Menikmati Pemandangan Taman Tirtasari Kabupaten Agam

  Rustam Efendi      
Menikmati Pemandangan Taman Tirtasari Kabupaten Agam
Pemandangan Taman Tirtasari dari atas Bukit

Saat lelahnya bekerja selama seminggu, seseorang akan melakukan berbagai kegiatan dalam rangka menyegarkan pikiran dan mengembalikan semangat bekerja untuk seminggu ke depan. Kegiatan itu diantaranya melakukan belanja ke mall, bermain bersama keluarga tercinta di rumah dan melakukan kunjungan wisata ke tempat-tempat wisata yang ada di sekitar daerah tempat tinggal atau bahkan ke luar daerah untuk demi satu tujuan, yakni mengembalikan kesegaran setelah lelahnya bekerja.

Begitupun dengan saya pribadi, meskipun bukan tergolong orang yang sering melakukan kunjungan wisata, namun sesekali untuk melepaskan lelahnya bekerja sebagai guru dalam mendidik para generasi penerus bangsa, saya juga melakukan kunjungan wisata, sebagai orang yang tinggal di daerah wisata, tentunya tidak sulit menemukan objek wisata yang ada di kota ini. Kota tempat saya tinggal yaitu perbatasan antara kota Bukittinggi dan kabupaten Agam. Untuk diketahui bahwa kota Bukittinggi dulunya merupakan ibukota kabupaten Agam, namun seiring waktu, karena adanya pemekaran wilayah, maka terpisahlah antara kota Bukittinggi dan kabupaten Agam yang saat ini ibukotanya Lubuk Basung.

Sebagaimana kita ketahui bersama, bahwa Bukittinggi dan kabupaten Agam itu merupakan daerah wisata yang setiap minggunya ramai di kunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara dari berbagai negara. Objek wisata di Bukittinggi dan kabupaten Agam itu banyak sekali, seperti Jam gadang, Pesona Panorama, Lubang Jepang, Ngarai Sianok, Great Wall Sumatera, Puncak LawangDanau Maninjau dan berbagai objek wisata lainnya. Mungkin beberapa objek wisata yang telah saya sebutkan tadi, sobat telah mengetahuinya dan tidak asing lagi dengan objek wisata tersebut. Untuk itu pada kali ini, saya ingin menceritakan pengalaman saya mengenai salah satu objek wisata baru yang ada di daerah saya.

Namanya " Taman Tirtasari-Sonsang " terletak di kabupaten Agam, sekitar 15 km  arah utara dari kota wisata Bukittinggi. Sesampainya di daerah ini yaitu di jorong ( desa ) Sonsang, kecamatan Tilatang Kamang, kabupaten Agam. Kita akan merasakan hawa yang begitu sejuk dan terdapat bukit yang menambah pesona keindahan objek wisata satu ini.

Jalan menuju objek wisata Tirtasari - Sonsang

Tidak butuh waktu lama untuk sampai ketempat ini, setelah maraton pada pagi hari Minggu, saya dan dua orang teman langsung saja janjian melalui chatting WhatsApp dan ketemuan di suatu tempat untuk menuju daerah ini. Ada satu hal yang menarik selama perjalanan menuju objek wisata Tirtasari-Sonsang ini, yaitu dalam perjalanan saya melihat dan harus antri berada dibelakang " Pasukan Bebek ". Kontan saja hal ini menarik perhatian bagi saya, karena harus macet menunggu di belakang bebek yang digiring oleh para petani di daerah ini. 

Pasukan bebek berjalan beriringan, membuat jalanan sedikit macet, tetapi jadi seru.

Tidak berapa lama berada pada macetnya pasukan bebek, akhirnya bisa juga lolos dan saya melanjutkan perjalanan menuju objek wisata Tirtasari-Sonsang. Hanya butuh waktu 10 menit setelah lolos dari jeratan macetnya pasukan bebek akhirnya kami pun sampai di tempat tujuan, taman Tirtasari-Sonsang. Kami pun segera memarkirkan kendaraan roda dua pada tempat parkir yang telah disediakan, sesampainya di lokasi, saya pun langsung mengambil gambar papan nama pada tepi kolam ( baca : danau buatan ) di lokasi objek wisata taman Tirtasari-Sonsang.

Papan nama : Selamat Datang di Taman Tirtasari, Sonsang-Tilatang Kamang

Diluar dugaan, karena baru pertama kalinya saya mengunjungi taman Tirtasari-Sonsang ini, ternyata objek wisata satu ini, bukan berupa taman yang biasa kita ketahui. Namun objek wisata satu ini, merupakan sebuah kolam besar yang dikelilingi oleh bukit yang indah. Masyarakat sekitar menyebutnya dengan sebutan " Danau buatan ". 

