Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Arti dan Fungsi Manajemen Keuangan


Dunia bisnis berkaitan erat dengan  manajemen keuangan,   bisnis yang dikelola tanpa manajemen  keuangan yang baik, berakibat buruk untuk perkembangan bisnisnya. Oleh sebab itu, setiap individu yang menjalani sebuah bisnis, akan lebih baik untuk memahami betul, teknis dan arti manajemen keuangan, agar bisnisnya dapat berjalan dengan baik. 

Manajemen keuangan Sangat penting untuk diterapkan. Untuk memahami lebih lanjut mengenai manajemen keuangan,  Perlu bagi seseorang untuk  memahami hal-hal yang berkaitan dengan manajemen keuangan, dalam artikel berikut ini, akan kita paparkan, pengertian, fungsi dan tujuan, serta manajemen keuangan dalam dunia bisnis.

Ari Manajemen Keuangan

Definisi manajemen keuangan menurut para ahli yang dapat diterima adalah seperti S.C.Kuchal mengatakan “Manajemen Keuangan berkaitan dengan pengadaan dana dan pemanfaatannya yang efektif dalam bisnis”.

Weston dan Brigham Mengatakan bahwa manajemen keuangan adalah bidang pengambilan keputusan keuangan, menyelaraskan motif individu dan tujuan perusahaan.

Setelah Anda mengetahui pengertian atau arti dari manajemen keuangan, maka apa fungsi dari manajemen keuangan itu perlu juga diketahui.

Fungsi Manajemen Keuangan

1. Sebagai Perencanaan Keuangan

Seseorang yang bertugas mengatur keuangan sebuah perusahaan atau bisnis, perlu untuk merencanakan dan memperkirakan kebutuhan keuangan dalam bisnis yang sedang dan akan dijalaninya. 
Dalam merencanakan keuangan, banyak hal yang harus direncanakan dan dipertimbangkan, sehingga arah dan tujuan bisnis dalam misinya dapat tercapai dengan baik.
2. Sebagai Pengendali Keuangan

Manajemen keuangan selanjutnya, berfungsi untuk mengendalikan keuangan sebuah bisnis yang dijalaninya, dengan adanya pengendali keuangan, maka arah dan tujuan menjalankan bisnisnya dapat terarah, di mana setelah merencanakan keuangan, agar dapat berjalan dengan maksimal, perlu adanya pengendalian jalannya perencanaan tersebut.

3. Sebagai Investasi Dana

Manajer keuangan, mesti mengetahui dana yang telah direncanakan untuk apa saja, dana yang dikeluarkan haruslah sesuai dengan target dan hasil yang akan dicapai. Sebagai investasi dana dimaksud, bahwa setelah beberapa waktu uang keluar dalam mengelola bisnisnya, akan kelihatan income yang diperoleh,s ehingga dapat memaksimalkan hasil untuk masa yang akan datang.

4. Sebagai Pertahanan Keberlangsungan Bisnis

Kas adalah cara terbaik untuk mempertahankan kondisi keuangan dalam bisnis. Dalam bisnis mengharuskan membeli semua kebutuhan, dalam berproduksi mengharuskan membeli bahan baku, menggaji karyawan dan sebeagainya. 

Oleh sebab itu, penting dalam manajemen keuangan, sehingga perusahaan atau bisnis tidak mengalami kekurangan dana untuk keberlangsungan bisnisnya.

Tujuan Manajemen Keuangan
1. Memaksimalkan Keuntungan

Salah satu tujuan perusahaan mempekerjakan manajer keuangan adalah untuk memaksimalkan keuntungan bisnisnya. Tergantung pengelolaannya dalam bisnis, target keuntungan masa pendek maupun masa panjang perlu juga menjadi pertimbangan sebuah perusahaan.

2.Kontrol Dana Tepat Sasaran

Demi keberlangsungan hidup suatu perusahaan, kontrol dana oleh manajer perlu dilakukan, karena itulah salah satu tujuan adanya manejemn keuangan dalam perusahaan, agar kontrol dana tepat sasaran dalam bisnisnya.

Apabila dana yang dikeluarkan tidak terkontrol dengan baik, tentunya perusahaan atau bisnis yang Anda jalani tidak akan bertahan lama dan berakhir dengan kebangkrutan.

3. Koordinasi yang Tepat

Antara satu dan yang lain dalam sebuah perusahaan penting melakukan koordinasi, apalagi terkait dengan keuangan, maka adanya manajemen keuangan dapat melakukan kontrol yang baik dan koordinasi yang tepat dengan seluruh bagian dalam perusahaan.

Dengan koordinasi yang tepat akan menjadikan perusahaan berkembang sesuai dengan yang diharapkan nantinya, itulah mengapa pentingnya manajemen keuangan dan koordinasi yang tepat antara departemen keuangan dan lainnya.

4. Meminimalisir Biaya Modal

Manajer keuangan, bertujuan mencipatakan keuntungan sebanyaknya dalam perusahaan, maka dengan adanya manajemen keuangan, manajer dapat meminimalisir biaya modal, hal-hal yang tidak produktif tentunya dapat dihilangkan dalam perencanaan berikutnya.

Itulah beberapa hal terkait dengan arti manajemen keuangan dan fungsi serta tujuannya.

Post a Comment for "Arti dan Fungsi Manajemen Keuangan"