Perguruan Tinggi di Indonesia dengan Jurusan Mode dan Fashion

Fashion dan mode merupakan salah satu bagian kehidupan yang pasti akan turut berkembang seiring dengan perkembangan jaman. Kebutuhan fashion dan mode yang terus berubah menuntut setiap pelaku industri mode dan fashion juga harus mengikuti arus perkembangan trend. Fashion dan mode pada dasarnya merupakan selera masing-masing orang.

Perguruan Tinggi di Indonesia dengan Jurusan Mode dan Fashion

Namun, dalam penciptaan dan pengembangannya tentu dibutuhkan sebuah ketrampilan. Karena itu jangan heran jika ada sekolah yang memang khusus untuk mode dan fashion.

Seperti juga beberapa perguruan tinggi berikut yang secara khusus memberikan pembelajaran tentang mode dan fashion, bahkan masuk sebagai jurusan atau kejuruan yang bisa dipilih.

Daftar Perguruan Tinggi yang Memiliki Jurusan Berkaitan dengan Fashion 

Jika kebanyakan orang tahu sekolah fashion atau perguruan tinggi dengan jurusan fashion dan mode hanya ada di luar negeri seperti Paris, maka di Indonesia pun ada. Berikut iniadalahdaftarnya.

1. Institut Seni Indonesia Denpasar 

Selama ini Anda mengenal Institut Seni Indonesia hanya menghasilkan lulusan seniman-seniman berbakat? Anda salah, karena di Institut Seni Indonesia juga menghasilkan lulusan di bidang fashion dan mode.

Tepatnya di Institut Seni Denpasar, secara khusus terdapat jurusan Fashion Desain untuk jenjang pendidikan D4 atau yang setara dengan S1.

Jurusan ini sendiri masuk dalam naungan Fakultas Seni Rupa dan Desain. Materi perkuliahan yang diberikan sudah pasti seputar fashion, baik itu teknik dasar hingga bisnis fashion. Cocok untuk Anda yang benar-benar memiliki pasion di bidang ini.

2. OSMED 

Selanjutnya ini memang sebuah sekolah khusus fashion yang berasal dari negeri Perancis. Sekolah ini bahkan sudah melahirkan banyak sekali desainer Indonesia dengan karya yang diapresiasi di seluruh dunia. Sebut saja misalnya Oskar Lawalata, Dian Pelangi dan beberapa desainer terkenal lainnya.

Baca Juga : Ingin Ahli Bahasa Inggris dan Pertanian, Masoem University Kampusnya

Selama menjalani pendidikan di sekolah ini, setiap siswanya akan ditawarkan beberapa program yang sama, sesuai keahlian atau keinginan masing-masing.

3. Institut Seni Indonesia Yogyakarta

Lembaga pendidikan tinggi selanjutnya yang juga menawarkan beberapa jurusan yang berkaitan dengan mode dan fashion adalah Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

Sama seperti institut seni lainnya, universitas khusus seni ini memang mayoritas terdiri dari jurusan-jurusan seni baik seni tradisional maupun seni kontemporer.

Sedangkan untuk jurusan yang berkaitan dengan mode dan fashion adalah jurusan Batik dan Fashion dengan jenjang pendidikan D3. Mata kuliah yang diajarkan beberapa diantaranya juga berhubungan dan mempelajari tentang batik.

4. Sekolah Tinggi Desain La Salle

Selanjutnya ada Sekolah Tinggi Desain La Salle yang juga merupakan salah satu perguruan tinggi di Indonesia dengan jurusan yang berkaitan dengan fashion dan mode.

Di perguruan tinggi yang berlokasi di Jakarta ini, ada total dua jurusan yang berkaitan dengan fashion, yaitu Fashion Desain dan Fashion Merchandising. Kedua jurusan ini juga sudah mendapatkan akreditasi B dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BANPT).

Masih ada lebih banyak lagi lembaga pendidikan non formal maupun formal yang memberikan pembelajaran tentang mode. SepertiStoriemisalnya, meluncurkan Storie app yang berfokuspada tutorial kecantikanserta fashion.

Walaupun begitu, kebanyakan diantaranya memang merupakan sekolah khusus desain dan fashion.

Meskipun berhubungan dengan passion dan selera setiap orang, untuk membuat produk fashion yang berkualitas tentu dibutuhkan pendidikan sebagai dasarnya.

Karena itu lembaga atau perguruan tinggi yang menawarkan jurusan di bidang fashion dan mode ini adalah jawaban terbaiknya. Meskipun tidak banyak dan tidak seterkenal sekolah khusus fashion seperti yang ada di luar negeri, setidaknya lembaga tinggi ini bisa menjadi tempat bagi Anda yang ingin mempelajari tentang fashion dan mode dengan lebih profesional.

0 Response to "Perguruan Tinggi di Indonesia dengan Jurusan Mode dan Fashion"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel