Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tingkatkan Produktivitas dengan Human Capital Management

Human Capital Managemen

Perusahaan kerap mencari efisiensi untuk bekerja dengan modal seminim mungkin. Hal ini termasuk human capital yakni SDM (Sumber Daya Manusia), Menerapkan Human Capital Management (HCM) dengan pengelolaan SDM secara maksimal maka dapat meningkatkan produktivitas. Jadi, dengan berfokus pada tenaga manusia sebagai kunci organisasi, kinerja dapat dioptimalkan. 

Efisiensi Kinerja Dengan Human Capital Management

Suatu perusahaan memiliki beberapa sumber daya untuk bersinergi agar dapat mencapai tujuannya. Mengoptimalkan Human Capital Management untuk mengelola SDM sebagai aset utama maka sumber daya lainnya dapat dioptimasi sehingga semua kegiatan diselesaikan secara efektif dan efisien. Perusahaan perlu menerapkan Human Capital Management System yang terintegrasi dan mudah dipantau untuk mencapainya, berikut caranya.  

• Menetapkan Visi Sebagai Panduan Dasar 

Perusahaan perlu menentukan visi yang dipercayai oleh semua karyawan dan diterapkan di setiap keputusan dan kegiatannya. Dengan demikian Human Capital Management memiliki tujuan yang dapat diterjemahkan ke berbagai kebijaksanaan dan strategi. 

• Pemanfaatan Teknologi

Terapkan teknologi sebagai bagian terintegrasi pada Human Capital Management perusahaan sehingga semua kegiatan dapat terselesaikan secara efisien. Teknologi dapat meminimalisir kesalahan manusia sehingga human capital berfokus menerapkan ide dengan teknologi sebagai bagian dari solusi. Penerapannya bisa berbentuk sistem absen digital, media komunikasi, dan masih banyak lagi. 

• Menetapkan Pengukuran

Bagaimana kita bisa tahu sebuah strategi berhasil atau tidak? Betul, dari parameter yang ditetapkan sebelumnya untuk mengindikasikan kesuksesan. Keberadaan Human Capital management memastikan adanya pengukuran, analisa serta rekomendasi untuk langkah selanjutnya. Hal ini dapat dipakai untuk menetapkan gaji, kenaikan promosi, sampai pemutusan hubungan kerja. Bila ada sistem yang mengaturnya maka tidak ada kesalahpahaman. Seseorang dipromosikan berdasarkan prestasinya yang terukur bukan karena pilihan atasan atau alasan personal lainnya. 

Baca Juga : Kenali 6 Investasi Aman dan Menguntungkan Bagi Pemula

• Strategi Kinerja 

Keunggulan aset SDM adalah kemampuan untuk berinovasi dan meningkatkan keahlian diri. Penerapan Human Capital Management dapat menganalisis kebutuhan SDM dan memberikan opsi sesuai kebutuhan. Kapan dan bagaimana membuat pemantauan karyawan, program pelatihan, sampai penerapan hubungan baik di antara karyawan dapat dicapai dengan terencana. 

• Media Evaluasi Transparan

Berhubungan dengan SDM dalam dunia kerja kerap bercampur dengan perasaan emosional. Menerapkan sebuah sistem pengelolaan SDM dalam bentuk HCM maka tenaga manusia dapat terarah dengan baik. Tiap orang mengetahui apa yang diharapkan dari dirinya dan bagaimana mencapainya. Sehingga bila hasilnya tercapai atau tidak, dapat diterima oleh semua pihak karena sudah terbentuk dari sistem. 

Perhatikan Human Capital Management System yang holistik dan dapat berjalan dengan minim pengawasan. Ketika semua pihak memiliki panduan jelas dalam bekerja secara efisien maka dapat meningkatkan produktivitas secara efektif. Tujuan dari HCM adalah bekerja dengan pintar dan bukan bekerja dengan keras. Dengan demikian semua pihak dapat melaksanakan tanggung jawabnya dengan baik dan tepat sasaran. Gunakan jasa penerapan pengelolaan Human Capital Management dari pihak ketiga bila diperlukan.

Post a Comment for "Tingkatkan Produktivitas dengan Human Capital Management"