Cara Mengatasi Anak Kecanduan Game Online

Semakin berkembangnya zaman, semakin canggih pula perkembangan teknologi. Berbagai jenis alat-alat yang canggih bermunculan. Banyak peralatan yang dahulunya belum kita kenal, saat ini bukan lagi menjadi barang asing. Salah satunya perkembangan gadget dan game yang ada di dalamnya. Siapa sih saat ini yang tidak megenal yang namanya game ? baik itu game online maupun game offline.

Cara Mengatasi Anak Kecanduan Game Online

Tidak dipungkiri lagi, bahwa kemajuan teknologi saat ini banyak sekali memberikan manfaat positif. Katakanlah ponsel sebagai alat komunikasi, jika dahulu kita mengenal surat untuk berbagi kabar, sehingga butuh beberapa hari baru sampai kabar kepada orang yang kita tuju. Saat ini, hanya beberapa detik saja, dapat berbagi kabar baik mupun kabar buruk. Sehingga hal ini salah satu dampak positif.

Tetapi di balik manfaat positif yang ada, banyak juga dampak negatif dari ponsel Anda. Seperti game yang ada dalam smartphone Anda masing-masing.  Jika tidak bisa dikontrol dengan baik, maka akan banyak sekali dampak negatif yang terjadi. Terutama pada anak-anak Anda, anak-anak kita ketahui sangat menyukai game online . Game yang mereka mainkan dalam smartphone itu, haruslah melalui kontrol orang tua.

Jika kurangnya kontrol dari orang tua, maka akan mengakibatkan anak-anak kecanduan game online. Jika sudah kecanduan, maka akan susah untuk merubahnya. Tak bertemu dengan game seharian, seperti ada yang kurang dalam diri anak-anak. Maka, apa yang harus kita lakukan di saat anak-anak kita sudah terlanjur kecanduan game online ? berikut tips mengatasi anak kecanduan game online :

1. Berikan Perhatian Penuh kepada Anak

Salah satu penyebab anak kecanduan game online, adalah karena kurangnya perhatian orang tua kepada anak, orang tua yang sibuk di luar rumah, baik bekerja maupun kegiatan lainnya, dapat menyebabkan perhatian kepada sang anak menjadi berkurang.

Oleh sebab itu, saat anak kecanduan game online, coba berikanlah perhatian yang lebih kepada mereka, jalin komunikasi yang baik, tanyakan bagaimana kegiatan sekolahnya tadi dan sebagainya. Jika perhatian sudah sering diberikan kepada anak, kesempatan dan waktu mereka bermain game online sedikit berkurang.

2. Alihkah Perhatian Anak

Anak yang kecanduan game, cenderung tidak memiliki kegiatan lain. Cobalah alih perhatian mereka pada kegiatan positif lainnya, misalnya kalau Anda tinggal di desa, coba ajak mereka berkebun, ajar mereka mengenal lingkungan dan kegiatan positif lainnya. Jika tinggal di kota, cobalah ajak mereka keluar rumah, bawa ke tempat rekreasi dan kegiatan yang dapat dilakukan di kota. Dengan itu, semoga waktu mereka dengan game online semakin berkurang.

3. Biasakan Anak Mengerjakan Pekerjaan Rumah yang Bermanfaat

Salah satu cara lain, mengatasi anak kecanduan game online, coba berikan mereka tugas rumah. Seperti membersihkan rumah, membersihkan tempat tidurnya, membereskan ruang belajarnya dan sebagainya. Perlu diingat juga,tips mengajarkan anak untuk mnegerjakan itu semua, coba beri penghargaan. Misalnya bagi anak yang mampu mengerjakan tugas yang diberikan akan diberikan hadiah, hadiah pun tidak harus mahal, atau cukup dengan pujian. Dengan begitu sang anak merasa senang dan tersanjung. Pada waktu yang lain mereka tidak akan sulit lagi disuruh mengerjakan pekerjaan rumah.

4. Mencoba Memahami Keinginan Anak

Tidak semua keinginan anak wajib dipenuhi, jika hal itu bermanfaat berusahalah untuk memenuhinya, namun jika hal itu justru merusak atau melalaikan mereka, cobalah untuk tidak memberikan kepadanya.

Memberikan gadget kepada anak yang belum waktunya, juga merupakan kesalahan bagi orang tua, cobalah berikan pengertian kepada mereka, kapan mereka boleh memiliki smartphone, agar mereka tidak melulu bermain game online, karena memiliki smartphone sendiri.

5. Berikan Tauladan yang Baik Bagi Anak

Anak yang kecanduan game online, mereka lakukan itu, karena tidak bisa memanfaat waktu dengan baik. Sehingga waktu mereka banyak dihabiskan bermain game. Cobalah sebagai orang tua, Anda berikan contoh yang baik kepada anak, saat mereka kecanduan game, jangan justru mendukung mereka bermain game tersebut.

Misalnya mencontohkan kepada anak cara belajar yang baik, kegiatan yang positif dan berbagai contoh kebaikan lainnya. Dengan demikian sang anak dapat mencontoh atau menjadikan orang tua mereka sebagai tauladan yang baik dan terhindar dari melakukan keburukan-keburukan. Karena kesibukan melakukan sesuatu yang bermanfaat inilah, akhirnya anak dapat melupakan game online.

Demikianlah artikel mengenai "Cara Mengatasi Anak Kecanduan Game Online" jangan lupa baca juga tentang : Stimuno untuk balita sehat

0 Response to "Cara Mengatasi Anak Kecanduan Game Online"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel