Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menggunakan Setrika Uap dengan Mudah

Cara Menggunakan Setrika Uap dengan Mudah

Tugas seorang ibu itu sangatlah berat, salah satunya urusan mencuci dan setrika. Pakaian yang baru saja dicuci dan dikeringkan, tentunya akan menjadi kusut dan tidak akan nyaman untuk dipakai kembali. Untuk itulah solusinya adalah dengan menyetrika pakaian tersebut. Terkadang setrika biasa tidak cukup, maka butuh setrika uap. Namun, bagi Anda yang baru menggunakan setrika uap, tentunya butuh mengetahui cara menggunakan setrika uap. 

Sebelum kita mengetahui cara menggunakan setrika uap, maka sebaiknya kita mengetahui terlebih dahulu, apa saja kelebihan setrika uap dibandingkan setrika biasa ? berikut ulasannya :

1. Setrika uap dapat melicinkan pakaian lebih cepat dibandingkan setrika biasa.
2. Tidak menyebabkan pakaian menjadi rusak.
3. Dapat digunakan pada semua jenis pakaian.
4. Cocok digunakan untuk setrika di rumah, juga untuk membuka usaha laundry.
5. Menghemat waktu dan biaya.

Setrika uap sumber panasnya dari uap air.

Selain mennghasilkan panas, setrika uap menghasilkan uap air yang membuat panas pada setrika ini lebih merata. Dengan panasnya yang merata memudahkan penggunanya dalam menyelesaikan tugas merapikan makanan. Untuk diketahui, bahwa setrika uap itu bekerja 3 kali lipat lebih cepat daripada setrika biasa.

Kendala yang sering dihadapi saat menggunakan setrika biasa adalah lengket, seperti pada jenis sabin pakaian tertentu, sehingga dapat membuat pakaian kita menjadi rusak bahkan robek. Jika hal ini terjadi saat sedang menyetrika, akan mengakibatkan pekerjaan kita terhambat, waktu kita akan terbuang sia-sia. 

Jangan sembarangan menggunakan setrika uap.

Tujuan menggunakan setrika uap adalah agar hasil yang didapat lebih efisien dan waktu lebih efektif, namun jika tidak mengetahui cara menggunakannya dengan baik dan benar, maka akan mengakibatkan pakaian kita menjadi bertambah kusut dan berbau. Beberapa kesalahannya yang bisa saja terjadi, seperti menggunakan pengharum pada air yang menghasilkan uap, padahal hal ini tidak diperbolehkan.

Selain hal di atas, setrika uap menyebabkan baju yang kita setrika sedikit basah, maka oleh sebab itu sebaiknya pakaian yang disetrika dengan setrika uap jangan langsung disimpan terlebih dahulu, tetapi sebaiknya dibiarkan kering sendiri, barulah setelah beberapa menit kemudian disimpan kembali.

Untuk itulah berikut cara menggunakan setrika uap dengan mudah dan benar :

1. Pastikan setrika uap belum terhubung dengan listrik atau dalam keadaan off.
2. Langkah selanjutnya, buka tutup tangki setrika uap dan isi air putih sampai batas maksimum, jangan melebihi dan hanya gunakan air putih tanpa bercampur yang lainnya, seperti bercampur dengan pewangi dan lainnya.
3. Setelah selesai diisi airnya untuk penguapan, maka tutup kembali tangki tempat kita mengisi air putih, pastikan tertutup rapat.
4. Langkah selanjutnya baru boleh dihidupkan setrika uap dengan menghubungkan ke sumber listrik (colokkan setrika uap ke sumber listrik).
5. Mengatur suhu dengan menyesuaikan jenis pakaian yang akan disetrika, agar tidak terjadi panas yang berlebihan dan setrikaan memperoleh hasil yang maksimal.
6. Mulailah menyetrika seperti biasanya, lalu tekan tombol penguatan untuk mendapatkan hasil semprotan ke baju atau kain yang akan disetrika.
7. Perhatikan jenis kain yang bisa disempotkan dengan setrika uap, karena ada beberapa jenis kain yang justru saat disemprotkan uap dari setrika uap, ia menjadi noda. Daripada mengulang mencuci kembali, sebaiknya pahami hal ini terlebih dahulu. 
8. Setelah selesai menyetrika, maka segeralah cabut sumber listrik dari setrika uap dan keluarkan air sisa dari dalam tangki setrika uap.
9. Biarkan terlbih dahulu beberapa saat sampai pakaian terkena uap betul-betul kering dengan sempurna, barulah pakaian yang telah disetrika disimpan kembali.
Itulah cara muda menggunakan cara menggunakan setrika uap dengan mudah, silahkan Anda mencobanya jika kebetulan baru pertama kali menggunakan setrika uap tersebut.

Post a Comment for "Cara Menggunakan Setrika Uap dengan Mudah"