Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Persiapan Menyambut Ramadhan 2021

Persiapan Menyambut Ramadhan 2020

Tidak terasa, tinggal menghitung hari Ramadhan akan segera datang, namun apakah diri kita sudah mempersiapkan bekal kedatangan bulan Ramadhan tersebut ? setiap tahun kita menjalani bulan Ramadhan, dari Ramadhan ke Ramadhan apakah kita sudah mendapatkan kebaikan bulan Ramadhan tersebut ?

Jangan sampai Ramadhan datang dan pergi begitu saja setiap tahun, tanpa adanya kebaikan dan keberkahan yang kita dapatkan. Merugilah bagi orang yang sama saja antara Ramadhan ke Ramadhan yang mana ibadah tidak meningkat, amalan biasa-biasa saja, dosa tidak terampuni oleh Allah SWT.

Dalam menyambut kedatangan bulan Ramadhan yang penuh berkah, ampunan dan pembebasan dari siksaan api neraka ini, maka setidaknya berikut bekal dan persiapan yang harus kita mulai dari sekarang.

Pertama, Persiapan Keimanan
Orang yang mampu melaksanakan Ramadhan penuh dengan keimanan adalah orang yang betul-betul mengharapkan kedatangan bulan Ramadhan, bahkan kedatangan bulan Ramadhan sangat mereka nantikan. Keimanan yang kuatlah, maka Ramadhan tidak menjadi beban karena wajib melaksanakan puasa, berzikir karena Allah SWT, mendirikan malam-malam Ramadhan dan sebagainya.

Sepantasnyalah bekal yang harus kita persiapkan yang paling utama itu adalah keimanan, agar Ramadhan yang segera datang, betul-betul menjadikan kita semakin mentaati Allah SWT.

Kedua, Persiapan Ilmu
Iman tanpa ilmu percuma, ibadah tanpa ilmu sia-sia, maka sebelum Ramadhan datang kita musti sudah mempersiapkan keilmuan kita, terutama terkait permasalahan Ramadhan, kewajiban di bulan Ramadhan, sunnah-sunnah yang sangat dianjurkan di bulan Ramadhan dan lainnya.

Ketiga, Persiapan Jasmani
Puasa membutuhkan jasmani yang sehat dan kuat, karena percuma saja bagi yang semangat untuk ibadah, namun jasmani tidak kuat melaksanakan ibadah tersebut. Jasmani yang kuat membantu kita lebih semangat mengerjakan amalan ibadah di bulan Ramadhan.

Keempat, Persiapan Harta
Dalam Ramadhan banyak amalan yang bisa kita lakukan dan tentunya pahalanya akan dilipat gandakan oleh Allah SWT, untuk itulah salah satu amalan yang memberikan banyak pahala adalah bersedekah, dengan persiapan harta kita bisa lebih banyak bersedekah di bulan Ramadhan.

Tidak hanya sedekah yang dapat kita lakukan pada bulan Ramadhan, terkait harta tersebut, kita juga bisa beramal lebih, yakni melaksanakan umroh di bulan Ramadhan dan memberikan makanan untuk orang lain, sebagai menu mereka berbuka puasa, maka ibadah social dan ritual dapat kita raih di Ramadhan tahun ini.

Post a Comment for "Persiapan Menyambut Ramadhan 2021"