5 Khasiat Tanaman Pare untuk Kesehatan

5 Khasiat Kesehatan yang Terdapat Pada Tanaman PareManfaat kesehatan pada suatu tanaman ataupun sayuran bisa kita dapatkan, salah satunya dengan rutin mengkonsumsinya, dengan rutin mengkonsumsi berbagai jenis tananman ataupun sayuran kita akan mendapatkan manfaatnya. Baik untuk daya tahan tubuh maupun sebagai asupan gizi dan pencegahan berbagai macam penyakit atau bahkan sebagai obat dari berbagai macam penyakit. Dengan memilih jenis sayuran yang dapat memberikan manfaat sangat berguna bagi tubuh kita.

Salah satu jenis sayuran yang banyak memiliki manfaat bagi tubuh adalah buah atau tananman pare. Ya...tanaman yang pahit satu ini, dibalik rasanya yang pahit mengandung berbagai macam manfaat untuk kesehtan kita.
Pare (Momordica charantina L) merupakan jenis tanaman yang termasuk ke dalam famili Cucurbitaceae dan pare juga termasuk ke dalam genus Momordica. Pare juga merupakan sejenis tumbuhan yang merambat dengan ukuran buahnya yang panjang dan berbentuk runcing pada ujungnya serta permukaan yang bergerigi.

Kandungan ilmiah yang terdapat dalam pare antara lain adalah energi, protein, lemak, zat besi, karbohidrat, kalsium, fosfor, vitamin A, vitamin B1, vitamin C dan air.

Baca Juga : 6 Khasiat Lengkuas Bagi Kesehatan Tubuh

Sehingga kandungan ilmiah yang terdapat dalam pare memiliki banyak sekali manfaat untuk kecantikan lho. Berikut saya akan menyebutkan beberapa manfaat pare untuk kecantikan Anda serta cara penggunaannya dibawah ini, simaklah dengan baik cara penggunaannya dibawah ini.

1. Dapat Menyembuhkan Bisul

Caranya ialah sediakan segenggam daun pare dan cucikan sampai bersih, lalu rebuskan dengan 3 gelas air, tunggu sampai airnya mendidih dan tersisa menjdai 1 gelas, kemudian tunggu sampai rebusan dingin, setelah itu ramuan baru diminum. Lakukan cara ini dengan teratur agar bisulnya bisa cepat sembuh.

2. Dapat Menurunkan Demam

Caranya yaitu sediakan 3 lembar daun pare yang masih segar dan cucikan daun  pare tersebut sampai bersih, lalu lumatkan daun parenya, kemudian tambahkan dengan segelas air dan sedikit garam, lalu diseduh, kemudian peras dan saringkan untuk ambil airnya, setelah itu diminum 2 kali sehari sebanyak 1/2 gelas.

3. Dapat Mengatasi Batuk

Caranya yaitu sediakan daun pare yang masih segar sebanyak 7 lembar dan cucikan daun parenya sampai bersih, lalu sediakan air matang 2 sdm. Kemudian tumbuk daun pare sampai halus, tambahkan dengan air, lalu peras dan saringkan airnya, setelah itu minum ramuan tersebut sebanyak 2 kali sehari.

4. Dapat Melancarkan ASI

Caranya ialah sediakan pare yang masih segar 1 buah dan sediakan juga air. Lalu cucikan pare sampai bersih, kemudian direbuskan, setelah itu makanlah sebagai lalapan.

5. Dapat Mengobati Kencing Bernanah

Cara penggunaannya yaitu sediakan daun pare yang masih segar sebanyak 6 lembar, rimpang temulawak 1 jari, akar jayanti 2 jari, kulit kemboja 2 jari, gula enau 3 jari dan air 3 gelas. Lalu cuci semua bahan sampai bersih, kemudian potong semua bahan seperlunya, rebuskan semua bahan dengan air, tunggu sampai mendidih dan tersisa menjadi 1 gelas, lalu angkat dan dinginkan, setelah itu saring untuk ambil airnya dan minum ramuan tersebut sebanyak 1 kali sehari.

Baca Juga : 3 Khasiat Kesehatan Bagi yang Konsumsi Bawang Bombay

Semoga dengan mengkonsumsi secara rutin buah pare ini, dapat meberikan manfaat bagi pembaca sekalian, karena setiap manfaat yang diperoleh dari tanaman ataupun sayuran adalah dengna rutin mengkonsumsinya dan rasakan manfaatnya setelah beberapa waktu kita konsumsi, tidak ada cara instan guna memperoleh manfaat yang besar. Cobalah, rasakan manfaatnya dan beritahukan kepada orang lain.

Nah, itulah manfaat buah pare untuk kesehatan Anda. Semoga cara yang sudah saya jelaskan diatas tadi akan bermanfaat bagi Anda yang sudah membacanya dan selamat mencoba cara yang sudah saya jelaskan diatas dirumah Anda, terima kasih.

Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form