Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Siklus Menstruasi dan Masa Subur

Bagi seorang wanita yang sudah masuk masa pubertas, hal pertama yang menjadi ciri-cirinya adalah mengalami haid/menstruasi. Hal ini terjadi setiap sebulan sekali terhadap wanita, siklus menstruasi yang teratur adalah 21 hari hingga 35 hari. Artinya, setiap maksimal 35 hari sekali seorang wanita akan mengalami menstruasi.

Dikatakan normal menstruasi seseorang bukan berarti setiap tanggal yang sama ia akan mengalami menstruasi. Umumnya menstruasi itu akan terjadi mundur atau bahkan maju dari tanggal bulan sebelumnya. Lamanya pun beragam, tergantung kondisi wanita itu masing-masing, namun menstruasi itu lamanya dialami oleh seorang wanita adalah antara 2-7 hari.

Bagi Anda seorang wanita yang belum mengetahui apakah siklus menstruasi Anda termasuk normal ataupun tidak, maka penting kiranya untuk mengetahui perbedaan siklus normal dan siklus tidak normal. Hal ini bertujuan agar Anda dapat tidak sepele dengan kesehatan organ intim yang satu ini. Karena jika tidak normal bisa jadi ada suatu hal yang tidak beres terjadi pada diri Anda.

Siklus menstruasi yang normal ditandai dengan jumlah hari waktu datangnya haid di hari pertama dan hari pertama pada bulan berikutnya itu tidak jauh berbeda yakni antara 21-35 hari. Lamanya haid itu sendiri juga perlu menjadi perhatian, antara 2-7 hari adalah jumlah hari haid pada umumnya, jika lebih daripada itu perlu diwaspadai.

Bagi Anda wanita yang mengalami haid pertama kali, tentunya akan merasa panik jika siklus haidnya menjadi panjang, hal ini ternyata wajar terjadi saat tahun-tahun pertama haid, siring bertambahnya usia Anda siklus lebih singkat dan menjadi normal.

Siklus menstruasi tidak normal ditandai dengan terjadinya haid lebih daripada waktu umumnya, bahkan terkadang sampai 3 bulan baru mengalami haid berikutnya. Selain itu beberapa hal di bawah ini juga menunjukkan bahwa siklus haid Anda tidak normal.

1. Melebihi dari 21-35 hari ataupun kurang dari 21 hari.
2. Melewati 3 siklus menstruasi berturut-turut
3. Lamanya menstruasi lebih lama dari 7 hari
4. Terjadinya sakit yang luar biasa saat menstruasi.

Ada beberapa penyebab siklus menstruasi menjadi tidak normal, seperti :

1. Kenaikan/penurunan berat badan yang yang drastis

Jangan salah, ternyata pengaruh berat badan juga dapat memicu terjadi haid yang tidak normal. Hal ini dapat terjadi akibat berat badan yang secara tidak langsung memengaruhi sekresi hormon pada kelenjar di dalam otak yang berfungsi mengatur metabolisme.

Dengan demikian agar haid Anda tetap normal, maka penting menjaga berat badan agar stabil dan tidak mengalami kenaikan/penurunan yang tiba-tiba drastis.

2. Hormon yang tidak seimbang

Baca Juga : Nutrisi Penting Bagi Ibu Hamil

Hormon yang tidak seimbang adalah menjadi penyebab utama Siklus menstruasi mejadi tidak normal. Ada beberapa penyebab hormon seseorang menjadi tidak seimbang, yaitu terkait dengan pubertas, melahirkan atau menopause.

Hal di atas dapat menyebabkan adar estrogen dan progesteron yang masih sangat berubah-ubah kadarnya, sehingga jadwal datangnya menstruasi menjadi terlambat dan tidak teratur setiap bulannya.

3. Sindrom ovarium polikistik (PCOS)

Adanya kelebihan hormon laki-laki pada seorang wanita menjadi penyebab PCOS. Kondisi ini menjadi pemicu adanya kista di ovarium yang menyebabkan wanita sulit melepas sel telurnya setiap bulan dan haid menjadi tidak teratur. 

Bagi wanita yang sudah bersuami, siklus menstruasi tidak normal mejadikan ia sulit untuk hamil. Penyebab sulitnya hamil juga beragam, seperti adanya penyakit di bagian rahim, tidak mengetahuinya masa subur untuk melakukan hubungan dan lainnya.

Bagi yang memang sulit mengatasi siklus menstruasi yang tidak teratur ini, tentu perlu mengetahui bagaimana caranya agar bisa cepat hamil dengan mengetahui kapan masa subur ia datang ? setidaknya untuk mengetahui kapan masa subur itu datang, berikut kami sajikan rumusnya :

Perhitungan Masa Subur dengan Rumus Neagle

Misal, siklus haid dalam tiga bulan adalah 36, 37, dan 40. Jumlahkan ketiganya dan ambil nilai rata-rata. Untuk mendapatkan masa subur, nilai rata-rata harus dikurangi 14.

Jumlah siklus haid dalam tiga bulan: 35 + 36 + 40 = 111
Nilai rata-rata: 111 : 3 = 37
Masa subur: 37 - 14 = 23

Artinya masa subur Anda yang mengalami siklus haid tidak teratur seperti di atas adalah di hari ke-23.

Bagi Anda yang belum menemukan jawaban dari permasalahan Anda terkait Menstruasi yang tidak teratur atau tidak normal, maka tidak perlu khawatir, jika saat ini masih takut ke dokter atau tidak sempat ke rumah sakit untuk memriksakan diri terkait keluhan Anda. Dapatkan informasi seputar kesehatan yang lengkap di situs dan aplikasi halodoc saja.

Halodoc yang berbasis web dan aplikasi ini, memudahkan Anda untuk memeriksakan diri lebih dini terkati penyakit Anda, dapat menggunakan fasilitas chat dokter yang ada di platform satu ini. 

Selain itu bagi Anda yang membutuhkan produk kesehatan bisa juga membelinay di halodoc ini, tidak kalah menariknya bagi Anda yang ingin berobat ke dokter tertentu, di halodoc juga dapat membuat janji terlebh dahulu, baik itu check up dan berobat.

masih banyak fasilitas di halidoc ini, bahkan saat ini Anda sudah bisa membuka asuransi di platform kesehatan yang sudah digunakan oleh jutaan user ini, selengkapnya Anda bisa langsung download aplikasinya atau buka situsnya di https://www.halodoc.com/.

Demikianlah informasi mengenai siklus menstruasi dan masa subur ini, semoga bermanfaat bagi pembaca semuanya.

Sumber :

https://www.halodoc.com/ 
https://www.emc.id/id/
https://www.haibunda.com/

Post a Comment for "Siklus Menstruasi dan Masa Subur"