5 Makanan untuk Menurunkan Kolesterol


Kolesterol adalah lemak yang berada pada tubuh manusia, yang dihasilkan oleh organ hati, kolesterol terdapat dua jenis, yaitu kolesterol LDL dan kolesterol HDL. Setiap jenis kolesterol tersebut berbeda. LDL atau dikenal dengan Low Density Lipoprotein merupakan suatu jenis kolesterol jahat yang menyebabkan terjadinya pengendapan pada arteri tubuh, sehingga memicu terjadinya penyakit jantung dan stroke.
5 Makanan untuk Menurunkan Kolesterol
Jika Anda mencari makanan ringan yang menurunkan kadar kolesterol, dalam sebuah penelitian yang diterbitkan oleh American Journal of Clinical Nutrition, orang-orang yang mengkonsumsi pada 1,5 ons kenari utuh 6 hari seminggu selama 1 bulan menurunkan kolesterol total mereka sebesar 5,4% dan kolesterol LDL sebesar 9,3%. Almond dan kacang mete adalah pilihan bagus lainnya. Namun, sementara kacang-kacangan sehat, kalori juga tinggi, jadi porsi  kontrol-1,5 oz adalah sekitar satu gelas dan setengah gelas. Gunakan kaca bidik untuk mengukur bagian Anda sehingga Anda dapat melihat dengan tepat tampilannya.

Teh Hitam
Teh hitam telah dikenal karena antioksidan melawan kanker, ini juga merupakan pertahanan yang hebat terhadap kadar kolesterol LDL yang tinggi. Menurut penelitian yang dilakukan dengan USDA, teh hitam telah terbukti mengurangi lipid darah hingga 10% hanya dalam 3 minggu. Temuan ini disimpulkan dalam studi yang lebih besar tentang bagaimana teh juga dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung koroner. (Inilah cara membuat secangkir teh yang sempurna setiap saat.)

Kacang-Kacangan
kacang sangat bagus untuk jantung Anda. Periset di Politeknik Universitas Negeri Arizona menemukan bahwa menambahkan ½ cangkir kacang ke sup menurunkan kolesterol total, termasuk LDL, hingga 8%. Kunci untuk makanan sehat jantung ini adalah kelimpahan seratnya, yang telah terbukti memperlambat laju dan jumlah penyerapan kolesterol pada makanan tertentu. Cobalah kacang hitam, ginjal, atau pinto; masing-masing memasok sekitar sepertiga dari kebutuhan serat harian Anda.

Coklat
Antioksidan kuat ini membantu membangun kadar kolesterol HDL ("baik"). Dalam sebuah studi yang dipublikasikan di AJCN, peserta yang diberi bubuk coklat memiliki peningkatan tingkat HDL 24% selama 12 minggu, dibandingkan dengan peningkatan 5% pada kelompok yang tidak mengkonsumsinya.

Margarin
Beralih ke margarin dengan sterol tumbuhan, seperti Promise activ atau Benecol, bisa membantu menurunkan kolesterol. Sterol tanaman adalah senyawa yang mengurangi penyerapan kolesterol; sebuah studi yang diterbitkan di AJCN menemukan bahwa wanita yang memiliki diet sterol berbasis tanaman yang lebih tinggi dapat menurunkan kolesterol total hingga 3,5%.

Bawang Putih
Selain menambahkan zing ke hampir semua hidangan, bawang putih membuat daftar makanan yang menurunkan kolesterol; Ini juga ditemukan untuk mencegah pembekuan darah, mengurangi tekanan darah, dan melindungi terhadap infeksi. Sekarang penelitian menemukan bahwa ini membantu menghentikan plak penyumbatan arteri pada tahap awal dengan menjaga agar partikel kolesterol tidak menempel ke dinding arteri.

Demikianlah artikel ini, semoga bermanfaat ya buat-buat teman-teman pembaca semuanya.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda :

NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner