Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sinergi Aplikasi Absensi dan Aplikasi HR Terbaik untuk Digitalisasi HR

Sinergi Aplikasi Absensi dan Aplikasi HR Terbaik untuk Digitalisasi HR

Digitalisasi adalah proses alih teknologi dari analog atau manual menjadi digital. Proses ini hampir menyebar dalam berbagai sektor di industri bisnis. Digitalisasi dinilai membawa kemudahan penyelesaian atas berbagai macam proses yang rumit.

Akhirnya banyak perusahaan mulai tertarik dengan digitalisasi di internal perusahaan. Aplikasi absensi dan Aplikasi HR terbaik adalah produk digitalisasi yang mulai marak digunakan divisi HR.

Digitalisasi HR dalam Perusahaan

Proses manual dalam kinerja HR menggunakan dokumentasi di atas kertas mulai terasa menyulitkan. Ada banyak kesalahan pencatatan dan pengolahan data seperti gaji, jam kehadiran, proses pengeluaran izin cuti, dan sebagainya. Karena memakan banyak waktu dan kurang efisien, akhirnya perusahaan menerapkan digitalisasi dalam divisi HR melalui Aplikasi Absensi dan Aplikasi HR terbaik. Sinergi kedua produk digital mampu menghasilkan dampak yang mengesankan dari segi kinerja HR.

Aplikasi Absensi

Kehadiran karyawan adalah indikator produktivitas dan motivasi kerja karyawan. Datang tepat waktu sesuai hari dan jam kerja adalah ciri karyawan yang mempunyai produktivitas dan motivasi kerja tinggi. Perusahaan yang menerapkan absensi manual dengan pencatatan di atas kertas tidak mampu untuk memvalidasi apakah karyawan benar-benar datang tepat waktu atau tidak. Bisa saja data kehadiran yang tertulis telah dimanipulasi atau bahkan dipalsukan. Akibatnya tim HR gagal menilai kinerja karyawan dengan tepat dan berimbas kepada keputusan strategis yang tak sesuai dengan fakta.

Proses digital yang dilakukan Aplikasi Absensi mampu mengatasi hal tersebut. Penggunaan sistem digital pada absensi mampu mencatat kehadiran karyawan secara ril tanpa manipulasi data dari pihak manapun. Ketika karyawan absen di kantor, saat itu pula jam kehadirannya terekam dalam sistem dan ditampilkan secara detail hingga menit dan detik kehadiran. Tim HR jauh lebih mudah untuk menyoroti karyawan mana saja yang rajin datang tepat waktu dan karyawan mana yang sering datang terlambat.

Dengan demikian, HR akan membuat strategi mengenai kegiatan pengembangan kedisiplinan karyawan yang membawa karyawan menuju tingkat produktivitas tinggi.

Aplikasi HR

Selain berkaitan dengan pencatatan jam kehadiran karyawan, tim HR juga dibebani oleh kegiatan administratif lain yaitu penggajian karyawan. Gaji yang diterima karyawan setiap bulannya dipengaruhi oleh jam kehadiran, jabatan, status kerja, lama waktu bekerja, waktu lembur, hingga potongan pajak. Proses manual pada kegiatan tersebut juga memakan waktu yang lama.

Contohnya saja penggajian bulanan. Perusahaan yang masih menggunakan cara manual untuk penggajian akan disulitkan dengan banyaknya komponen dan data yang harus dihitung dan berbeda pada tiap karyawan. Cara manual memungkinkan terjadinya redudancy atau data yang berulang dan berpengaruh terhadap perhitungan gaji. Biasanya redundancy data disebabkan oleh kesalahan input staf HR. Tentunya hal ini menyebabkan karyawan memperoleh gaji yang tak sesuai dan menimbulkan prasangka buruk dari sisi karyawan atas kredibilitas perusahaan dalam memberikan hak karyawan.

Sistem yang terintegrasi pada Aplikasi Absensi dan Aplikasi HR terbaik bisa melewati semua masalah penggajian bulanan dengan cara yang seefisien mungkin. Seperti yang dijelaskan di atas, gaji karyawan dipengaruhi oleh data jam kehadiran karyawan. Data kehadiran pada Aplikasi Absensi akan terhubung secara otomatis dengan Aplikasi HR sesuai dengan masing-masing karyawan, sehingga staf HR tak perlu bolak-balik membuka dokumen untuk memastikan data kehadiran karyawan.

Seluruh data akan diproses melalui beberapa tahapan otomatis. Kemudian gaji akan ditransfer ke rekening bank masing-masing karyawan dengan tepat waktu. Jadi, karyawan mampu bekerja dengan fokus tanpa perlu risau apakah mereka akan gajian tepat waktu atau tidak. Lagi-lagi digitalisasi HR mempermudah banyak pihak untuk bekerja lebih optimal.

Kesimpulan

Digitalisasi tak akan terpisahkan selama dunia masih terus berkembang. Perusahaan pun lebih paham betapa pentingnya teknologi dan digitalisasi. Selain mempermudah kinerja HR, karyawan turut diuntungkan dengan kemudahan dalam melakukan absensi dan menerima gaji tepat waktu. Maka, tak ada lagi keraguan perusahaan untuk beralih dari proses manual menuju digitalisasi HR melalui Aplikasi Absensi dan Aplikasi HR terbaik untuk bisnis yang lebih optimal.

Post a Comment for "Sinergi Aplikasi Absensi dan Aplikasi HR Terbaik untuk Digitalisasi HR"