Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kegunaan Daun Sirih untuk Kesehatan Gigi dan Mulut

Kegunaan Daun Sirih untuk Kesehatan Gigi dan Mulut

Sejak dahulu kala, orang tua-tua di penjuru Indonesia sering kita temui mengunyah daun sirih, tanpa mengetahui apa kegunaan dan manfaat daun sirih tersebut, terkadang saya juga suka ikut-ikutan memakannya. Kegunaan daun sirih itu banyak sekali, diluar dugaan orang yang tidak mengetahuinya, ternyata daun sirih itu memiliki ragam manfaat, manfaat itu terutama adalah dalam menjaga kesehatan mulut.

Di balik manfaat yang terkandung dalam daun sirih, ternyata manfaatnya  tidak hanya seputar kesehatan gigi dan mulut. Daun sirih itu sendiri, digunakan oleh orang sejak lama, saat orang-orang belum mengenal yang namanya pasta gigi seperti saat sekarang ini. Untuk kesehatan gigi dan mulut itu sendiri, daun sirih memiliki beragam manfaat seperti berikut ini :

1. Menghilangkan Bau Tidak Sedap Pada Mulut

Berinteraksi dengan orang lain sangat sering kita lakukan, karena kita hidup sebagai makhluk sosial, yang saling berinteraksi dan membutuhkan antara satu dengan yang lainnya. Alangkah tidak nyamannya kita saat berada atau berbicara dengan orang lain, sementara kita mengalami bau mulut yang tak sedap, jangankan berlama-lam, bahkan kita ingin segera mengakhiri perbincangan tersebut.
Untuk saat ini, Anda tidak perlu lagi khawatir terhadap persoalan tersebut, karena ada daun sirih yang sudah terbukti mengatasi bau mulut yang tidak sedap tersebut, untuk menyiapkan dan menggunakan daun sirih sebagai obat bau mulut sangat mudah, hanya mengikuti beebrapa langkah berikut ini :

• Siapkan beberapa lembar daun sirih yang segar.
• Cuci daun sirih sampai bersih.
• Rendam daun sirih tersebut di dalam air hangat dan diamkan selama beberapa saat.
• Setelah direndam, peras daun sirih dan campurkan air perasan tersebut dengan air rendaman daun sirih tadi.
• Aduk hingga merata, kemudian gunakan air itu untuk berkumur.
• Untuk hasil maksimal, kamu harus melakukan langkah ini setiap hari.

Baca Juga : 5 Khasiat Tanaman Pare untuk Kesehatan

2. Mengurangi Bakteri dalam Mulut

Sumber penyakit yang mucul dari dalam mulut adalah karena adanya bakteri jahat yang timbul, sehingga berbagai macam penyakit mulut dan gigi bisa saja terjadi, betapa tidak nyamannya saat kita merasakan saat gigi sakit, maka oleh sebab itu sebelum bakteri yang ada di sekita gigi dan mulut, maka mengkonsumsi sirih dapat menjadikan gigi dan mulut terhindar dari bakteri.

3. Menghilangkan Rasa Sakit Gigi

Jika bakteri tadi sudah mulai menyerang dan bersemayam di mulut dan gigi seseorang, maka akan menyebabkan sakit gigi itu muncul, dari situlah dasar mengapa kita seharusnya mengkonsumi daun sirih untuk membunuh bakteri tadi. Namun, jika rasa sakit itu datang, maka mengkonsumsi daun sirih juga dipercaya dapat meringankan rasa sakit pada gigi seseorang.

4. Mencegah Gusi Bengkak

Gusi bengkak juga merupakan adanya bakteri yang menyerang pada mulut seseorang, jika kondisi bengkak ini lama terjadi pada seseorang, tentunya akan mengakibatkan tidak nyaman, makanpun menjadi tidak enak. Apalagi gusi bengkak tersebut menyebabkan pipi menjadi bengkak, maka menambah persoalan dalam diri seseorang.

Untuk itulah Aanda bisa mencegah terjadinya infeksi atau pembengkakan gusi dengan berkumur rebusan air daun sirih. Di dalam air sirih yang telah direbus tadi, memiliki kandungan antiseptik serta anti bakteri, kedua peranan tersebut mampu membunuh bakteri dan melindungi gusi menjadi bengkak.

Itulah beberapa kegunaan daun sirih untuk kesehatan gigi dan mulut, untuk cara mengkosumsinya pun tidak ribet, dua cara yang umum dilakukan oleh orang yang gemar mengkonsumsi daun sirih adalah :

Meminum air rebusan daun sirih
Untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut, orang sering mengkonsumsinya dengan cara berkumur dengan menggunakan air rebusan daun sirih.

Menguyah secara langsung daun sirih
Menguyah daun sirih sering dilakukan oleh orang tua di sekitar kita, dengan menguyah daun sirih dapat dicampur dengan kapur, pinang dan lainnya. Cara ini selain praktis juga dapat dilakukan kapan saja Anda mau mengkonsumsi daun sirih tersebut. Untuk menjaga kebersihan daun sirih agar mendapatkan manfaatnya, sebaiknya dicuci bersih terlebih dahulu sebelum Anda menguyahnya.

Baca Juga : 10 Khasiat dan Manfaat Jus Nanas untuk Kesehatan

Semoga dengan artikel ini dapat menjadikan kita mengerti akan kegunaan daun sirih tersebut.

Sumber : https://www.tanyapepsodent.com/napas-segar/memahami-manfaat-daun-sirih-untuk-kesehatan-gigi-dan-mulut.html kompasiana.com, dan http://halogigi.com/

Post a Comment for "Kegunaan Daun Sirih untuk Kesehatan Gigi dan Mulut"