Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Doa Menyambut Bulan Ramadhan

Doa Menyambut Bulan Ramadhan
Gambar By : wikipedia

Bulan Ramadhan adalah bulan yang diwajibkan bagi setiap orang yang beriman untuk berpuasa, bulan Ramadhan hanya dapat kita temui sekali dalam setahun dan sebulan dalam kenikmatan memperbanyak amalan-amalan wajib dan sunnah. Bulan Ramadhan waktunya kita digembleng, agar keluar dari Ramadhan hidup menjadi lebih disiplin, baik dalam kehidupan maupun dalam pelaksanaan ibadah.

Sebelum Ramadhan datang, tentunya kita tidak pernah mengetahui apakah sisa umur kita saat ini, akan bertemu dengan Ramadhan yang beberapa hari lagi akan datang, oleh sebab itu penting bagi kita berdoa, karena kita berharap semoga Allah pertemukan dengan Ramadhan tahun ini.

Doa menyambut bulan Ramadhan, sudah diajarkan oleh Rasulullah sejak kita berada di bulan Rajab, SYa’ban dan bahkan hingga Ramadhan itu menjelang. Salah satu doanya berikut ini :

اَللّٰهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِي رَجَبٍ وَشَعْبَانَ وَبَارِكْ لَنَا فِى رَمَضَانَ

Artinya:"Ya Allah, berkahilah kami di bulan Rajab dan Sya'ban. serta berkahilah kami dalam bulan Ramadhan."

Doa di atas merupakan doa yang dibaca sejak bulan Rajab bulan lalu, karena sekarang kita sudah berada di bulan Sya’ban pun tidak ada salahnya kita tetap membaca doa tersebut di atas. Namun, kita juga dapat menambahnya dengan doa lainnya. Karena semakin banyak kita berdoa, semakin besar peluang Allah perkenankan doa-doa yang kita lantunkan. Berikut doanya :

 اَللّٰهُمَّ سَلِّمْنـِي إِلَى رَمَضَانَ وَسَلِّمْ لِـي رَمَضَانَ وَتَسَلَّمْهُ مِنِي مُتَقَبَّلاً

Artinya: "Ya Allah, antarkanlah aku hingga sampai Ramadhan, dan antarkanlah Ramadhan kepadaku, dan terimalah amal-amalku di bulan Ramadhan."

Di dalam doa di atas, kita berharap kepada Allah, terhadap umur kita agar disampaikan juga kepada bulan Ramadhan yang akan segera datang, karena kita tidak mengetahui kapan usia kita berakhir, oleh sebab itu, kita dianjurkan agar selalu berdoa, sehingga Allah mengabulkan doa-doa kita.

Selain berharap agar usia sampai pada Ramadhan tahun ini, di dalam doa tersebt kita juga berharap agar Allah menerima semua amal-amal ibadah kita, selama bulan Ramadhan, karena sebagai manusia yang selalu khilaf dan berbuat dosa, kita terkadang lupa, bahwa ada saja kesalahan yang kita lakukan setiap hari.

Demikianlah doa-doa kita dalam menyambut kedatangan bulan suci Ramadhan tahun ini, semoga Allah SWT perkenankan doa-doa dan harapan kita selaku hamba ini.

Post a Comment for "Doa Menyambut Bulan Ramadhan"