Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Human capital, Aset Berharga Bagi Perusahaan


Sumber daya manusia (human resource) di Indonesia sangatlah melimpah. Namun hal itu akan terasa percuma tanpa ditunjang dengan kualitas dan kapabilitas yang mumpuni untuk menjadi aset perusahaan. Karena itulah pentingnya manajemen human capital yang merupakan bagian dari human resource dengan value yang lebih tinggi.

Human capital adalah aset yang penting bagi perusahaan yang tidak mudah digantikan dengan sumber daya manusia lainnya. Dengan berkembangnya sistem manajemen, karyawan-karyawan ini berubah menjadi personil yang juga menentukan kemajuan bisnis perusahaan, bukan sekedar sebagai pelengkap semata.

Nah, apa itu human capital dan apa saja jenis-jenisnya, sehingga menjadi aset perusahaan yang berharga?

Apa Itu Human capital?

Human capital adalah berbagai macam kemampuan, pengetahuan, dan kreativitas dari personil perusahaan yang profesional dan menjadi penunjang produktivitas perusahaan. Secara prinsip human capital ini adalah bagian dari pengelolaan human resource dengan fokus untuk meningkatkan kapabilitasnya demi mengembangkan perusahaan.

Artinya ada upaya memberikan nilai tambah pada sumber daya manusia yang dimiliki perusahaan. Sehingga menjadi salah satu aset perusahaan yang berharga, dan menjadi salah satu bentuk investasi perusahaan yang menguntungkan bagi perusahaan.

Baca Juga : Tugas dan Peran Perusahaan Logistik Indonesia

Karena secara normal, seorang karyawan pastinya memiliki batas usia yang membuat produktivitasnya menurun. Sebelum hal itu terjadi, manajemen perusahaan berusaha untuk meningkatkan valuenya dengan meningkatkan pengetahuan dan keterampilannya agar memberikan keuntungan semaksimal mungkin kepada perusahaan.

Peningkatan value dalam hal kinerja, pengetahuan, kecerdasan komunikasi, dan segala potensi lainnya, dilakukan dengan pendidikan dan pelatihan yang intensif.

Karyawan yang memberikan kemampuan terbaiknya juga akan diberikan reward serta benefit yang layak. Seperti adanya tunjangan, bonus, dan bentuk reward lainnya yang semakin menambah motivasi karyawan, dan juga memicu kesadaran untuk terus ikut memajukan perusahaan.

Apa saja Bentuk dari Human capital?

Sebenarnya human capital adalah aset yang tidak berwujud, karena keterampilan, kreativitas, dan berbagai bentuk keahlian lainnya itu melekat pada sumber daya manusia. Berbagai sifat kolektif yang melekat inilah menjadi modal untuk perkembangan perusahaan sehingga menghasilkan nilai ekonomi yang besar.

Hal itu menunjukkan ada berbagai jenis kemampuan yang bisa diterapkan dalam diri sumber daya manusia. Berikut beberapa bentuk yang bisa dikembangkan untuk mewujudkan human capital yang berharga bagi perusahaan:

1. General Management Human capital

Tingkatan untuk human capital ini berada pada level eksekutif. Sehingga membutuhkan berbagai kompetensi manajerial dalam hal kepemimpinan, pengambilan keputusan, hingga keahlian fungsional.

Dalam bentuk general management ini perusahaan akan lebih mudah berinteraksi dengan para investor dan berbagai macam kolega. Sehingga perusahaan bisa mempunyai peluang besar dalam pengembangan bisnis.

2. Strategic Management Human capital

Dalam bentuk management strategic ini, kemampuan yang sangat penting bagi perusahaan ada pada keahlian khusus dalam menghadapi sebuah situasi tertentu. Seperti ketika menghadapi kondisi pasar yang tidak menentu, strategi keuangan bila terjadi pemotongan anggaran, dan situasi genting lainnya.

3. Industry Management Human capital

Bentuk manajemen ini berkaitan dengan segala macam hal tentang industri. Mulai dari hal teknis, regulasi, hingga yang berhubungan dengan supplier. Manajemen ini berlaku untuk industri yang sejenis, seperti industri obat dan makanan, otomotif, elektronik, dan sebagainya.

4. Relationship Management Human capital

Jenis human capital yang satu ini berkaitan dengan kemampuan komunikasi karyawan, baik intern dalam satu tim, maupun ekstern dengan luar tim. Kemampuan ini sangat penting untuk memaksimalkan potensi karyawan dalam mendukung tugasnya.

5. Company Specific Management Human capital

Pengetahuan mengenai visi, misi, yang diaplikasikan dalam struktur dan budaya kerja sangatlah penting. Dengan pengetahuan itu, karyawan akan lebih mudah beradaptasi dalam menjalankan tugas dan fungsinya. Dengan mengetahui segala hal tentang perusahaan, maka karyawan akan lebih loyal dan memiliki motivasi kuat dalam memajukan perusahaan.

Itulah human capital yang mampu memberikan value lebih besar dalam memandang potensi karyawan. Sehingga sumber daya manusia juga bisa menjadi salah satu profil investasi yang menguntungkan secara ekonomi bagi perusahaan.

Post a Comment for "Human capital, Aset Berharga Bagi Perusahaan"