Terlihat pada papan nama tersebut, objek wisata ini baru diresmikan pada tanggal 11-12 Desember 2016, berarti baru sekitar 1 tahun. Namun, menurut cerita masyarakat setempat sebenarnya objek wisata ini, telah lama ada dan digunakan oleh masyarakat sebagai tempat wisata, namun karena kurangnya perawatan, akhirnya sempat tutup. Setelah adanya bakti sosial dari Ford Everest Club Indonesia-Chapter Riau. Barulah kemudian objek wisata Taman Tirtasari ini beroperasi kembali dan banyak dikunjungi oleh masyarakat sekitar dan luar Sumatera Barat.

Apa yang ada di Taman Tirtasari-Sonsang ?

Di area ini sangat cocok mengajak anak-anak kita untuk menghabiskan waktu liburannya, karena disini terdapat sepeda air, yang dapat disewa dengan harga terjangkau. Bagi orang dewasa menikmati area ini, dapat dilakukan dengan naik keatas bukit di ujung kolam ini. Saya dan teman-teman mencoba naik keatas bukit tersebut yang tidak begitu tinggi dan mudah dijangkau.

Sekitar 10 menit mendaki bukit, kami telah berada di atas bukit, untuk menikmati keindahan taman Tirtasari ini dari ketinggian sembari berselfie ria. Menandakan kita telah berada di atas bukit ini, terdapat tulisan SONSANG yang besar. Sonsang merupakan nama desa terdapatnya objek wisata baru ini.

Saya berada di atas bukit taman Tirtasari-Sonsang

Lebih dari 1 jam saya dan teman-teman berada di atas bukit taman Tirtasari-Sonsang ini, menikmati keindahan pagi hari. Akhirnya kami pun turun kembali untuk menuju perjalanan pulang ke rumah masing-masing.

Saya dan teman-teman menuju tempat di mana sepeda motor kami parkirkan tadi, betapa terkejutnya kami ternyata parkir di lokasi ini bebas biaya parkir dan saat teman saya menanyakan berapa biaya yang harus kami bayar setelah menikmati objek wisata ini. Ternyata lebih mengejutkan lagi, karena untuk menikmati taman Tirtasari ini, kami tidak perlu mengeluarkan biaya besar. Cukup mengeluarkan uang se-ihklasnya saja. Dengan memasukkan ke dalam kotak kaca yang telah disediakan oleh pengelola taman ini.

Kesimpulan

Menikmati objek wisata itu tidak harus mahal, belum punya waktu dan biaya yang banyak, cukup mengunjungi objek wisata di daerah Anda masing-masing. Kalau kebetulan berada di Bukittinggi, mau menikmati objek wisata yang murah meriah dan bebas biaya parkir. Silahkan Anda datang saja ke taman Tirtasari-Sonsang kecamatan Tilatang Kamang ini.

Berwisata memang salah satu cara untuk melepaskan lelah setelah bekerja selama sepekan. Wisata dapat dilakukan dengan cara Anda masing-masing, namun tetap dengan mempertimbangkan dari berbagai segi, terutama segi waktu dan keuangan. " Keep semangat jalani hari-harimu penuh dengan kegembiraan " .

Indahnya Pagi di Puncak Taman Tirtasari
logoblog

Thanks for reading Menikmati Pemandangan Taman Tirtasari Kabupaten Agam

Previous
« Prev Post

16 komentar:

  1. Wiihh.. Kereeen banget Mas.. Sayang, jauh dari Jawa, jadi gak bisa ke sana hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe, kapan2 mas saat ada ke Bukittinggi, ntar ku bantu jadi gaetnya deh, hihi

      Hapus
  2. Penulis sudah bersedia menjadi guide nya. Tinggal kontak aja hehe. Apalagi, mari nikmati alam indah membentang luas ciptaan Yang Maha Kuasa ini...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi...iya bang, ditunggu kedatangannya di Bukittinggi.

      Hapus
  3. Wah cantiknya. Senang ya bisa menikmatinya dg harga ramah 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, cantik tapi murah dan ramah, hehe

      Hapus
  4. Sambil nyari inspirasi nulis boleh juga tuh hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe benar sekali dek Nizam...mksih kunjungannya ya.

      Hapus
  5. Lumayan keren sih tempatnya. Kapan ya saya bisa selfian disini... Hhmmm

    BalasHapus
  6. Mantap pemandanganny y pak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya buk, kapan ibuk ikut kesini, ntar Bapak ajak, hehe

      Hapus
  7. Cakep deh taman tirta sarinya, itu bisa jado agrowisata, pemandangannya sudah mendukung

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, seomga aja kedepan ini taman Tirtasari ini mendapat perhatian lebih dari pemerintah, agar bisa mendunia ni objek wisata.

      Hapus
  8. Belum pernah ke Padang cikgu.... Bagus juga ya, apalagi sambil menikmati suasana sore sambil ditemani dengan secangkir kopi, hmmmmm makin mantap. Senangnya ya bisa wisata ke objek wisata yang dekat, gak perlu ngeluarin biaya mahal untuk wisata, yang penting bisa melepas segala kepenatan dari rutinitas harian

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku belum ada keluar mas, makanya wisata dekat2 sini aja hehe

      Hapus