Gagal Jadi PNS ? Tidak Perlu Bersedih

  Rustam Efendi      
Pekerjaan sebagai Aparatur Sipil Negara, sepertinya masih menjadi primadona di negeri tercinta ini, bagaimana tidak. Setiap adanya rekruitmen CPNS jutaan pelamar ikut andil dalam tes yang diadakan sekian tahun sekali ini. Apalagi bagi mereka yang berumur di atas 30 tahun atau sudah mendekati masa batas maksimal penerimaan CPNS seperti umur 35 tahun. Ajang penerimaan CPNS dapat menjadi angin segar untuk menjadi pegawai negeri. Namun, kesedihan muncul tatkala pengumuman peserta CPNS yang lulus tidak ada nama kita. Kecewa, sedih, sakit hati dan sebagainya bisa saja muncul dalam diri seseorang karena gagal meraih impian menjadi seorang PNS. Namun, tahukah Anda kegagalan dalam meraih impian tersebut, bukanlah hal yang perlu disesali apalagi ditangisi, hidup akan terus berjalan dan jangan terpuruk dalam kondisi saat ini.

Apalagi dengan kegagalan menjadi seorang PNS, menyebabkan frustasi dan akhirnya mengambil jalan pintas dan akhirnya bunuh diri, seperti yang pernah diberitakan pada sebuah media pemberitaan nasional seperti berikut ini :

Gagal Jadi PNS, Tidak Perlu Bersedih

Terlalu lebay rasanya, hanya karena gagal menjadi PNS harus mengakhiri hidup. Sepertinya orang yang melakukan hal itu, merasa dengan tidak menjadi PNS hidup tidak terjamin, masa depan menjadi suram, padahal kita ketahui, banyak juga seseorang yang hidup sukses dan memiliki jaminan hari tua yang baik. Meskipun ia bukanlah seorang PNS, bahkan menjadi seorang pengusaha memiliki finansial yang jauh lebih baik, ketimbang menjadi seorang PNS.

Baca Juga : Bersyukurlah, Maka Kamu Akan Bahagia

Kita dapat mencontoh kepada pak Agus, yang awalnya gagal menjadi PNS dan kariernya semakin cemerlang dalam bidang yang lain, karena kegigihannya dan keyakinannya terhadap pekerjaan yang ia geluti saat itu dan terus menunjukkan kemampuannya dalam menanjak karier yang semakin tinggi,  seperti berita berikut :

Gagal Jadi PNS, Tidak Perlu Bersedih

Mau baca kisahnya di sini : Gagal Jadi PNS, Agus Sukses Jadi Bos BPJS

Rezeki tidak hanya ada pada orang yang menjadi PNS, banyak pintu rezeki lainnya yang telah Allah siapkan untuk Anda, tinggal bagaimana cara Anda menjemput rezeki tersebut. Semua makhluk di muka bumi, bahkan hewan melata sekalipun sudha dijamin rezekinya oleh Allah SWT. Mengapa kita harus bersedih jika hanya karena gagal lulus CPNS 2018. Saya tidak akan memaparkan bagaimana perbandingan hidup menjadi PNS atau pengusaha maupun wiraswasta, namun saya banyak melihat teman-teman dilingkungan saya bekerja sangat kecewa saat mengetahui hasil dari ujian CPNS 2018 mereka gagal memenuhi target untuk lulus.

ALLAH sebagai pencipta seluruh makhluk di muka bumi ini, tentunya tidak akan pernah menyiakan hambanya selagi ia mampu berusaha dan senantiasa berdo'a, menurut hemat saya menjadi siapapun kita dan apapun profesi yang kita geluti saat ini, asalkan didapat dengan cara halal, semua itu akan mendatangkan ketenangan dalam diri kita selagi mau bersyukur.

Tidak ada yang perlu disesali, apapun yang terjadi. Hidup adalah perjuangan yang harus terus berlanjut, setiap kegagalan mencapai sesuatu yang diharapkan pasti ada hikmahnya, Allah memberikan yang kita butuhkan bukan yang kita inginkan. Tetap semangat dalam menjalani kehidupan ini, apapun profesi dan jalan hidupmu itulah yang terbaik menurut Allah. Ada hikmah setiap peristiwa yang kita jalani dalam kehidupan ini.
logoblog

Thanks for reading Gagal Jadi PNS ? Tidak Perlu Bersedih

Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar