Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara membuat Video Pembelajaran Menggunakan Kinemaster di Android

Kinemaster merupakan salah satu aplikasi gratis di android berfungsi sebagai media pembuatan dan mengedit video, termasuk juga dengan pembuatan media pembelajaran, jadi dengan kinemaster Anda dapat membuat video pembelajaran hanya dengan menggunakan android saja.

Untuk memulai membuat video pembelajaran di Android, sebenarnya tidak sulit, Anda hanya membutuhkan sebuah aplikasi yang sudah sangat familiar di kalangan editor video, bahkan para youtuber banyak sekali menggunakan aplikasi kinemaster dalam pembuatan dan pengeditan video mereka.

Baca Juga : 8 Aplikasi Pembuat Video Pembelajaran di Android

Bagi rekan guru sekalian yang menginginkan membuat video video pembelajaran menggunakan android saja, silahkan ikuti langkah-langkah cara membut video pembelajaran menggunakan aplikasi kinemaster di android.

1. Silahkan download aplikasi video “Kinemaster”, setelah terdownload langkah selanjutnya adalah membuka aplikasi tersebut.

2. Buka project baru dan silahkan simak beberapa menu aplikasi kinemaster berikut ini :

• Dalam menu lingkaran ada media, media adalah menu untuk memasukkan video yang akan Anda edit nantinya.

• Layar/lapisan, dalam menu ini tersedia pula beberapa submenu, di antaranya adalah menambah layar baru (menggabungkan beberapa media sepeti video, foto dll). Kemudian ada juga menu teks (menambahkan tulisan dalam video). Menu lainnya adalah efek (perubahan antar video dan foto satu ke yang lainnya). Menu berikutnya di sini adalah tulis tangan (menu untuk membuat tulisan tangan atau coretan).

Aplikasi kinemaster

• Audio adalah menu untuk memasukkan suara atau musik ke dalam video Anda

• Suara adalah menu rekaman suara dalam video kita.

• Di bagian kiri ada menu duplikat untuk mengcopy file video dan ada juga menu panah untuk mengembalikan project sebelumnya jika terjadi kesalahan dalam proses editing video.

• Ekspor yaitu menu untuk menyimpan file video yang sudah kita buat.

Di atas merupakan langkah-langkah sederhana dalam membuat video pembelajaran, untuk lebih jelasnya Anda dapat menonton video berikut ini :

Untuk mendapatkan hasil maksimal dalam pembuatan video pembelajaran Anda, silahkan melakukan pembelian (ada yang gratis dan ada yang berbayar) untuk tambahan menu-menu yang tersedia, seperti untuk menambah karakter kartun, effect video, transisi, hamparan, jenis teks dan audio. Selain yang telah disebutkan masih banyak lagi yang tersedia pada toko aplikasi kinemaster untuk penunjang pembuatan video Anda.

semoga bermanfaat bagi Anda yang ingin mengedit ataupun membuat video pembelajaran menggunakan aplikasi kinemaster cukup di android saja.

2 comments for " Cara membuat Video Pembelajaran Menggunakan Kinemaster di Android"