Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hindari Stres Saat Mewabah Virus Corona


Covid-19 atau Virus Corona yang merebak pada saat ini, menyerang fisik dan daya tahan tubuh seseorang, jutaan manusia di seluruh dunia, dinyatakan positif terserang virus corona. Ada yang sembuh, ada yang masih dirawat dan tidak sedikit pula yang meninggal. Di saat kondisi seperti itu, Indonesia sebagai Negara yang memiliki jumlah penduduk padat, sudah diambil langka-langkah oleh pemerintah pusat dan daerah, dalam upaya memutus rantai penyebaran virus corona itu.

Tetapi walaupun demikian, karena akibat penyebaran virus corona ini, berdampak pada berbagai macam sektor dan lini kehidupan manusia,  sektor ekonomi, politik, sosial budaya dan sebagainya menjadi terganggu akibat adanya pembatasan sosial dari pemerintah kita.

Di tengah kondisi seperti ini, maka yang paling dikhawatirkan penyakit lain yang bakal menyerang manusia adalah “kejiwaan dan kewarasan” karena akibat terdampaknya berbagai sektor kehidupan manusia tadi, dapat menyebabkan manusia menjadi stress dan bahkan banyak kasus, berakibat pada bunuh diri, membunuh anak atau istri atau bahkan membuat kegaduhan di tengah masyarakat.

Baca Juga : 5 Cara Mencegah Virus Corona/Covid-19

Dalam upaya menjaga diri, tidak terjerumus ke dalam kondisi stres, baik sesaat maupun berkepanjangan. Penting bagi setiap pribadi kita, untuk membiasakan diri melakukan kegiatan-kegiatan yang dapat menghalau stres dalam diri ini, di tengah mewabahnya Corona. Berikut beberapa hal yang bisa kita lakukan adalah :

1. Tetap Optimis
Terkadang saat membaca atau menonton berita yang memberitakan tentang Virus Corona, spontan saja kecemasan dalam diri ini muncul. Cemas tubuh terserang Corona, cemas anak istri terjangkit juga, cemas pekerjaan hilang, cemas pendapatan hilang dan sebagainya.

Maka, dalan kondisi kecemasan seperti itu, usahakan kita memiliki harapan besar terhadap kondisi semua itu, bahwa semua akan berakhir, semua akan baik-baik saja, semua kembali seperti sedia kala. Maka sikap inilah yang menunjukkan kita “optimis”. Jika optimis, tentu pikiran ini menjadi positif dan stres akan menjauh, sehingga daya tahan tubuh semakin kuat.

2. Tetap Berolahraga
Pemerintah gencar menerapkan #Stayathome, kita terkadang merasakan jenuh karena tidak terbiasa di rumah terus-terusan, sehingga menimbulkan rasa bosan dan akibatnya stress menimpa diri. Maka yang musti tetap kita lakukan adalah berolahraga ringan, jika meungkinkan dilingkungan tempat tinggal, seperti lari-lari kecil, namun jika tidak, melakukan olahraga di halaman rumah atau bahkan cukup di dalam rumah saja.

Dengan tetap melakukan olahraga di rumah, maka stress tentu tidak sempat kita alami. Karena kita yakin, bahwa olahraga dapat mencegah berbagai macam penyakit yang bisa menghinggapi seseorang. Dengan berolahraga, juga menjadikan waktu kita tidak habis menurung diri di dalam kamar saja dan dapat mengusir kejenuhan.

3. Tetap Besosialisasi dengan Sahabat dan Rekan Kerja
Meskipun kita dianjurkan untuk sosial distancing, bukan berarti kita tidak bisa bersosial bersama teman-teman dan keluarga yang jaraknya jauh dari tempat tinggal kita, ya…di zaman gadget saat ini, sudah tepat kiranya tatap muka secara langsung diganti dengan bertatap muka melalui media sosial, tetap terhubung bersama teman dan orang-orang tercinta, dapat mencegah terjadinya stres.

Itulah beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk mencegah diri agar terhindar dari stres, tentunya banyak hal lagi yang kita lakukan selain hal-hal di atas, karena intinya dalam masa-masa kegiatan dilakukan di rumah saja, maka perbanyaklah melakukan hal-hal positif setiap harinya, sehingga setiap kita terhindar dari stress saat mewabahnya Virus Corona.

Demi mengerem laju penyebaran virus Covid-19, ahli kesehatan dan otoritas di berbagai negara menerapkan kebijakan isolasi mandiri. Dalam kondisi isolasi inilah, banyak manusia yang mengalami tekanan, kesepian dan tidak memiliki hubungan sosial.

Bahkan orang yang tegar dan kuat sekalipun dapat mengalami stres ringan hingga berat, maka manajemen kejiwaan atau mengelola stres itu penting setiap individu lakukan, jangan sampai pikiran kita stres menjadi pemicu daya tahan tubuh menurun dan virus Corona mudah menyerang.

Selain hal di atas yang dapat Anda lakukan, Anda dapat mengisi waktu luang di masa-masa pandemi  virus corona ini dengan mencari informasi yang bermanfaat tentang kesehatan. Karena dalam kondisi seperti saat sekarang ini, menjaga kesehatan sangat penting dilakukan.

Salah satu tempat Anda untuk mencari informasi kesehatan, pencegahan penyakit dan konsultasi live bersama dokter berpengalaman di bidangnya. Silahkan kunjungi situs https://www.halodoc.com/ atau temukan di aplikasi dan segera download di playstore maupun app store. Karena di Halodoc Anda menemukan solusi kesehatan Anda, terima kasih.

#ditulisdariberbagaisumber
#tetapsemnagathadapiviruscorona

Post a Comment for "Hindari Stres Saat Mewabah Virus Corona"