Manfaat Jeruk Lemon untuk Kesehatan dan Kecantikan

  Rustam Efendi      
Jeruk Lemon mungkin buahan yang mudah didapatkan, namun jarang kita ketahui manfaat dan khasiatnya. Pada awalnya buah ini dibudidayakan di Spanyol, Argentina, Brazil serta negara-negara di sekitaran USA. Bentuk lemon sekilas dapat kita ketahui seperti jeruk. Karena buah lemon ini juga termasuk jenis Genus Citrus atau lebih kepada keluarga jeruk. Buah lemon ini juga dikenal banyak memiliki khasiat.
Manfaat Jeruk Lemon untuk Kesehatan dan Kecantikan
Namun, dari harga jeruk jenis lemon ini lebih mahal ketimbang jeruk biasa yang kita konsumsi setiap harinya. Meskipun ia tidak begitu dikenal di kalangan masyarakat. Namun, bagi para koki sangat akrab dengan jeruk lemon ini karena sebagai penambah lezatnya makanan dan untuk membuat minuman segar.

Mengkonsumsi jeruk lemon sangat berkhasiat untuk kesehatan tubuh agar terlihat lebih fress, bugar dan untuk memperkuat sistem imun dalam tubuh manusia. Jeruk lemon juga berkhasiat sebga obat herbal ( obatan alami ).

Beberapa khasiat jeruk lemon itu di antaranya adalah sebagai berikut :

1. Lemon untuk sistem kekebalan tubuh
Kandungan vitamin C dalam jeruk lemon berkhasiat untuk menjaga dan menignkatkan kekebalan tubuh dari berbagai serangan bakteri dan berbagai virus. Buah lemon juga berkhasiat untuk menyembuhkan cacingan dan seta melawan serangan kanker, hal itu karena pada buah lemon terdapat kurang lebih 22 nutrisi anti-kanker di dalamnya.

2. Menjaga kesehatan pencernaan
Dengan konsumsi jus lemon secara teratur berkhasiat dalam melancarkan proses pembuangan sisa-sisa di pencernaan .

Lemon bermanfaat untuk meningkatkan gerakan peristaltik di perut, alhasil berkasiat agar buang air besar (BAB) dapat lancar dan teratur, dan Kamu terhindar dari masalah penyakit perut atau pencernaan.

Jus lemon membantu hati dalam memproduksi empedu, membantu menjaga makanan bergerak melalui tubuh dan saluran pencernaan menjadi lancar. membantu meredakan gangguan pencernaan sehingga brkhasiat meringankan sakit perut.

Khasiat lemon lainnya yaitu mengatasi masalah mual karena naiknya asam lambung.

Perlu diketahui, lemon tidak cocok dengan susu. sehingga jangan mengkonsumsi keduanya dalam waktu yang bersamaan atau berdekatan.

Yang disarankan untuk kesehatan pencernaan yaitu menambahkan jus lemon ke dalam air hangat, kemudian minum di pagi hari.

3. Lemon dapat membersihkan Usus
Masyarakat era modern ini terlebih lagi yang berada di kota-kota besar, cenderung menyantap makanan fast food atau lebih kita kenal dengan makanan cepat saji. Akibat dari terlalu seringnya mengkonsumsi makanan siap saji adalah terganggu kesehatan terutama bagian pencernaan yang bernama usus besar.

Salah satu akibat sering mengkonsumsi makanan cepat saji itu adalah melambatnya transit kotoran. Sehingga limba bekas makanan yang ada di dalam perut bisa menyebabkan rasa mual, perut terasa kembung dan sakit perut sampai pada rasa nyeri pada otot tubuh lainnya.

Buah lemon bermanfaat dalam meningkatkan kontraksi otot di usus, menjadikan gerakan usus menjadi lancar dan teratur, jika sudah teratur dapat dengan mudah mengeluarkan berbagai macam racun di dalam usus seseorang.

4. Menghilangkan Ketombe
Khasiat lainnya pada buah lemon adalah dapat mencegah kebotakan pada rambut. Kebotakan pada rambut dapat disebabkan oleh adanya ketombe dan akar rambut yang telah mengalami kerusakan.

Dalam mengatasi rambut yang berketombe dan untuk menguatkan rambut, kamu dapat melakukannya dengan mengusapkan air lemon pada rambutmu dan sembari dipijat. Sebelum menggunakan shampo seperti biasa yang kamu lakukan, maka silahkan usapkan air lemon pada kepala dan terakhir bilas, setelah dibilas barulah kamu gunakan shampo seperti biasanya.

