5 Cara Mudah Mengatasi Stress

Stress adalah penyakit yang tidak pernah diinginkan dalam kehidupan, karena tanpa diundang ia bisa menghinggapi siapa saja, orang kaya kah dia, orang miskinkah dia, pejabat ataupun profesi lainnya. Karena berbagai persoalan hidup, stress bisa saja menghinggapi diri Anda sendiri. Stress muncul akibat otak tidak mampu mengontrol persoalan yang sedang terjadi. Stress adalah penyakit normal, yang sebenarnya tidak perlu dikhawatirkan oleh siapa saja.

Stress sebenarnya bisa memiliki dampak positif bagi seseorang, katakanlah saat Anda stress menghadapi deadline pekerjaan, dengan sendirinya Anda berusaha menyelesaikan dengan secepatnya, meskipun Anda dalam kondisi stress. Namun, perlu diingat bahwa ada stress yang berkepanjangan dapat menimbulkan berbagai macam penyakit.

5 Cara Mudah Mengatasi Stress

Beberapa penyakit yang ditimbulkan akibat stress adalah sebagai berikut : sakit kepala berkepanjangan, diabetes, asma, bahkan stroke daat terjadi bagi penderita stress berkepanjangan. Sebenarnya sederhana saja, cara untuk mengatasi stress, agar tidak sampai mengalami stress berkepanjangan.

Keluarkan semua beban di kepala.

Curhat, ternyata memiliki dampak positif dalam menangani stress, bagi Anda yang sedang banyak pikiran dan terindikasi stress, karena banyaknya pikiran, dapat mengeluarkan semua beban di kepala dengan curhat kepada orang terdekat, pastikan orang tersebut dapat Anda percaya. Yakinlah, setelah beban di kepala Anda keluarkan, dengan curhat kepada seseorang, sedikit demi sedikit beban di kepala akan berkurang dan bahkan hilang.

Olahraga ringan.

Olahraga adalah salah satu metode dalam meredakan stress, olahraga mudah dapat Anda lakukan seperti jogging sekitar kompleks dan bersepeda sekitran tempat tinggal Anda. Dengan berorahraga otak mendapatkan rileksasi dan merekan beban pikiran Anda.

Lakukan aktivitas hobi Anda.

Hobi adalah salah satu kegemaran yang tidak dapat ditinggalkan, jika seseorang sudah menjadikan sesuatu itu hobi, sesibuk apapun ia akan tetap menjalani hobinya. Maka oleh sebab itu, saat stress dan pikiran galau, silahkan lakukan hobi dan kegemaran Anda tersebut, karena dengan demikian dapat meringankan stress Anda.

Istrihat/Tidur yang cukup.

Salah satu pemicu stress yang acap kali menghinggapi adalah kurangnya waktu istirahat. Sesibuk apapun kita, sempatkan istirahat yang cukup, bila perlu manfaat waktu lenggang siang hari, untuk melakukan tidur siang. 

Cari kesibukan untuk melupakan persoalan.

Jika Anda mengalami stress, lalu banyak bermenung, maka hal itu akan mengakibatkan stress bertambah parah dan berkepanjangan. Carilah kegiatan positif yang dapat meredakan stress Anda, karena dengan adanya kesibukan tersebut, pikiran galau akan segera sirna dalam kehidupan Anda.

Itulah 5 cara mengatasi stress dengan cara sederhana, meskipun setiap orang memiliki cara masing-masing dan berbeda dalam melawan stress, namun setidaknya tips di atas dapat membantu Anda dalam mengelola stress, namun jika stress tidak kunjung sirna dari diri Anda, meskipun telah melakukan berbagai macam cara dan tips yang Anda temukan, maka sebaiknya Anda pergi ke dokter dan periksalah kondisi kesehatan Anda, barangkali ada hal-hal yang menyebabkan stress berkepanjangan akibat penyakit dalam organ tubuh Anda, jika sudah mengetahuinya penyebab dan cara mengatasinya, maka penyakit stress dapat kita sembuhkan.


Cara mudah mengetahui kita sedang mengalami stress berkepanjangan, adalah karena terganggunya sistem kesehatan yang lain, atau mengalami gangguan kesehatan seperti mengalami sakit. Seperti pusing yang selalu datang, obesitas berlebihan, rambut rontok dan sebagainya, hal inilah tanda Anda perlu mengunjungi dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut mengenai stress yang di alami.

Atau jika dibutuhkan Anda dapat mengunjungi psikolog untuk mendapatkan bantuan dalam meringankan dan menyembuhkan stress dalam diri, semoga kita semua dapat mengontrol stress dan dapat menyembuhnya dengan cara masing-masing.

0 Response to "5 Cara Mudah Mengatasi Stress "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel