Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Dampak Pandemi Terhadap Kesehatan dan Tips Mengatasinya

5 Cara Mencegah Virus Corona/Covid-19
By : Pixabay

Pandemi telah membuat rutinitas manusia di dunia ini menjadi terganggu, baik itu dalam bidang ekonomi, hiburan dan seni, pariwisata, politik dan sebagainya. Tidak terkecuali dalam bidang kesehatan. Banyak orang yang mengalami gangguan kesehatan, stress dan kurangnya aktifitas olahraga di masa pandemi ini juga menimbulkan kondisi lain dari keseharan seseorang.

Sama-sama kita ketahui, saat ini virus Covid-19 atau lebih akrab dikenal dengan virus corona sedang mewabah di seluruh dunia. Tidak hanya di daerah asal yaitu di Wuhan, bahkan sampai ke negeri kita Indonesia wabah Covid-19 ini juga menyebar dan menimbulkan korban yang sampai hari ini sudah jutaan orang.

Bahkan data yang dilansir dari situs online worldmaters, Covid-19 telah menginfeksi lebih dari ratusan juta jiwa dan menyebabkan jumlah kematian mencapai lebih dari 2 juta jiwa di seluruh dunia. Hingga kini jumlah kematian terus bertambah, dengan angka tertinggi berasal dari Amerika Serikat.

Berbagai cara sudah dilakukan oleh pemerintahan seluruh dunia, mulai dari menciptakan vaksin pengobatan dan pencegahan hingga melakukan lockdown. Namun, tidak bisa dipungkiri bahwa Covid-19 ini, terus saja berkembang dan menyebabkan banyak orang yang terjangkit dalam waktu yang sangat singkat.

Setahun sudah corona itu berlalu namun belum juga tampak penurunan dari segi penyebarannya, vaksin sudah diciptakan dan masalah kesehatan muncul dari dampak pandemi itu, menurut survei yang dilansir dari situs https://www.apa.org/ bahwa kesehatan fisik menurun karena ketidakmampuan orang mengatasi tekanan pandemi secara sehat.

Banyak yang mengatakan bahwa mereka mengalami kenaikan atau penurunan berat badan, kondisi stress dan kesehatan mental yang terganggu dan mereka menghabiskan waktu dengan meminum lebih banyak alkohol di masa pandemi ini.

Gangguan kesehatan mental yang terjadi selama pandemi disebabkan karena masyarakat dikelilingi oleh kematian, kemiskinan, kecemasan, isolasi, dan kegelisahan akibat pandemi Covid-19. Begitu banyak berita buruk yang diterima, membuat masyarakat cemas akan hidup diri mereka sendiri, keluarga, teman terdekat, dan bahkan lingkungan sekitarnya.

By : Pixabay

Gelombang baru masalah kesehatan di masa pandemi ini dari survey yang ditemukan salah satunya adalah terkait perubahan berat badan yang tidak wajar serta tak diinginkan mereka. Datanya seperti ini :

Mayoritas orang dewasa (61%) melaporkan mengalami perubahan berat badan yang tidak diinginkan sejak dimulainya pandemi , dengan lebih dari 2 dari 5 (42%) mengatakan berat badan mereka bertambah lebih dari yang mereka inginkan. Dari kelompok ini, orang dewasa dilaporkan bertambah berat rata-rata 29 pon (dengan kenaikan tipikal 15 pon, yang merupakan median)”.


Saya pribadi dalam menjalani masa pandemi ini, di mana angka penyebaran virus corona itu terus meningkat, setidaknya beberapa hal berikut ini dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, guna mendapatkan tubuh yang tetap sehat dan terhindar dari bahaya virus corona itu sendiri.

1. Makan Makanan yang Sehat dan Bergizi

Asal muasal dari terjangkitnya virus apapun dalam tubuh manusia, disebabkan oleh daya imun/daya tahan tubuh seseorang, jika daya tahan tubuh bagus dan kuat dapat membantu mematikan virus jahat dalam tubuh, sebaliknya jika daya imunitas seseorang melemah, maka virus itu akan cepat sekali berkembang.

Dalam mencegah virus corona. Kita memilih makanan yang sehat dan bergizi, seperti makanan yang mengandung antioksidan yang terdapat dalam buah-buahan dan sayuran. Selain itu, kita juga bisa mengkonsumsi makanan yang mengandung nutrisi.

Makanan yang banyak mengandung nutrisi banyak terdapat pada kacang-kacangan, daging rendah lemak dan juga biji-bijian.

2. Olahraga Teratur Setiap Hari

Berolahraga tidak dapat diabaikan begitu saja, karena hidup sehat selalu dihubungkan dengan olahraga yang cukup dan tidak berat. Cukup dengan meluangkan waktu 30-60 menit satu hari, olahraga ringan dapat dilakukan bahkan saat kita di rumah saja.

3. Istirahat yang Cukup

Setiap hari kita melakukan aktivitas, sehingga istirahat adalah salah satu cara mengembalikan daya tahan tubuh, jika Anda kurang istrihat maka daya tahan tubuh melemah. Untuk itulah kita perlu menjaga waktu istirahat untuk mengembalikan daya tahan tubuh.

Dengan istirahat yang cukup dapar meningkatkan imunitas seseorang dalam kehidupan sehari hari. Bahkan saat kita mengalami sakit, setelah berobat ke dokter, selain diberikan obat, kita diminta untuk istirahat yang cukup. Karena dengan istirahat yang cukup dapat menghindarkan diri dari berbagai macam penyakit.


4. Minum Tanaman Obat Alami atau Suplemen

Indonesia kaya akan rempah, sejak dahulu kala orang Indonesia rajin mengkonsumsi tanaman obat alami, dapat membantu menjaga kesehatan. Seperti mengolah tanaman obat menjadi jamu dan minuman berkhasiat lainnya.

Selain mengkonsumsi tanaman obat alami, Anda juga dapat mengkonsumsi suplemen yang mengandung vitamin C ataupun vitamin B hingga vitamin E sehingga daya tahan tubuh selalu terjaga.

5. Melakukan Meditasi Diri

Meditasi adalah praktik relaksasi yang melibatkan pelepasan pikiran dari semua hal yang menarik, membebani, maupun mencemaskan dalam hidup kita sehari-hari. Covid-19yang mewabah dunia, setiap hari kita disuguhkan dengan berbagai macam berita ketakutan, kesdihan dan bahkan kematian, untuk itulah agar diri lebih rileks, dapat melakukan meditasi diri di rumah masing-masing.

Karena meditasi dapat menghilangkan stress seseorang, maka akan  menjadikan system kekebalan tubuh menjadi meningkat, saat system kekebalan tubuh meningkat, maka virus dan berbagai penyakit mudah-mudahan terhindar dari diri seseorang.

6. Mengatur Berat badan 

Berat badan yang tidak ideal atau obesitas dapat mengganggu kesehatan seseorang, di masa pandemi kegiatan lebih banyak dihabiskan di dalam rumah, maka kecenderungan manusia yang kurangnya aktifitas selalu ingin makan, maka terkadang kenaikan berat badan tidak terkontrol.

Penting bagi kita untuk tetap menjaga agar berat badan ideal, sebenarnya kita dapat memulai dengan rutin memperhatikan perkirakan persen lemak dalam tubuh Anda. Mungkin hal ini agak sulit untuk dibiasakan tanpa menggunakan bantuan alat atau kita belum mengetahui caranya, sebenarnya ada suatu situs yang bisa mengetahui kadar lemak dalam tubuh kita dengan hitungan sederhana.

Salah satunya dengan mengunjungi situsnya di internet, saya menemukan Body Pat Calculator, di mana  dengan bantuan situs ini saya bisa dengan mudah mengetahui perkiraan lemak dalam tubuh saya. Cukup dengan memasukkan data seperti jenis kelamin, berat badan, lingkar pinggan, lingkar tangan, pinggul dan lengan bawah, maka kita bisa mendapatkan hasil dari perkiraan kadar lemak dalam tubuh kita masing-masing.

Demikianlah artikel mengenai 5 Cara Mencegah Virus Corona/Covid-19.semoga bermanfaat bagi pembaca semua.

Sumber : 

https://www.worldometers.info/coronavirus/
https://www.apa.org/news/press/releases/stress/2021/one-year-pandemic-stress
https://yoursay.suara.com/news/2020/09/18/163534/dampak-covid-19-terhadap-kesehatan-mental-dan-bagaimana-cara-mengatasinya?page=all
https://www.calculators.org/health/body-fat.php

Post a Comment for "Dampak Pandemi Terhadap Kesehatan dan Tips Mengatasinya"