Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kiri dan Penanganannya

Sakit pinggang adalah kondisi dimana tubuh mengalami rasa nyeri. Letak nyeri ini tepat berada di bagian pinggang. Nyeri pada sakit pinggang tentu bisa ditimbulkan oleh berbagai factor. Dalam melihat suatu kondisi, tentu perlu diperhatikan secara seksama. Perlu adanya pengamatan lebih tentang factor penyebab sakit pinggang bisa terjadi. Berikut penyebab sakit pinggang sebelah kiri dan penanganannya antara lain:

1. Aneurisma aorta perut

Ini adalah pembesaran aorta yang mengancam jiwa, pembuluh darah utama yang memasok darah ke perut. Hal ini dapat menyebabkan rasa sakit di seluruh perut atau punggung bagian bawah. Sementara ekspansi bertahap dapat menyebabkan nyeri tumpul, kebocoran atau pecah tiba-tiba dikaitkan dengan rasa sakit yang parah pada pinggang dan seringkali tajam serta menimbulkaan tanda-tanda syok. Hal ini mungkin berasal dari bagian lain dari tubuh dan menyebar ke belakang. Nyeri punggung bawah kronis dapat menjadi gejala kanker testis, ovarium, atau usus besar. Aneurisma aorta perut juga dapat diidentifikasi lebih cepat dengan menggunakan CT Scan. Gejala ini terjadi dan memiliki ciri – ciri yakni sakit pinggang sebelah kiri.

2. Ketegangan pinggang (keseleo)

Strain didefinisikan sebagai cedera memutar, menarik, atau robek pada otot atau pada tendon yang menghubungkan otot ke tulang. Keseleo adalah cedera pada ligamen yang menghubungkan dua tulang bersama-sama. Strain mungkin akut terjadi tiba-tiba atau kronis muncul secara bertahap. Gejala ini biasanya disebabkan oleh penggunaan berlebihan, pengangkatan benda berat yang tidak tepat atau olahraga. Kelebihan berat badan atau memiliki otot punggung yang lemah merupakan faktor risiko cedera punggung. Gejala mungkin termasuk letupan atau robekan pada saat cedera, rasa sakit yang lebih buruk saat bergerak dan kram atau kejang otot tiba-tiba di lokasi cedera.

3. Batu ginjal

Batu ginjal terbentuk ketika urin tidak dapat mengencerkan elemen pembentuk kristal seperti kalsium dengan cukup cepat atau ketika urin tidak mampu mencegah kristal bergabung untuk membentuk batu yang lebih besar. Nyeri dari batu ginjal mungkin disebabkan oleh batu yang bergerak di dalam ginjal atau ketika batu berjalan melalui ureter, tabung yang menghubungkan kandung kemih ke ginjal di setiap sisi. Batu ginjal dapat menyebabkan nyeri punggung bawah kiri yang mengerikan, serta buang air kecil yang menyakitkan, ketidakmampuan untuk buang air kecil, mual, muntah, dan darah dalam urin. Jika Anda benar-benar dapat melihat darah dalam urin , itu dikenal sebagai hematuria makroskopik. Batu ginjal bisa mempengaruhi urin dan ini tidak dapat dilihat dengan mata telanjang yang secara medis disebut hematuria mikroskopis.

4. Pankreatitis

Pankreas menghasilkan insulin untuk mengatur gula dalam aliran darah dan juga membuat enzim pencernaan untuk memecah makanan. Pankreatitis dapat disebabkan oleh banyak faktor termasuk obat-obatan tertentu seperti laktase untuk intoleransi laktosa. Ditandai dengan nyeri pinggang tumpul di sisi kiri bawah yang sering bertambah parah saat makan, terutama setelah mengonsumsi makanan tinggi lemak

5. Infeksi ginjal

Ginjal terletak di area sayap kanan dan kiri ke arah belakang pada tubuh. Infeksi ginjal mulai di tempat lain di sistem kemih seperti di kandung kemih dan berkembang ke ginjal. Biasanya bila tidak diobati atau tidak diobati dengan antibiotic akan menimbulkan reaksi sakit pinggang yang terletak di bagian kiri. Gejala lain dari infeksi ginjal selain sakit pinggang yakni meliputi Mual, muntah dan buang air kecil yang menyakitkan hingga demam.

6. Kondisi ginekologi

Beberapa kondisi ginekologi dapat menyebabkan nyeri pinggang kiri bawah. Selain menstruasi dan ovulasi yang dapat menyebabkan nyeri pinggang kiri yang dapat diprediksi dan bersifat sementara. Fibroid dan endometriosis juga dapat menyebabkan nyeri sisi bagian bawah. Endometriosis adalah ketika jaringan rahim berlebih tumbuh di luar rahim. Ini biasanya melibatkan sakit perut, siklus menstruasi yang menyakitkan, dan kelelahan. Fibroid adalah lesi jinak yang tumbuh di dalam rahim yang juga menyebabkan sering buang air kecil, hubungan seksual yang menyakitkan dan menstruasi yang tidak normal.

7. Kehamilan

Kehamilan dapat menyebabkan nyeri punggung bagian bawah, terutama saat janin tumbuh dan menarik tubuh ibu. Posisi bayi juga bisa menyebabkan rasa sakit, seperti tangan dan kaki kecil atau kepala bayi menekan bagian belakang rahim. Kekuatan inti yang buruk, aktivitas berlebihan, alas kaki yang tidak mendukung dan berdiri dalam waktu lama dapat memicu atau memperburuk nyeri punggung kiri bawah. Saat kontraksi dimulai sebelum melahirkan, nyeri punggung juga bisa terjadi.

8. Dengan mengkonsumsi cukup kalsium

Kalsium adalah kunci untuk gigi dan tulang yang kuat. Dengan mendapatkan cukup kalsium bersama dengan vitamin D dapat meredakan sakit pinggang yang disebabkan oleh kondisi yang mempengaruhi massa dan kekuatan tulang seperti osteoporosis. Tergantung pada usia, kebanyakan orang dewasa harus mendapatkan antara 1.000 dan 1.200 mg kalsium per hari dan antara 600 dan 800 unit internasional vitamin D per hari. Kebanyakan pasien tidak boleh mendapatkan lebih dari 2.000 mg kalsium sehari karena terlalu banyak kalsium dapat menyebabkan masalah jantung dan meningkatkan risiko patah tulang. Jika merasa sulit untuk mendapatkan cukup kalsium, bicarakan dengan segera dokter ahli. Dokterr  dapat meresepkan suplemen kalsium atau vitamin yang direkomendasikan terhadap pemulihan sakit pinggang.

Pemulihan sakit pinggang bisa dilakukan dengan rutin minum obat dan berolahraga. Makan makanan yang bergizi juga bisa memperbaiki sakit pinggang sebelah kiri. Selalu rutin untuk konsultasi dengan dokter pribadi menjadi sangat penting untuk mengetahui secara detail. Konsultasi secara online dengan cara download di sini dengan mudah.


Post a Comment for "Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kiri dan Penanganannya"