuhampu, Kabupaten Agam ini, dicanangkan menjadi Objek Wisata Agro. Di kawasan itu akan berkembang perkebunan buah-buahan dan sayuran.

Janjang Sajuta di Lereng Singgalang Bukittinggi-Agam
Lokasi di puncak Lereng Singgalang

Untuk menuju lokasi dari Bukittinggi, kita melewati pasar ramai dan macet di Pasar Padang Luar, kemudian belok kanan arah ke Danau Maninjau dan berhenti di Pakan Sinayan, di Pakan Sinayan ini kita belok kiri menuju Lereng Singgalang ada beberapa simpang ke kiri menuju arah Lereng Singgalang ini.

Setelah kita masuk ke dalam simpang kiri tadi, maka kita akan bertemu dengan Jorong Sarik’an dan tepat di depan kantor Jorong Sarik’an inilah, batas akhir boleh menggunakan sepeda motor. Karena setelah itu, pengunjung dipersilahkan melakukan pendakian menggunakan jalan kaki.

Dari sinilah petualangan mendaki lereng Singgalang itu dimulai, sekitar 1 km perjalanan kaki yang menanjak ke atas, cukup menguras tenaga dan membuat keringat bercucuran. Berwisata dan berolahraga itulah kesan saat mendaki arah puncak lereng singgalang janjang Sajuta.

Baca Juga : 25 Tempat Wisata di Bukittinggi Terbaru

Setelah berada di puncak lereng singgalang, kita merasakan kepuasan tersendiri, karena bagi pecinta panorama alam, di sini kita dapat meikmati keindahan Bukittinggi dan kabupaten Agam dari ketinggian, selain itu di sini juga bisa melakukan olahraga paralayang. Karena peratalan belum tersedia, biasanya peralatan olahraga Paralayang ini dibawa langsung oleh mereka yang akan melakukannya.

Janjang Sajuta di Lereng Singgalang Bukittinggi-Agam
Lokasi di puncak Lereng Singgalang

Jadi, saat ini tidak hanya di kawasan puncak lawang saja dapat melakukan olahraga Paralayang, tetapi di lokasi Janjang Sajuta lereng Singgalan ini, juga kita sudah dapat melakukannya, tentunya bagi mereka yang hobi dengan olahraga menantang ini.

Lokasi di puncak Janjang Sajuta Lereng Singgalang

Bagi pengunjung yang ingin menikmati keindahan alam ini, bisa bersantai ria, berselfi dan sambil meikmati makanan yang dijual oleh pedagang di atas puncak lereng singgalang ini. Selain pemandangan panorama alam Bukittinggi, Agam dan sekitarnya. Pengunjung juga disuguhkan dengan tampilan hutan pinus yang rindang di sini, namun sampai saat ini belum diperbolehkan pengunjung untuk masuk ke dalam hutan pinus tersebut.


Suatu saat bisa saja, pemerintah Kabupaten Agam menjadikan area hutan pinus dekat lereng Singgalang itu menjadi tempat wisata dengan area permainan yang banyak, semoga saja ya...dan selamat menikmati keindahan alam di Lereng Singgalang Via Janjang Sajuta ini, bagi Anda yang sedang berada di lokasi ini. Cek Juga Videonya :

0 Response to "Janjang Sajuta di Lereng Singgalang Bukittinggi-Agam"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel