25 Tempat Wisata di Bukittinggi, Rugi Jika Dilewatkan

Bukittinggi merupakan salah satu kota yang ada di provinsi Sumatera Barat. Julukan kota wisata yang melekat pada kota Bukittinggi, dibuktikan dengan banyaknya tempat wisata di kota ini, bahkan jarak antara satu tempat wisata dengan yang lainnya sangat berdekatan, sehingga sangat mudah dijangkau oleh para wisatawan lokal, maupun mancanegara.

Ketika berkunjung ke kota kecil nan indah ini, orang sangat familiar dengan objek wisatanya Jam Gadang, namun siapa sangka, kota ini menyimpan banyak tempat-tempat wisata yang patut untuk dikunjungi, bahkan objek wisata di sini beragam jenisnys, mulai dari keindahan alam panoramanya, museum-museum bersejarah, kebun binatang dan spot-spot berselfie ria yang sayang untuk dilewatkan.

Objek wisata di kota Bukittinggi, dapat ditempuh dengan berjalan kaki saja dari pusat wisata taman Jam Gadang, namun yang lebih jauh, juga bisa ditempuh menggunakan sepeda motor, bahkan untuk berkeliling menyusuri objek wisata ini, tidak banyak menghabiskan waktu tempuh, karena memang jarak yang sangat dekat.

Berikut kami tampilkan objek wisata di Bukittinggi.

1. Taman Jam Gadang Bukittinggi

25 Tempat Wisata di Bukittinggi, Rugi Jika Dilewatkan

Jam Gadang merupakan menara tinggi peninggalan Belanda, di atasnya terdapat sebuah jam besar, gadang dalam bahasa Minang bermakna besar, maka jam gadang gadang adalah jam yang berukuran besar. Untuk saat ini, jam gadang sudah berbenah menjadi lebih indah di sekitar tamannya, terdapat deretan bunga-bunga indah dan tersedianya air mancur di bagian depan istana bung hatta dan di bagian arah ke pusat perbelanjaan pasar atas.

Jam gadang merupakan ikon wisata di kota ini, setiap harinya banyak sekali wisatawan lokal dan mancanegara yang berkunjung ke daerah ini. Bagi Anda yang berkunjung ke Bukittinggi jangan lewatkan untuk berkunjung ke tempat wisata Jam Gadang ini. Lokasi dari tempat wisata utama kota Bukittinggi ini, di Pasar Atas kota Bukittinggi.

2. Istana Bung Hatta
25 Tempat Wisata di BukittinggiHanya beberapa meter saja dari Jam Gadang, Anda dapat menyaksikan Istana Bung Hatta ini, Bung Hatta adalah putra asli Bukittinggi yang menjadi wakil Presiden pertama di Indonesia. Istana Bung Hatta ini, sering dijadikan tempat wisudah bagi sekolah tinggi dan perguruan tinggi di Bukittinggi dan sekitarnya.

3. Taman Monumen Bung Hatta


25 Tempat Wisata di Bukittinggi

Tidak jauh dari gedung Istana Bung Hatta, dapat ditemukan Taman Monumen Bung Hatta, sebagai Pahlawan dan Wapres pertama di Indonesia, Bung Hatta patut kita kenang dan kita banggakan sebagai putra daerah Minangkabau.

4. Janjang Seribu

25 Tempat Wisata di Bukittinggi, Rugi Jika Dilewatkan

Dalam Bahasa Minang, Janjang adalah tangga. Jadi, Janjang Seribu adalah sebutan untuk lokasi wisata yang satu ini, di sini kita dapat meyaksikan keindahan Ngarai Sianok dari ketinggian dan untuk menemhpuh jarak ke tempat yang tinggi tersebut, kita harus melewati jenjang atau tangga yang jumlahnya sangat banyak, sehingga disebutlah tempat wisata di Bukittinggi yang satu ini, Jenjang Seribu.

5. Bukit Ngarai Takuruang


25 Tempat Wisata di Bukittingg
Foto by :@ronitongki

Masih di lokasi Ngarai Sianok, Anda dapat menemukan tempat wisata Bukittinggi yang dikenal dengan nama “Bukit Ngarai Sianok”. Di sini Anda dapat menikmati berselfie ria, dengan nuansa pemandangn bukit dan lembah yang indah.

6. Ngarai Maaram


25 Tempat Wisata di Bukittingg
foto by : @itaawardani

Ngarai Maaram adalah salah satu tempat wisata keluarga yang patut Anda kunjungi jika berada di kota wisata Bukittinggi, karena di sini, banyak sekali arena bermain anak-anak dan dapat juga menikmati view keindahan ngarai sianok dari atas.

