Dua Rakaat Shalat Dhuha Merupakan Sedekah Setiap Pagi

Allah SWT, dalam beberapa ayat bersumpah dengan waktu dhuha. Dalam pembukaan surat ASy-SYam Allah Berfirman :  " Demi matahari dan demi waktu dhuha ". Bahkan ada surat dalam Al-Qur'an diberikan nama Surah Ad-Dhuha.
Dua Rakaat Shalat Dhuha Merupakan Sedekah Setiap Pagi

Pada pembukaannya surah Ad-dhuha, Allah berfirman " Demi waktu dhuha. Imam Arrazi menerangkan bahwa Allah SWT setiap bersumpah dengan sesuatu, itu menunjukkan hal yang sangat agung dan besar manfaatnya. Bila Allah bersumpah dengan waktu dhuha, berarti waktu dhuha adalah waktu yang sangat penting. Benar, waktu dhuha adalah waktu yang sangat penting diantara do'a Rasullullah SAW diwaktu dhuha, " Ya Allah berilah keberkahan kepada umatku diwaktu dhuha ".


Ini menunjukkan bahwa orang-orang yang aktif dan bangun waktu pagi ( shubuh dan dhuha ) untuk beribadah kepada Allah dan mencari berkah serta nafkah yang halal. Sebaliknya mereka yang terlena dalam mimpi-mimpi dan tidak sempat shalat shubuh pada waktunya, ia tidak kebagian keberkahan waktu dhuha itu.

Abu dzar meriwayatkan sebuah hadits, Rasulullah SAW bersabda : " Bagi tia-tiap anggota tubuh kalian hendaklah dikeluarkan sedekah baginya setiap pagi. Satu kali membaca Tasbih ( Subhanallah ) adalah sedekah, satu kali membaca Tahmid ( Alhamdulillah ) adalah sedekah, satu kali membaca Takbir ( Allahu Akbar ) adalah sedekah, menyuruh berbuat baik adalah sedekah, dan mencegah kemungkaran adalah sedekah, dan semua itu bisa diganti dengan dua rakaat Dhuha " ( HR. Muslim )

Maka untuk itu terkait dengan waktu dhuha ada amalan yang barangkali sering terabaikan oleh kita yakni shalat sunnah dhuha, penting untuk kita laksanakan. selain untuk perihal rezeki ia juga penting sebaga sumpah Allah dalam Al-Qur'an. Maka, sungguh bahagia orang beriman yang memulai waktu dhuha ( paginya ) dengan shalat shubuh dan shalat dhuha.

Shalat dhuha merupakan shalat sunnah dhuha yang dikerjakan pada waktu dhuha. Waktu dhuha adalah waktu dimana matahari terbit kurang lebih 7 hasta hingga terasa panas menjelang shalat zuhur. Sekitar pukul 7 pagi sampai pukul 11 pagi, tentunya setiap daerah berbeda tergantung posisi matahari pada daerah masing-masing. Shalat dhuha paling utama dikerjakan pada seperempat kedua dalam sehari, atau sekitar pukul 09.00 pagi, Shalat dhuha dikerjakan sendiri tanpa berjamaah. 

Artikel Berhubungan

Artikel Menarik Lainnya

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.