Kisah Sedekah Menyembuhkan Penyakit Menahun

- 15.15
Abdullah bin Mubarak adalah seorang tabi'in ( generasi ulama yang hidup sesudah sahabat Nabi ) yang lahir pada tahun118 Hijriyah. Ia terkenal dengan ilmu, kezuhudan dan kedermawanannya. Dialah ulama tempat orang-orang bertanya sekaligus mencari solusi pada zamannya.
Kisah Sedekah Menyembuhkan Penyakit Menahun

Seperti pada suatu hari, seseorang yang telah telah menderita penyakit  selama bertahun-tahun bertanya kepada Abdullah bin Mubarak " Wahai Abdullah, borok dilututku telah berusia tujuh tahun, aku telah mengobatinya dengan berbagai macam obat dan mendatangi berbgai macam tabib, tetapi semua usahaku belum berhasil, " lantas adakah solusi dari padamu wahai ulama, tanya orang itu penuh harap.

Lalu diberikanlah solusi oleh Sang Ulama : " pergilah engkau ketempat dimana manusia membutuhkan air, " lalu buatlah sumur disana. Aku berharap muncul mata air di sana dan borokmu tidak lagi mengeluarkan darah dan nanah.

Orang itu pun mengikuti saran Ibnu Mubarak, Ia lalu mencari daerah yang penduduknya kekurangan air. Ia buatkan sumur untuk mereka, ajaibnya tidak lama setelah yang dilakukan orang yang terkena penyakit bertahun itu akhirnya sembuh.

Syech Aidh Al Qarni menjelaskan : Jangan heran, wahai saudaraku yang mulia yang mulia, Rasulullah SAW telah menjelaskan dalam sabdabya : 

" Obatilah orang-orang yang skit diantara kalian dengan sedekah ( HR. Baihaqi dan Tabrani )

DAlam Hadits lain : " Sesungguhnya sedekah dapat memadamkan kemurkaan Allah SWT ( HR. Tirmidzi ia menghasankannya )

Dari kisah diatas dapat kita renungkan, jika ditimpa penyakit yang tak kunjung sembuh padahal sudah berobat kesana sini. Mungkin kita sudah mengundang murka Allah karena selalu berbuat kesalahan dan dosa.

Memiliki banyak harta tapi melupakan sedekah, berbagi kepada orang yang membutuhkan akhirnya berangsur-angsur harta yang banyak yang dimiliki berangsur-angsur habis karena mengobati penyakit keberbagai dokter, namun sakit yang diderita tidak kunjung sembuh.

Koreksi diri adalah hal yang paling utama, memperbaiki setiap kesalahan yang dilakukan dan meningkatkan amalan baik, lebih memperhatikan lagi tentang harta bahwa setiap harta yang kita miliki ada bagian fakir miskin.

Semoga kisah ini menjadikan pelajaran bagi kita betapa sedekah itu mampu memberikan manfaat yang luar biasa untuk kita.     

Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search