Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jangan Asal Pilih, Berikut Ciri-Ciri Aplikasi Pinjol yang Aman

Image by kabarrafflesia.com

Di masa pandemi covid-19 hari ini, perekonomian semakin sulit. Banyak orang yang terkena PHK, pedagang omsetnya menurun, pegawai mengeluh, kebutuhan semakin banyak dan mendesak, sedangkan pemasukan atau income semakin berkurang. Di tengah sulitnya perekonomian saat ini, banyak orang yang akhirnya memutuskan untuk melakukan peminjaman kepada pihak penyedia pinjaman.

Di era digital hari ini, banyak sekali jasa peminjaman uang atau dana yang menawarkan pinjaman untuk kita, satu sisi kita merasa senang dengan banyaknya tawaran tersebut, bahkan PINJOL  alias Pinjaman Online pun berlalu lalang mempromosikan jasa pinjamannya kepada kita, baik itu melalui media sosial, maupun melalui pesan singkat berupa SMS atau WhatsApp.

Meskipun banyaknya tawaran Pinjol tersebut, tidak lantas kita harus tergiur dengan semua tawaran itu, karena alih-alih mendapatkan bantuan dana, malah kerugian yang akan kita dapatkan jika meminjam pada lembaga pinjaman online abal-abal alias tukang tipu.

Saat ini, tentu bukan rahasia umum lagi dengan banyaknya situs ataupun aplikasi yang seolah memberikan angin segar, dengan seribu janji manis di depan, namun berakhir dengan menambahnya daftar orang yang tertipu karena ulah oknum nakal, lembaga yang menawarkan pinjaman online namun penipuan.

Baca juga : Aplikasi Kasir Online Omegasoft, untuk Kebutuhan Bisnis Modern

Untuk itulah, sebelum memutuskan untuk melakuakn pinjaman online, berikut kami sajikan ciri-ciri situs/aplikasi pinjaman online terpercaya, aman dan legal. Dikutip dari https://www.aturduit.com/ ada empat ciri-ciri lembaga pinjaman online aman dan terpercaya :

1. Terdaftar atau memiliki izin dari OJK
Untuk ciri yang pertama ini adalah kewaspadaan kita dalam memilih jasa pinjaman online yang aman dan terpercaya, dengan memilih aplikasi/situs pinjaman online yang telah terdaftar di OJK (otoritas jasa keuangan) maka kita merasa aman dan nyaman berurusan dengan lembaga tersebut.

Tidak sulit untuk mengetahui, apakah lembaga pinjaman online yang kita temukan terdaftar di OJK ataupun tidak, yaitu terdapat logo OJK pada situs dan aplikasinya.

Untuk lebih meyakinkan kita lagi, silahkan kunjungi situs OJK dan cari lembaga atau situs pinjaman online temuanmu, apakah ilegal ataupun legal dan terdaftar di OJK.

2. Tidak ada pungutan biaya sebelum dana cair
Perlu juga Anda perhatikan, bahwa setiap lembaga pinjaman online yang aman dan terpercaya itu, tidak ada pungutan biaya baik itu berupa administrasi ataupun uang lainnya sebelum dana tersebut cair.

Untuk tidak muncul penyesalan kemudian, silahkan Anda tanyakan dengan detail bagaimana prosedur peminjaman pada lembaga pinjaman online mereka, baik itu berupa persayaratan, biaya administrasi, biaya atau denda keterlambatan maupun biaya asuransi dan biaya-biaya lainnya.

3. Bunga tidak lebih 1 % perhari, bahkan kurang.
Banyak sekali jasa pinjaman online yang menawarkan bunga rendah dan bersaing, namun satu hal yang perlu Anda ingat bahwa pinjaman aman dan terpercaya, tidak akan lebih dari 1% perhari dalam menetapkan bunga pinjaman.
Bunga adalah faktor penting untuk diperhatikan, karena jangan sampai melakukan pinjaman online dengan bunga tinggi dan tidak mampu mencicilnya setiap bulan.

4.Tidak memaksa
Bukan lembaga resmi namanya, jika ada indikasi dalam menawarkan jasa pinjaman online mereka terkesan memaksa, sehingga kita seperti diteror terus menerus, dapat dipastikan pinjaman online seperti ini adalah penipuan, karena lembaga resmi memiliki etika dalam menawarkan dan mempromosikan jasa pinjaman online mereka.

Baca Juga : Sinergi Aplikasi Absensi dan Aplikasi HR Terbaik untuk Digitalisasi HR

Jika lembaga pinjaman online terkesan memaksa, suatu saat ketika kita sudah menjadi nasabahnya, tentu akan terjadi sesuatu yang tidak menyenangkan dalam proses cicilan pinjaman tersebut.
Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan setelah berjalannya proses pinjaman online, maka Anda perlu ekstra hati-hati, agar tidak menjadi kerugian pada diri Anda sendiri.

Salah satu aplikasi pinjaman online terpercaya tersebut adalah aplikasi pinjol Tunaiku, alasannya karena di Tunaiku telah terpenuhi setidaknya 4 hal atau ciri-ciri aplikasi pinjaman online yang aman dan terpercaya.

Berikut kami sajikan alasannya Anda perlu mempertimbangkan Tunaiku dalam memilih aplikasi pinjaman online :

Pertama, Tunaiku adalah lembaga pinjaman online pertama di Indonesia dan sudah berdiri sejak tahun 2014, selain itu Tunaiku juga merupakan salah satu dari produk lembaga keuangan resmi yaitu  Amar Bank, salah satu institusi finansial berbentuk bank resmi di Indonesia yang sudah beroperasi pada tahun 1991.

Selain di bawah naungan bank resmi, Tunaiku dan Amar Bank juga berdiri di bawah bendera perusahaan multinasional yaitu Tolaram Group. Karena berada di bawah naungan bank, KTA online di Tunaiku aman terpercaya dan legal.

Kedua, Tunaiku berada di bawah naungan Amar Bank dan di awasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Dengan sudah berdirinya Amar Bank sejak lama yaitu tahun 1991, maka pengalaman dalam pengelolaan keuangan menjadikan Tunaiku profesional dalam urusan pinjaman online.

Ketiga, Tunaiku memberikan suku bunga ringan, jika pada keterangan di atas disebutkan bahwa jasa pinjaman online memberikan suku bunga tidak lebih 1% perhari, maka di Tunaiku Anda hanya dikenakan suku bunga 3-4 % perbulan.

Keempat, Tidak adanya paksaan dalam mempromosikan pinjaman online pada Tunaiku, karena Tunaiku hanya memberikan pinjaman kepada orang-orang yang membutuhkan dan mengerti akan keamanan bertransaksi di aplikasi Tunaiku.

Demikianlah ulasan saya mengenai ciri-ciri aplikasi pinjol tempat pinjam uang yang aman dan nyaman serta memberikan manfaat buat Anda yang membutuhkan.

Post a Comment for "Jangan Asal Pilih, Berikut Ciri-Ciri Aplikasi Pinjol yang Aman"