7. Panorama Alam Nan Indah

25 Tempat Wisata di Bukittinggi, Rugi Jika Dilewatkan

Tidak jauh dari pusat wisata jam gadang, terdapat panorama alam yang indah. Di sini Anda dapat menikmati keindahan alam, pemandangan jurang dan bukit, menambah pesona di panorama ini, tidak hanya itu di sini juga cocok tempat bermain anak-anak, karena di panorama ini, terdapat taman bermain anak-anak. Lokasinya di Jl. Panorama, Kecamatan Guguk Panjang kota Bukittinggi sekitar 500 meter menurun dari pusat taman Jam Gadang kota Bukittinggi.

8. Ngarai Sianok

25 Tempat Wisata di Bukittinggi

Ngarai Sianok merupakan tempat wisata lainnya di Bukittinggi yang sayang untuk Anda lewatkan, karena di sini, arena pemandangan alam, wisata kuliner dan arena spot, banyak sekali tersedia. Ngarai dalam bahasa Minang bermakna jurang. Jadi Ngarai Sianok adalah jurang yang dalam yang dapat dilalui menggunakan mobil dan motor, sebelum sampai ke tempat wisata ini kita akan berhadapan dengan jalan terjal yang menurun. Lokasi di Kecamatan Guguk Panjang Kelurahan Kayu Kubu Bukittinggi.

Di Ngarai Sianok sering dilaksanakan wisata alam seperti camping, survival, off-road dan lainnya, karena lokasi yang nyaman dan arena yang menantang.

9. Lobang Jepang

Zaman peninggalan penjajah itu selalu ada di Indonesia, tidak terkecuali di Bukittinggi. Di sini ada beberapa peninggalan Jepang yang hari ini menjadi tempat wisata yang patut Anda kunjungi. Salah satunya ialah di Museum Lobang Jepang, dahulu lobang Jepang ini, kondisinya sangat gelap dan dinding-dinding dalam lobang jepang juga masih beralaskan tanah.

25 Tempat Wisata di Bukittinggi

Seiring waktu, kondisi lobang jepang lebih bagus, karena sudah diterangi dengan lampu, dan dinding sudah diplaster dengan semen, sehingga ketakutan orang-orang masuk ke dalam area lobang jepang ini, tidak terjadi lagi untuk saat ini. Lokasi lobang jepang sama dengan taman panorama, karena berada tepat di bawah taman panorama alam Bukittinggi yaitu di Jl. Panorama, Kecamatan Guguk Panjang kota Bukittinggi sekitar 500 meter menurun dari pusat taman Jam Gadang kota Bukittinggi.

10. Benteng For De Kock


25 Tempat Wisata di Bukittinggi, Rugi Jika Dilewatkan

Sebagai benteng pertahanan masa penjajahan, di Bukittinggi terdapat sebuah benteng yang saat ini menjadi objek wisata. Dahulunya  Benteng For De Kock ini digunakan oleh tentara Belanda sebagai pertahanan dari serangan masyarakat Minang, terutama pada saat terjadinya Perang Paderi.Lokasi dari jalan enteng For De Kock di Jl. Tuanku nan Renceh, sekitar 1 KM dari kawasan wisata kota Jam Gadang.

11. Jembatan Limpapeh


25 Tempat Wisata di Bukittinggi

Masih bersatu dengan Benteng For De Kock tepatnya sebagai penghubung antara Benteng dengan kebun binatang Bukittinggi, ada satu jembatan gantung yang indah sebagai view wisata dan dapat meikmati keindahan alam sekitarnya, yaitu Jembatan Limpapeh.

12. Kebun Binatang Bukittinggi


25 Tempat Wisata di Bukittinggi

Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan atau dikenal juga dengan Kebun Binatang, tersdia di Bukittinggi, jika tadinya Anda telah berkunjung ke Benteng For De Kock, maka saatnya Anda menyeberang melewati jembatan limpapeh terus menuju Kebun Binatang Bukittinggi. Di sini tersedia juga berbagai macam binatang, seperti harimau, buaya, orang hutan, ular dan sebagainya.

13. Museum Ikan

Di dalam Kebun Binatang Bukittinggi, terdapat juga museum ikan, terdapat berbagai jenis ikan di dalamnya, untuk diketahui juga, bentuk museum ikan ini dibuat seperti ikan besar yang mana pintu masuknya di depannya seperti bentuk mulut ikan yang menganga.

14. Museum Zoologi


25 Tempat Wisata di Bukittinggi

Tidak jauh dari museum ikan, adanya museum Zoologi, di sini Anda masuk tanpa tiket tambahan dan bisa melihat dan mempelajari tentang bangkai binatang masa dahulu, mulai dari binatang yang masih utuh sampai ke tulang belulang ada di museum Zoologi ini.

15. Museum Rumah Adat Baanjung

Dalam museum rumah adat baanjuang, kita dapat mengenal sejarah Minangkabau, lokasi dari museum ini juga berada dalam kompleks Kebun Binatang Bukittinggi. Museum ini lebih dikenal dengan museum Rumah Gadang. Di mana bentuknya yang merupakan bentuk Rumah Gadang.

