Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Macam-Macam Asuransi di Indonesia

Macam-Macam Asuransi di Indonesia

Asuransi adalah kata yang sudah tidak asing lagi di telinga kita, saat mendengar asuransi kita memahami bahwa adanya pertanggungan dari pihak penyedia asuransi terhadap kliennya. Asuransi itu juga beragam jenisnya, seperti asuransi jiwa, asuransi kesehatan, asuransi kendaraan dan sebagainya.

Menurut situs Wikipedia, Asuransi adalah pertanggungan atau perjanjian antara dua belah pihak, di mana pihak satu berkewajiban membayar iuran/kontribusi/premi. Pihak yang lainnya memiliki kewajiban memberikan jaminan sepenuhnya kepada pembayar iuran/kontribusi/premi apabila terjadi sesuatu yang menimpa pihak pertama atau barang miliknya sesuai dengan perjanjian yang sudah dibuat.

Di Indonesia, sudah berkembang yang Namanya asuransi, banyak perusahaan penyedia layanan asuransi yang dapat Anda bergabung di dalamnya, untuk itulah penting bagi kita mempelajari macam-macam perusahaan asuransi yang ada di Indonesia, baik itu dari pihak pemerintah maupun dari pihak swasta.

Setiap warga Indonesia, berhak mengikuti asuransi tersebut, tentunya tergantung dari kebutuhan individu masing-masing. Jangan sampai kita mengasuransikan sesuatu yang sebenarnya tidak kita butuhkan, seperti asuransi bangunan, sementara kita hanya mengontrak, maka tidak patut kiranya kita mengasuransikan yang bukan milik kita.

Di negara kita, asuransi tersebut ada berbagai macam perusahaan yang menyediakannya, berikut kami sajikan, beberapa asuransi yang sudah berpengalaman di bidangnya, dalam melayani masyarakat yang membutuhkan asuransi.

1. Asuransi BPJS Kesehatan

Sama-sama kita ketahui, bahwa di negara kita ini kesehatan adalah suatu hal yang serius untuk dihadapi, karena jika seseorang mengalami sakit, untuk berobat tentunya membutuhkan biaya, apalagi bagi seseorang yang mengalami penyakit parah dan membutuhkan tindakan bedah atau operasi, maka puluhan juta bahkan sampai ratusan juta rupiah harus disediakan untuk pembayarannya.

Di tengah sulitnya perekonomian bangsa saat ini, pemerintah berperan dalam menanggung biaya berobat seseorang, melalui jaminan kesehatan berupa asuransi BPJS kesehatan, bagi Anda yang sudah berumah tangga, penting kiranya bergabung Bersama pemerintah di BPJS kesehatan ini, karena sewaktu-waktu, kita tidak dapat menduga kondisi kita, karena tidak setiap saat kita sehat terus, maka dengan mengikuti asuransi kesehatan dari BPJS ini, setidaknya kita mendapatkan perlindungan jaminan perawatan seperti rawat jalan ataupun rawat inap.

Sebagai perusahaan asuransi milik pemerintah BPJS kesehatan sendiri memiliki visi dan misi seperti berikut ini :

1. VISI “Terwujudnya jaminan kesehatan berkualitas tanpa deskriminasi”.

2. MISI “

-memberikan layanan terbaik kepada masyarakat
-memperluas kepesertaan jaminan kesehatan untuk seluruh warga Indonesia
-bersama menjaga kesinambungan finansial program jaminan kesehatan

2. Asuransi BPJS Ketenagakerjaan

Sedikit berbeda dengan BPJS Kesehatan, BPJS ketenagakerjaan adalah asuransi yang memberikan jaminan berbagai hal, seperti jaminan kecelakaan kerja, jaminan kematian, jaminan hari tua dan jaminan pension.

Dengan bergabung Bersama BPJS Ketenagakerjaan, maka banyak manfaat yang bisa dirasakan oleh seseorang yang bekerja pada bidang tertentu, baik itu di perusahaan maupun di rumah industry.

3. Asuransi Prudential

Perusahaan asuransi prudential merupakan perusahaan yang melayani masyarakat Indonesia, dalam memenuhi kebutuhan asuransinya. Banyak layanan asuransi di sini, seperti asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi Pendidikan dan sebagainya.

Sebagai perusahaan yang bergerak dalam bidang asuransi, prudential tentu berharap dapat memberikan manfaat bagi seluruh warga yang bergabung dalam perusahaan mereka.

4. Asuransi Jiwasraya

Jiwasraya dibangun dari sejarah teramat panjang. Bermula dari NILLMIJ, Nederlandsch Indiesche Levensverzekering en Liffrente Maatschappij van 1859, tanggal 31 Desember 1859. Perusahaan asuransi jiwa yang pertama kali ada di Indonesia (Hindia Belanda waktu itu) didirikan dengan Akte Notaris William Hendry Herklots Nomor 185.

Visi :

Menjadi Perusahaan Asuransi Jiwa Yang Sehat dan Tangguh

 Misi :

  • Menjalankan usaha asuransi jiwa dengan orientasi pelanggan
  • Menyediakan kanal distribusi yang luas berbasis IT dengan didukung SDM yang professional
  • Menciptakan nilai bagi shareholder dan stakeholder lainnya
  • Menjalankan usaha yang sustainable dengan menjunjung nilai-nilai tata kelola Perusahaan yang baik

5. Asuransi Allianz

Allianz merupakan salah satu perusahaan global terbesar yang bergerak di bidang layanan asuransi dan manajemen aset. Telah berdiri sejak 1890 di Jerman sebagai perusahaan yang sangat berpengalaman dan mempunyai posisi finansial yang kuat.

6. Asuransi CIGNA

Cigna (NYSE : CI), merupakan sebuah perusahaan layanan kesehatan global yang membaktikan diri untuk membantu meningkatkan kesehatan, kesejahteraan dan rasa aman. 

Seluruh produk dan layanan tersedia secara eksklusif melalui anak perusahaan dari Cigna Corporation, termasuk Connecticut General Life Insurance Company, Cigna Health and Life Insurance Company, Life Insurance Company of North America dan Cigna Life Insurance Company of New York yang menawarkan serangkaian produk, perawatan, rencana dan pelayanan kesehatan yang terintegrasi termasuk perawatan medis, gigi, kesehatan jiwa, farmasi dan mata serta asuransi jiwa perorangan maupun kelompok, Asuransi Kecelakaan dan Ketidakmampuan Diri. 

Cigna beroperasi secara internasional di 30 negara, dan memiliki sekitar 180 juta nasabah di seluruh dunia. Cigna kini menempati posisi 13 daftar perusahaan “Fortune 500”.

Demikianlah bermacam-macam perusahaan asuransi yang berkembang di Indonesia, semoga bermanfaat bagi Anda yang membutuhkan informasinya.

Post a Comment for " Macam-Macam Asuransi di Indonesia"