Bingung Antara Jadi Youtuber atau Blogger ?

Di era digital hari ini, berbagai profesi atau sekedar hobi mulai bermunculan di dunia internet, tak jarang kegiatan yang awalnya hanya sebatas hobi, menjadi suatu profesi yang menjanjikan di dunia internet tersebut. Banyak bidang sebenarnya, dalam dunia internet itu sendiri, ada yang menjadi seorang internet marketing, ada yang membuka toko online, ada yang menjual jasa online, ada juga yang mengandrungi youtube ataupun blog.

Bingung Antara Jadi Youtuber atau Bogger ?Di sini, kita akan membahas yang dua saja, yaitu mengenai youtube dan blogger. Antara youtube dan blog, keduanya sama-sama sosial media milik perusahaan raksasa yang tidak asing lagi di kalangan pencari informasi dan berita, baik informasi melalui tulisan maupun informasi melalui video.

Blog adalah platform berbagi tulisan online, yang bisa ditemukan di search engine, lalu bisa dibaca dan dijadikan referensi informasi yang sedang dibutuhkan oleh seseorang yang mengaksesnya. Sedangkan orang yang menulis atau mengelola blog tersebut, sering dikenal dengan sebutan blogger.

Youtube adalah platform berbagi video online, youtube menampilkan informasi dalam bentuk video yang dikelola oleh mereka para konten kreator. Sedangkan pengelolanya lebih akrab dikenal dengan youtuber.

Kedua platform di atas, tentunya memiliki berbagai macam kelebihan dan kekurangannya masing-masing, namun bagi Anda yang masih baru akan memulai, apakah memilih anta menjadi seorang yotuber atau memilih menjadi seorang blogger, semuanya itu kembali kepada Anda masing-masing, karena kembali lagi, apakah Anda hobi menulis atau hobi merekam dan mengedit video.

Jadi, jika saat ini Anda masih bingung memutuskan untuk fokus di salah satu platform tersebut. Anda bisa sedikit menyimak tulisan saya berikut ini.

Jika Memilih Blogger :

1. Konsisten dalam menulis dan merangkai kata-kata butuh banyak bahan bacaan/referensi.
2. Jika memilih platform blogger milik google, gratis dengan subdomain blogspot.com.
3. Jika ingin merubah domain ke TLD (com, net, id, dll) dikenakan biaya sewa domain TLD pertahun, harga bervariasi.
4. Tingkat persaingan di mesin pencari sangat ketat dan pintar-pintar memilih topik bahasan yang menarik dan disenangi pengunjung.
5. Sumber penghasilan dari blog banyak bisa cek di sini (4 Cara Mendapatkan Penghasilan dari Blog Tanpa Google Adsense)

Jika Memilih Youtuber :

1. Butuh skill membuat video, mengedit dan menguploadnya dan bisa dipelajari.
2. Gratis bergabung, cukup memiliki email aktif di google, yaitu G-Mail.
3. Butuh peralatan yang memadai, untuk merekan dan mengedit video.
4. Persaingan juga tinggi, karena sudah banyak yang terlebih dahulu sukses, tapi Anda juga bisa sukses.
5. Penghasilan dari youtube adalah dari iklan milik google dan endorse (meriview/memperkenalkan produk orang lain) melalui video.

Dari beberapa hal di atas, antara youtuber dan blogger, sebenarnya keduanya sama-sama butuh keahlian dan tentunya style Anda menentukan sekali di sini. Karena tanpa Anda hobi dan tidak mau mempelajarinya, tentu akan sia-sia memilih salah satunya. Jika salah satunya Anda pilih, berdasarkan hobi dan kesenangan saya yakin Anda bisa sukses meraih impian melalui salah satunya.

Menurut saya, kunci utamanya setelah Anda menentukan salah satunya, fokuslah berkarya baik melalui tulisan maupun melalui video, karena tanpa fokus semua hasilnya akan sia-sia. Mau menjadi youtuber ataupun blogger adalah pilihan. Dan banyak juga orang yang sukses menjalani keduanya, mereka membuat tulisan di blog dan membuat video di youtube, asalkan masih bisa tetap fokus keduanya, jika tidak sanggup, pilihlah salah satunya.

Terakhir, terkait dengan apa yang didapatkan dari menjalani hobi di youtube atau di blog, tergantung lagi niat Anda untuk apa, karena keduanya bermanfaat untuk Anda dan orang yang menikmati hasil karya Anda, jangan terlalu fokus dengan penghasilan terlebih dahulu, karena semuanya butuh proses dan jika semua proses telah dijalani dengan baik, yakinlah akan ada hasil yang bisa kita petik, tetap semangat buat berkarya, mau menulis atau membuat video itu adalah pilihan Anda masing-masing.

Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form