Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Tips Memulai Bisnis dari Rumah

Anda berencana untuk memulai bisnis Anda sendiri. Atau setidaknya Anda memimpikan ini. Dalam hal ini, memulai bisnis rumahan adalah ide yang bagus menurut saya. Namun, saya harus segera menyatakan bahwa hal ini tentu saja tidak mungkin dilakukan untuk setiap jenis perusahaan.

Jika Anda fokus menghasilkan uang secara online, tentu saja Anda dapat melakukannya dari rumah. Namun, memulai toko akan lebih sulit.

Tips kami untuk memulai bisnis dari rumah. Jalanan bisnis rumahan biasanya tidak menjadi masalah. Namun, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. 

1. Pastikan Anda memiliki izin yang benar

Anda tidak bisa begitu saja memulai bisnis apa pun dari rumah. Rumah tidak selalu dapat digunakan untuk tujuan bisnis. Untuk beberapa perusahaan Anda membutuhkan izin.

Baca Juga : 6 Bisnis Rumahan Tanpa Modal yang Bisa Anda Coba

Ini bisa berupa izin dari pemerintah kota, apakah perusahaan Anda sesuai dengan rencana zonasi atau tidak. Misalnya, jika Anda mulai bekerja dengan makanan, izin dari otoritas makanan dan komoditas dapat ditambahkan. Pastikan untuk memeriksanya dengan cermat. Karena tentunya sangat menjengkelkan jika Anda sebagai seorang pengusaha pemula baru saja memulai perusahaan Anda dan Anda mendapatkan sebuah organisasi yang bahkan mungkin akan menutup perusahaan Anda.

Kondisinya seringkali berbeda di setiap kota. Selalu periksa dengan kota setempat Anda dan jangan bergantung pada informasi umum yang Anda temukan di internet. Jika ada asosiasi pemilik di mana rumah Anda berada, sebaiknya periksa juga di sini apakah Anda dapat menggunakan rumah Anda untuk bisnis dari rumah.

2. Luangkan waktu untuk membuat rencana bisnis yang baik

Ini adalah sesuatu yang seringkali dianggap terlalu mudah. Seseorang memiliki ide bagus dan segera mengimplementasikannya. Namun, meskipun menurut Anda itu adalah ide yang bagus dan itu benar-benar ide yang bagus, yang penting adalah apa yang dipikirkan pelanggan.

Ini hanyalah salah satu contoh mengapa Anda harus menyiapkan rencana bisnis. Dalam rencana seperti itu, Anda memetakan pasar, pesaing Anda, keuntungan yang Anda tawarkan kepada pelanggan, kebutuhan investasi, dan banyak lagi.

Baca Juga : Jangan Sampai Tertipu! Ini Tips Memastikan Pinjaman Online yang Terpercaya dan Aman

3. Bentuk hukum perusahaan

Ini adalah pilihan penting sehubungan dengan kewajiban. Apakah Anda memilih kepemilikan perseorangan, atau kemitraan umum? Ini juga dapat membuat perbedaan besar pada pajak yang harus dibayar. Misalnya, jika Anda memilih kemitraan umum, Anda dapat berbagi keuntungan yang diperoleh dengan mitra dan dengan cara ini mungkin mengurangi beban pajak.

4. Sediakan tempat kerja yang baik

Jangan hanya duduk di meja dapur dan memulai bisnis Anda di sana. Rumah Anda tidak akan terasa seperti rumah Anda lagi. Ini seperti tinggal di kantor Anda. Cukup pesan kamar terpisah untuk perusahaan Anda. Dengan begitu, Anda dapat bekerja lebih tenang dan Anda tidak akan merasa terus-menerus berada di kantor.

Anda juga dapat mempertahankan gambaran umum yang lebih baik dari semua dokumen yang Anda butuhkan dengan cara ini dan mengarsipkannya dengan rapi. Anda juga dapat mengurangi sebagian biaya ruang kerja untuk keperluan pajak. Ini terutama hal-hal yang Anda beli murni untuk perusahaan Anda.

5. Segera mulai membuat akun

Sebagai wirausahawan Anda memiliki kewajiban untuk menjaga akun. Menurut pendapat saya, bagaimanapun, Anda melakukan akuntansi untuk diri Anda sendiri dan perusahaan Anda dan bukan untuk otoritas pajak. Anda hanya perlu mempertahankan gambaran umum yang baik tentang keuangan perusahaan Anda.

Anda sudah dapat memiliki program akuntansi online dengan merelakan sebagian pendapatan. Jangan main-main di Excel. Itu tidak sepadan. Apalagi Anda tidak akan pernah mendapatkan wawasan yang bisa Anda peroleh dengan program akuntansi yang baik.

Post a Comment for "5 Tips Memulai Bisnis dari Rumah"