Mengenal Tambunsu Kuliner Khas Sumbar


Berkunjung ke Sumatera Barat (Sumbar) tentunya belum lengkap rasanya, jika tidak menikmati kuliner khas Minangkabau. Karena di sini, banyak sekali makanan khas yang dapat dinikmati dengan berbagai jenis olahan makanan dari berbagai bahan-bahan makanan. Salah satu makanan khas Minangkabau bernama Tambunsu. Tambunsu adalah jenis lauk-pauk dari Minangkabau, yang banyak disediakan di rumah makan di Sumatera Barat ini.

Tambunsu, mungkin agak asing terdengar di telinga Anda. Tetapi, Tambunsu sebenarnya jenis kuliner Minang yang sederhana, namun diolah dengan rasa yang nikmat di lidah dan cocok untuk wisatawan yang datang ke Minangkabau ini. Tambunsu ini diolah dengan menggunakan bahan utama yaitu usus sapi. Jadi, usus sapi yang terkadang di sebagian daerah dibuang begitu saja, di tangan orang Minang diolah menjadi makanan yang lezat. Usus sapi di diolah bersama telur ayam dan santan kelapa yang kental, serta bisa ditambah dengan tahu, sebagai pelengkap bahan olahan Tambunsu.
Proses pengolahan tambunsu juga tidak ribet, karena dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan Anda bisa mengolahnya sendiri di rumah. Tambunsu memiliki cita rasa khas dengan gulai dari Minangkabau. Tambunsu yang telah dibersihkan, dimasukkan ke dalamnya isi berupa telur atau tahu dan diracik dengan bumbu-bumbu khasnya. Dan berikut proses pembuatannya.
sumber : www.saribundo.biz 

Bagaimana tertarik mengolah makanan khas Sumatera Barat yang satu ini ? silahkan coba saja diolah di rumah, namun jika masih penasaran bagaimana rasanya tambunsu, namun tidak mau repot mengolah makanan yang satu ini, Anda dapat berkunjung ke Sumbar dan temui di rumah makan yang ada di sini.


Untuk diketahui juga, bahwa tambunsu umumnya banyak disediakan di rumah makan nasi kapau, nasi kapau merupakan salah satu sajian makanan terkenal dari kabupaten Agam, yaitu dari Nagari Kapau. Di mana daerah ini, selalu menyajikan makanan yang lezat dengan cita rasa asli tradisional. Pada menu nasi kapau Anda dapat menemukan makanan asli dari Minang khususnya dari daerah Agam.

Tambunsu dapat dibeli dengan harga terjangkau antara Rp.10.000/porsi - Rp.25.000/porsi, tergantung di mana Anda membelinya. Tempat, cita rasa dan ketenaran rumah makan yang menyediakannya, salah satu faktor pembeda harga antara mereka yang menyediakan tambunsu ini.

Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form