Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Deretan Air Terjun di Padang, Cocok Bagi Kamu Si Jiwa Petualang

Padang, Sumatra Barat (Sumbar) kerap menjadi destinasi wisata. Salah satu daya tarik utamanya adalah berbagai kulinernya. Ada rendang, gulai tambusu, nasi kapau dan lain sebagainya. Jika ingin menjelajah lebih dalam, Padang tidak hanya tentang makanan. Banyak juga destinasi wisata lainnya yang bagus untuk liburan. Bagi kamu yang suka berpetualang di alam, air terjun bisa dijelajahi.

Bagi warga luar kota, pergi ke Padang sudah sangat mudah. Ada transportasi udara yang membuat perjalanan lebih cepat. Berbagai maskapai juga membuka rute penerbangan ke Padang, tinggal pilih saja sesuai dengan budget yang dimiliki. Jika ingin mendapatkan harga yang lebih terjangkau, bisa cek Traveloka tiket pesawat promo 2020. Siapa tahu kamu ingin liburan akhir tahun di Padang, bisa langsung pantau tiketnya di aplikasi atau website Traveloka.

Nah, kembali lagi membahas air terjun di Padang, ada banyak yang memiliki panorama cantik. Tidak hanya sekadar refreshing namun juga uji adrenalin dengan jalurnya.

1. Air Terjun Lubuak Rantiang

Dikenal juga dengan sebutan Lubuak Ngalauan, tempat wisata ini masih sangat asri. Alamat tepatnya berada di Kecamatan Koto Tengah, Padang. Lokasinya sendiri berada di dalam hutan. Maka dari itulah, jalurnya lebih menantang. Kamu perlu jalan kaki menyusuri hutan dan juga melewati 4 sungai untuk datang ke lokasi. Namun tenang saja, kelelahanmu akan terbayar tuntas dengan keindahan yang ditawarkan.

Baca Juga : Kampung Eropa di Payakumbuh

Air terjunnya memang tidak terlalu tinggi, ukurannya sekitar 6 meter saja. Namun panoramanya tidak bisa diremehkan begitu saja. Dikelilingi alam yang hijau, bebatuan raksasa, dan air yang cenderung berwarna hijau toska membuat para pengunjung betah. 

Salah satu aktivitas seru yang banyak dilakukan pengunjung adalah berenang di bawah air terjun. Tenang saja ya, airnya cukup jernih namun tentu saja perlu hati-hati dengan bebatuan yang licin.

2. Air Terjun Lubuak Tampuruang

air terjun lubuak
Air Terjun Lubuak Tampuruang berada di Balimbiang, Kuranji, Padang. Tidak begitu jauh dari Perumahan Belimbing, 12 km dari Kota Padang. Dibandingkan air terjun sebelumnya, jalur menuju ke sini lebih mudah. Namun tetap saja menantang ya. Ada banyak aktivitas seru yang bisa dilakukan. Mulai dari berenang, cliff jumping, sampai dengan hunting foto.

Alam di tempat ini juga begitu asri dan sejuk. Ketinggianya mencapai 15 meter dengan debit air yang cukup besar. Untuk fasilitasnya sendiri, sudah ada beberapa kedai makanan dan minuman yang bisa disinggahi jika lapar atau haus mendera.

3. Air Terjun Lubuk Hitam

Air terjun lubuak hitam
Disebut juga Air Terjun Tiga Tingkat, tempat wisata ini juga cukup kondang di Padang. Alamatnya berada di Kel. Teluk Kabung Utara, Kec. Bungus Teluk Kabung, Padang. Jaraknya sekitar 25 km arah selatan Kota Padang. Bisa ditempuh menggunakan kendaraan roda dua atau empat ya. Dari parkir hanya perlu jalan kaki 10 menit saja, termasuk mudah.

Baca Juga : Janjang Sajuta di Lereng Singgalang Bukittinggi-Agam

Sepanjang perjalanan kamu akan menyaksikkan panorama yang cantik. Bukan tanpa alasan dinamakan Air Terjun Tiga Tingkat, karena ada 3 air terjun sekaligus dalam satu kawasan. Masing-masing memiliki ketinggian 2 meter, 10 meter, dan 20 meter. Untuk mencapai air terjun yang ketiga, perlu menempuh jarak 400 meter. Medannya cukup terjal, jika tak kondisi badan sedang kurang baik, cukup di air terjun pertama dan kedua saja.

4. Air Terjun Sarasah Ulu Gadut

Letak Air Terjun Sarasah Ulu Gadut cukup tersembunyi. Dikelilingi hutan, berada di Kaki Bukit Sarasah, Kota Baru, Gadut, Limau Manis Selatan, Padang Timur. Jaraknya 17 km dari pusat Kota Padang. Dari parkir ke air terjun perlu waktu kurang lebih 30 menit. Meski cukup lama, tenang saja ya trek-nya cukup mudah, tidak terlalu banyak tantangan.

Menariknya, di sini ada tujuh tingkatan yang bisa dinikmati. Namun biasanya hanya dua tingkatan saja yang banyak dikunjungi. Karena sisanya memiliki jalanan yang sangat terjal dan berbahaya. Tingkatan pertama 6-8 meter dan tingkatan kedua tingginya 10-15 meter.

Tidak bosan mengingatkan jika jelajah alam, selalu gunakan baju dan alas kaki yang nyaman. Jangan lupa untuk membawa perbekalan yang cukup. Satu lagi, jalangn lupa untuk selalu berdoa di mana pun berada ya.

Post a Comment for "Deretan Air Terjun di Padang, Cocok Bagi Kamu Si Jiwa Petualang"