5. Lemon untuk kesehatan jantung
Karena lemon mengandung vitamin C, yang mana seperti kita ketahui bahwa vitamin C dapat menjaga kesehatan jantung dan menurunkan tekanan darah

6. Lemon untuk kesehatan dan kecerahan kulit
Dalam sari lemon terdapat suatu zat yang memiliki sifat sebagai pemutih alami. Memanfaatkan lemon sebagai pemutih kulit tentu bukanlah pekerjaan yang instan, namun butuh proses. Putih dimaksud di sini adalah, kulit menjdai lebih cerah dan beberapa kali lipat dari semula.

Cara memnafaatkannya adalh dengan memasukkan sari perasan lemon kedalam botol semprot, lalu pilih bagian mana kulit yang akan Anda cerahkan dan semprotkan air perasan lemon tersebut. Atau dengan cara menggosokkan potongan lemon pada kulit Anda dan diamkan selama kurang lebih 10 menit setelah baru dibilas hingga bersih.

7. Mencegah dan mengatasi bibir pecah-pecah
Kandungan vitamin C di dalam lemon berkhasiat sebagai pengangkat sel-sel kulit mati yang ada pada bibir. Karena sel-sel kulit telah mati itulah yang menjadikan bibir mejadi kering. Cara mengatasi bibir pecah-pecah itu dengan mengoleskan potongan lemon segar pada bibir secara perlahan, diamkan beberpaa menit dan bersihkan dengan air putih hingga bersih, lakukan hal ini secara teratur setiap hari, semoga memberikan kesembuhan bagimu ya sobat.

8. Lemon untuk sabun muka
Banyak yang digunakan orang dalam mencuci dan membersihkan muka dari kusam dan kotoran, salah satunya dengan produk berbahan kimia yang banyak beredar di pasaran, namun saat ini kita bisa memanfaatkan lemon sebagai sabun pencuci muka.

Gosokkanlah perasan lemon pada wajahmu dan rasakan manfaatnya untuk mengangkat kototran dan bakteri di wajah, terutama setelah melakukan berbagai macam aktivitas sehari-hari.

9. Lemon untuk mencegah kanker
Sama-sama kita ketahui, bahwa penyakit kanker saat ini merupakan salah satu penyakit berbahaya dan banyak menrenggut nyawa seseorang. Dengan mengkonsumsi air lemon dapat menangkal berbagai jenis penyakit kangker karena memiliki kandungan alami pencegah tumbuhnya sela kanker dalam tubuh seseorang.

10.Lemon untuk pencegah gangguan tulang
Dalam kulit lemon juga mengandung kalsium yang tinggi dan baik untuk kesehatan tulan dan gigi. Setiap hari seiring perjalanan usia seseorang, kalsium akan terkikis secara perlahan dan dibuang melalui air kencing ( urin ).

Sangat penting bagi kita mengkonsumsi minuman ataupun makanan yang mengandung kalsium itu setiap hari. Ya...dari lemon kita juga bisa mendapatkan kalsium yaitu dnegan mencampurkan minuman dengan jeruk lemon bersama dengna kulitnya.

11. Lemon untuk menurunkan kolesterol
Siapa sangka jika lemon dapat menurunkan kolesterol dalam tubuh. Dalam kulit lemon mengandung zat polifenol flavonoid yang sangat aktif dalam menurunkan kolesterol. Tidak dipungkiri lagi, bahwa kolesterol dapat sangat tidak baik karena bisa membaut berbagai penyumbatan dalam pembuluh darah yang dapat memicu terjadinya berbagai macam penyakit lainnya yang lebih serius seperti sakit jantung, stroke dan tekannan darah tinggi. Selain itu vitamin C yang tinggi dalam kulit lemon juga sangat baik untuk membersihkan pembuluh darah menjadi lancar.

Demikianlah tulisan mengenai Manfaat Jeruk Lemon untuk Kesehatan dan Kecantikan, semoga bermanfaat ya teman-temans.
logoblog

Thanks for reading Manfaat Jeruk Lemon untuk Kesehatan dan Kecantikan

Previous
« Prev Post

2 komentar:

  1. yag terakhir aku banget... pengen banget nurunin kolestrol pakai jeruk lemon ini..

    BalasHapus