Enam Khasiat Tanaman Lengkuas Bagi Kesehatan Tubuh

Lengkuas (Alpinia galanga) adalah jenis tumbuhan yang termasuk ke dalam famili Zingiberaceae dan lengkuas juga termasuk ke dalam genus Alpinia. Lengkuas juga merupakan jenis tumbuhan umbi-umbian yang dapat hidup didaerah dataran tinggi maupun didaerah dataran rendah. Kandungan kimia yang terdapat didalam lengkuas antara lain adalah saponin, tanin, flavonoida, serta minyak atsiri.

6 Khasiat Tanaman Lengkuas Bagi Kesehatan TubuhLengkuas biasanya digunakan untuk bumbu bahan masakan dengan cara mememarkan rimpang kemudian dicelupkan begitu saja ke dalam campuran masakan. Selain untuk bahan masakan, lengkuas juga memiliki manfaat untuk kesehatan Anda lho.

Mau tahu apa saja manfaat lengkuas untuk kesehatan Anda? Nah, jika Anda ingin tahu berikut dibawah ini simaklah dengan baik manfaat lengkuas untuk kesehatan serta cara pengobatannya.

1. Dapat Menambah Nafsu Makan

Caranya sediakan 1 rimpang lengkuas berukuran 1 ibu jari, sedikit adas pulawaras, 1 rimpang temulawak berukuran 1 ibu jari, 1 tangkai meniran dan 3 gelas air. Lalu cucikan semua bahan sampai bersih dan iriskan tipis-tipis semua bahan, kemudian rebuskan semua bahan dengan 3 gelas air, tunggu sampai airnya mendidih dan tersisa 1 gelas, selanjutnya disaring airnya dan tunggu sampai ramuannya dingin, setelah itu minum ramuan tersebut 3 kali sehari secara rutin dan teratur.

2. Dapat Mengobati Panu

Caranya sediakan 1 rimpang lengkuas berukuran 1 ibu jari, kapur sirih secukupnya dan sedikit air. Lalu tumbukkan kapur sirih dan lengkuas sampai halus, kemudian campurkan dengan sedikit air, setelah itu gosokkan dan diamkan selama 30 menit pada kulit yang terdapat panu.

3. Dapat Mengobati Sakit Limpa

Baca Juga : 5 Makanan untuk Menurunkan Kolesterol

Caranya sediakan 2 rimpang lengkuas sebesar ibu jari, 3 rimpang umbi temulawak sebesar ibu jari, 1 genggam daun meniran dan 3 gelas air. Lalu rebuskan semua bahan dengan 3 gelas air, tunggu sampai mendidih, setelah itu minum ramuannya. Lakukan cara ini secara teratur sebanyak 2 kali sehari yaitu pagi dan sore, masing-masing 1 cangkir.

4. Dapat Mengobati Ramatik

Caranya sediakan 2 rimpang lengkuas sebesar ibu jari dan 1 butir telur ayam kampung. Lalu parutkan lengkuas dan ambil airnya, campurkan dengan kuning telur ayam kampung, kemudian dioplos kedua bahan sampai merata, setelah itu minum 1 kali sehari.

5. Dapat Mengobati Impotensi

Caranya sediakan 2 rimpang umbi lengkuas sebesar ibu jari, 2 rimpang umbi halia sebesar ibu jari, 2 buah jeruk nipis, 1 sdt garam, 1 sdt merica dan 1 ragi tape. Lalu parutkan umbi lengkuas dan halia, kemudian diperas untuk ambil airnya, lalu dioplos dengan bahan-bahan yang lain, selanjutnya rebuskan dengan 1 gelas air masak sampai merata. Setelah itu minum sehari sekali, untuk hasil yang maksimal minumlah setiap pagi dan malam hari sebelum tidur.

6. Dapat Mengobati Morbili

Caranya sediakan 4 rimpang umbi lengkuas sebesar ibu jari, 1 sdt minyak kayu putih dan 2 sdt minyak gandapura. Lalu parutkan umbi lengkuas sampai halus dan campurkan dengan bahan lainnya sampai halus, kemudian digunakan untuk obat luar.

Nah, itulah manfaat lengkuas untuk kesehatan Anda. Jadi sekarang Anda sudah tahukan apa saja manfaat lengkuas untuk kesehatan Anda? Nah, jika Anda sedang mengalami salah satu penyakit yang ada disebutkan diatas, Anda juga bisa mencoba salah satu cara pengobatan yang sudah dijelaskan diatas. Kalau begitu selamat mencoba dirumah dan semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda, terima kasih.

Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form