Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Memilih dan Bermain Game Online Gratis

Image by : Pixabay

Game online saat ini adalah suatu kegemaran baru bagi seseorang, mulai dari anak-anak sampai pada orang dewasa sangat menyukai bermain game online, game online dapat dilakukan dengan santai baik di rumah ataupun di tempat kerja, di sela-sela kesibukan beraktivitas. Namun ingat, kecanduan game online tanpa kontrol dapat berakibat buruk pada seseorang, untuk itulah bagi Anda pencinta game online dapat meminimalisir dampak negatif itu dengan bermain game secara sehat dan punya aturan sendiri.

Banyak sekali game online yang tersedia baik itu melalui aplikasi seluler, melalui situs web maupun melalui aplikasi berbasis offline yang disediakan oleh penggiat produksi game tersebut. Setiap hari ada puluhan bahkan ratusan game online terbaru yang muncul dan dapat dimainkan, baik itu berbayar maupun secara gratis.

Bahkan di negara di dunia ini, pendapatan dari game cukup fantastis. Dilansir dari salah satu situs populer ada Top 100 Countries by Game Revenues. Menurut Survei Penggunaan Waktu Amerika, orang Amerika menghabiskan rata-rata 15 menit setiap hari untuk bermain game. Itu lebih banyak daripada waktu yang dihabiskan orang Amerika untuk berjalan-jalan, berbelanja bahan makanan, atau mengelola keuangan mereka.

Industri game berkembang pesat. Setiap produsen ingin melibatkan sebanyak mungkin pengguna dan menawarkan grafik realistis, peluang baru, dan tugas untuk memanfaatkan pertumbuhan eksplosif dalam antarmuka game yang dimungkinkan oleh Internet dan ponsel cerdas. Produsen juga meningkatkan pendapatan dengan beralih dari model bayar-untuk-bermain satu kali ke pengalaman bermain game yang dinamis berdasarkan pembayaran kecil reguler oleh para gamer untuk fitur-fitur baru.

Baca Juga : 5 Cara Mudah Mengatasi Stress

Bagi Anda yang memiliki anak yang masih dalam usia pelajar, sebaiknya memperhatikan dan mengontrol mereka selalu dalam bermain game, jangan sampai waktu mereka terbuang sia-sia sepanjang hari dengan bermain game saja, lupa dengan tugas utama yaitu belajar. Tidak hanya bagi anak-anak, bagi orang dewasa yang suka bermain game pun perlu memperhatikan hal-hal berikut, agar bermain game mendapatkan manfaat yang lebih baik ketimbang dampak negatifnya.

1. Bermain Game Online Tidak Lupa Waktu

Banyak orang yang kecanduan game hingga lupa waktu, waktu belajar, waktu bekerja maupun waktu istirahat, sehingga hal ini disebut sebagai dampak buruk bagi orang yang kecanduan game, tidak masalah Anda hobi bermain game, karena hobi itu mendatangkan kepuasan tersendiri bagi pelakunya.

Namun, jika sampai melupakan waktu dan terlalu banyak menghabiskan waktu sia-sia karena game, hal ini justru menjadikan kerugian tersendiri bagi Anda. Waktu produktif melakukan banyak hal terbuang sia-sia, karena tidak bisa memanfaatkan waktu sebaik-baiknya. Maka agar bermain game itu tidak menjadi sia-sia, manfaatkan waktu sebaik-baiknya, bermainlah saat waktu senggang Anda dan tidak terlalu lama di depan layar untuk bermain game tersebut.

2. Bermain Game Online Tetap Menjaga Kesehatan 

Bermain atau beraktivitas apa saja, jika Anda lakukan secara berlebihan maka akan berdampak pada memburuknya kesehatan. Misalnya sudah waktunya tidur, namun tetap juga melanjutkan bermain game online, maka hal ini tidak baik untuk kesehatan Anda. Dalam hidup ini kesehatan tentunya hal utama, jika sudah sakit jangankan bermain game, makanpun menjadi tidak enak.

Untuk itulah bagi pencinta game, perlu sekali Anda perhatikan kapan waktunya bermain game online, kapan waktunya untuk istirahat, mata butuh istirahat jangan biarkan ia lelah karena menatap layar secara terus menerus, tubuh butuh istirahat karena aktivitas harian kita yang rutin.

3. Menghindari Game Online yang Berbahaya

Karena begitu banyaknya game yang tersedia, terkadang ada saja pihak-pihak pencipta game yang tidak baik/berbahaya. Sehingga hal ini berdampak pada perilaku, kebiasaan atau bahkan kecenderungan melakukan hal-hal yang tidak wajar.

Bagi Anda ataupun orang terdekat Anda yang hobi bermain game, perhatikan perilaku sehari-harinya barangkali ada hal-hal aneh yang terjadi pada dirinya setelah kecanduan bermain game, ini artinya ia telah bermain game yang berbahaya.

Seperti dilansir dari situs India yang berjudul “ 5 Dangerous Online Games That Have Driven Teenagers To Self-Harm And Even Suicide”. Dalam artikel tersebut diberitakan bahwa “Anak-anak yang memainkan permainan ini sering kali cenderung melukai diri sendiri, bunuh diri, dan berbagi foto eksplisit secara online. Kepekaan dan kecerdasan orang tua perlu duduk di lingkungan mereka dan berbicara dengan mereka tentang tren online yang mengerikan ini”.

Baca Juga : Tips Membeli Pakaian di Toko Online

Di atas hanyalah sebagian kecil contoh anak yang bermain game berbahaya tersebut, dampaknya sangat tidak baik untuk perkembangan mental dan emosi mereka, selaku orang tua kita tidak menginginkan hal ini terjadi pada anak-anak kita, selalu dampingi dan arahkan mereka yang suka bermain game online.

4. Bermain Game Online Pilihan

Saat ini tentu banyak sekali media bermain game online di internet, Anda tentunya harus memilih layanan atau penyedia game online itu sendiri, jika banyak sekali game online yang diinstal di smartphone Anda, tentunya akan berakibat gadget Anda terasa berat digunakan, apalagi bagi yang memiliki gadget dengan kapasitas memori terbatas.

Belum lagi jika menggunakan game online yang di dalamnya kita harus membayar untuk bisa melanjutkan permainan dalam game tersebut, memilih game online gratis adalah pilihan yang tepat. Sebenarnya banyak sekali layanan penyedia game online gratis yang dapat Anda mainkan.

Seperti yang saya temukan pada situs plays.org di sini permainan game onlinenya gratis, sehingga Anda hanya perlu mempersiapkan kuota internet, karena bermain game secara online yang dibutuhkan data internet.

Salah satu contoh Minigolf World, Fun but challenging minigolf game. Permainan game yang santai tapi menantang skill Anda, ini hanyalah salah satu game yang tersedia secara gratis di sini, tentunya Anda bisa memilih lebih banyak game lainnya. Asyiknya, bermain game di sini tak perlu mengunduh aplikasinya, karena cukup dengan membuka situsnya kita bisa menemukan ratusan game yang tersedia dan pilih sesuai selera Anda. Terlebih bermain game online di sini, tidak butuh mendaftar dan login langsung dapat dimainkan.

Itulah sedikit Tips Memilih dan Bermain Game Online Gratis, semoga hal ini bermanfaat bagi pencinta game online sejati.

Post a Comment for "Tips Memilih dan Bermain Game Online Gratis"