Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bulan Rajab Gerbang Menuju Bulan Ramadhan

Mulianya bulan Rajab

Rajab adalah bulan ke-7 dalam kalender Hijriah. Artinya adalah menghormati dan juga menghapus. Rajab adalah salah satu dari 4 bulan paling suci dalam Islam, lainnya adalah Dzul-Qa'idah, Dzul-Hijjah, Muharram dan Rajab. 

Pahala amalan di bulan Rajab seperti pahala bulan suci lainnya. Allah SWT berfirman dalam Alquran yang Mulia: (Sesungguhnya jumlah bulan bersama Allah adalah dua belas bulan menurut ketetapan Allah pada hari Dia menciptakan langit dan bumi. Empat di antaranya suci, itu adalah agama yang benar. ) "(Quran, 9: 36)

Allah SWT telah memerintahkan umat Islam untuk tidak berbuat salah ataupun melakukan dosa pada diri sendiri atau orang lain, terutama di empat bulan suci. 

Bulan Rajab adalah kunci dari bulan-bulan kebaikan yang mengikutinya. Untuk alasan ini, Imam Abu Bakar al-Warraq berkata: "Di bulan Rajab Anda menabur benih, di Sya'ban Anda mengairi mereka dan di bulan Ramadhan, Anda menuai panen." Dia juga berkata: Rajab itu seperti angin, Sha'ban itu seperti awan dan Ramadhan itu seperti hujan.

Rajab dikenal sebagai bulan Allah SWT. Ada arti penting bulan Rajab di sisi Allah (SWT). Bulan Rajab adalah kunci pembukaan bulan berkah dan kebaikan. Mencari Pengampunan, Istighfaar di bulan Rajab memiliki arti penting yang luar biasa. Nabi Muhammad (SAW) berkata: “Rajab adalah bulan mencari pengampunan, jadi carilah pengampunan dari Allah (SWT); Dia benar-benar Pengampun, Penyayang. Sangat disarankan untuk mengulang 'Astaghfirullaah wa as-aluhut tawbah ”.

Peristiwa terpenting dalam sejarah Islam yang berlangsung pada bulan suci ini, pada tanggal 27 Rajab adalah malam Isra dan Miraj. Di malam Isra Nabi Muhammad (SAW) mengunjungi surga hanya dalam sedetik. Dalam Al-Qur'an, disebutkan dalam kata-kata ini: “Diagungkan Dia yang membawa Hamba-Nya pada malam hari dari Masjidil Haram ke Masjid Al-Aqsa, yang sekitarnya telah Kami berkati, untuk menunjukkan kepadanya tanda-tanda Kami. Sungguh, Dialah Yang Mendengar, Melihat. ” (Quran, 17: 1)

Nabi kita tercinta Muhammad (SAW) mengatakan tentang pentingnya Rajab dalam kata-kata ini, “Di surga, ada kanal bernama Rajab. Airnya lebih putih dari susu, lebih dingin dari es dan lebih manis dari madu. Orang yang menjalankan puasa bahkan satu kali di bulan Rajab, dia akan berhak meminum airnya. "

Bulan suci Rajab adalah bulan suci dan seseorang harus memanfaatkan kesempatan untuk memetik manfaat sebanyak mungkin. Menyembah Allah SWT selama sebulan dapat membantu Anda mendapatkan pahala yang luar biasa dan pahala ini dapat diperoleh hanya dengan membaca Alquran dan menjalankan puasa sunnah.

Rajab adalah jalan menuju Ramadhan, sebelum Ramadhan sebagaimana berkah dan kesuciannya diperhatikan. Semoga Allah SWT membantu kita semua untuk mempersiapkan diri menghadapi bulan suci Ramadhan mendatang, karena itu adalah penyelamat terbaik dari segala dosa yang kita lakukan secara sadar atau tidak sadar. Seperti yang dikatakan Nabi SAW tentang Ramadhan. Barangsiapa berpuasa selama Ramadhan karena keimanan yang tulus dan berharap mendapatkan pahala dari Allah, maka semua dosa masa lalunya akan diampuni. (Imam Bukhari).

Post a Comment for "Bulan Rajab Gerbang Menuju Bulan Ramadhan"