Untuk masuk ke museum Rumah Gadang ini, Anda dikenakan tarif atau tiket tambahan yang berkisar antara 5-10rbu per orang. Saat ini museum ini berganti nama lagi yaitu "Museum Bundo Kandunag".

16. Museum Rumah Kelahiran Bung Hatta

25 Tempat Wisata di Bukittinggi, Rugi Jika Dilewatkan

Bung Hatta sebagai Wakil Presiden pertama mendampingi Soekarno, beliau merupakan orang Bukittinggi asli, sehingga rumah kelahiran beliau dijadikan museum budaya. Sebenarnya rumah asli dari rumah kelahiran Bung Hatta ini sudah runtuh, yaitu pada tahun 1960-an.

Rumah kelahiran Bung Hatta dibangun lagi pada tahun 1994, hingga saat ini rumah kelahiran Bung Hatta digunakan sebagai museum untuk mengenal dan mengenang putra asli ranah Minang yang menjadi Wakil Presiden.

17. Museum Perjuangan Tri Daya Eka Dharma 

25 Tempat Wisata di Bukittinggi, Rugi Jika Dilewatkan

Sebagai museum perjuangan, kita dapat melihat dan menyaksikan dalam museum ini, banyak sekali terdapat benda-benda peninggalan masa perjuangan merebut kemerdekaan Indonesia, seperti peratalan perang, radio, aat komunikasi dan pakaian tentara masa dahulu.
Di museum perjuangan ini, kita juga bisa menyaksikan jenis-jenis senjata daerah Minangkabau yang digunakan untuk melawan para penjajah.

18. Cafe Kapatoman

25 Tempat Wisata di Bukittinggi, Rugi Jika Dilewatkan

Kapatoman merupakan tempat wisata di Bukittinggi yang terletak di Ngarai Sianok, di sini Anda dapat menikmati pemandangan alam, area kapatoman berbentuk kapal yang terdampar di atas darata, sehingga menjadi area spot selfie adalah pilihan tepat bagi Anda.

19. Janjang 40 Bukittinggi

Saat Anda akan naik ke pasar atas, ada bagian sudut yang unik di Bukittinggi, yaitu Janjang 40, Janjang inilah penghubung dari pasar bawah ke pasar atas kota Bukittinggi. Di sini Anda bisa melewati anak tangga yang konon berjumlah 40 bahkan lebih. Tetapi sejak dahulu masyarakat akrab nama janjnag ini dengan “Janjang 40”.

20. Janjang Koto Gadang ( Tembok Besar Sumatera Barat)

Tempat wisata yang satu ini masih seputar Janjang (anak tangga), jadi bagi Anda yang ingin menempuh Bukittinggi ke Koto Gadang, Koto Gadang merupakan daerah wisata bahari di Kabupaten Agam wilayah tetangga Bukittinggi. Anda dapat menempuh jalan cepat dengan berjalan kaki melewati Janjang Koto Gadang.

Janjang Koto Gadang ini, dahulunya semak dan jenjang yang masih sulit dilewati dan menakutkan, tetapi saat ini telah menjadi tembok besarnya orang Sumatera Barat.

21. Rumah Pohon Inyiak

Masih di daerah Ngarai Sianok Anda dapat mengunjungi tempat wisata Rumah Pohon Inyiak, di sini Anda dapat bersantai dalam berwisata di kota Bukittinggi. Lokasi dari bawah, Rumah pohon inyiak ini berada tidak jauh dari Great Wall atau tembok besarnya Bukittinggi yaitu Jenjang Koto Gadang.

22. Wisata Belanja di Bukittinggi.

Mengunjungi Bukittinggi belum puas rasanya, jika belum singgah ke wisata belanjanya atau sering disebut dengan pasar atas Bukittinggi, di sini Anda dapat mencari berbagai macam cindera mata dari kota wisata ini.

23. Tugu Polwan

Tugu Polwan di Bukittinggi dapat disebut sebagai tempat wisata, karena tugu polwan ini tidak di semua daerah tersedia, dari beberapa kota pilihan, maka kota Bukittinggi terpilih sebagai salah satu tempat berdirinya Tugu Polwan Indonesia.

24. Tugu Pahlawan Tak dikenal

Saat Anda turun dari Taman Jam Gadang, arah Ke jalan utama, maka Anda dapat melihat tugu pahlawan tak dikenal di sebelah kiri jalan, di sini juga terapat taman-tamannya tempat bersantai ria, meikmati indahnya kota Bukittinggi.

25. Balai Kota Bukittinggi

Karena posisinya yang berada di ketinggian, maka Balaikota Bukittinggi dapat kita kunjungi saat berada di Kota ini. Selain Anda bisa menikmati sejuknya hawa kota Bukittinggi dari ketinggian, di Balaikota ini, kita juga dapat menikmati keindahan daerah Bukittinggi dari atas Bukit.

0 Response to "25 Tempat Wisata di Bukittinggi, Rugi Jika Dilewatkan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel