Bekal Menyambut Bulan Ramadhan

  Rustam Efendi      
Bulan Ramadhan adalah bulan yang sangat dinantikan oleh umat Islam yang beriman dan bertaqwa, karena berbagai macam manfaat yang terdapat pada bulan Ramadhan ini. Dengan datangnya bulan Ramadhan kita akan mendapatkan keistimewaan di dalamnya, keistimewaan yang tidak dapat kita temui pada bulan-bulan lainnya.
Bekal Menyambut Bulan Ramadhan
Bulan Ramdahan tahun lalu, mungkin kita tidak maksimal mengerjakan ibadah di dalamnya. Untuk itulah di bulan Ramdahan tahun ini, mulailah kita persiapkan bekal menuju bulan penuh berkah dan ampunan itu.

Beberapa hal berikut ini, mungkin dapat kita jadikan bekal untuk menyambut datangnya bulan Ramadhan, yaitu :

Pertama, karena saat ini kita berada di bulan Sya'ban, maka di tengah bulan Sya'ban, kita persiapkan doa berikut ini :

“Ya Allah, serahkanlah aku kepada Ramadhan dan serahkan Ramadhan kepadaku dan Engkau menerimanya kepadaku dengan kerelaan.” Dan juga seperti do’a yang sering kita lantunkan:

“Ya Allah, rahmati kami di bulan Rajab dan Sya’ban dan sampaikan kami kepada Bulan Ramadhan.”

Dengan senantiasa membaca doa tersebut, semoga kita diampuni oleh Allah dan mendapatkan umur yang panjang dan berkah untuk bertemu dengan Ramadhan yang mulia.

Kedua, Membayar hutang puasa tahun lalu
Ya...Jika kita telah meninggalkan puasa tahun lalu, disebabkan karena alasan yang diperbolehkan untuk tidak berpuasa, maka segeralah bayar hutang puasanya. Karena jika puasa yang ditinggalkan tanpa sebab  yang diperbolehkan, maka tidak dapat diganti puasanya di hari yang lain.

 Terkait dengan hutang puasa yang diperbolehkan, maka menggantinya adalah hal yang wajib, karena jika tidak bulan Sya'ban dilunasi hutang puasanya, kapan lagi kita mau menggantinya. Jangan sampai kita menumpuk hutang puasa, yang berakibat akan semakin malasnya kita mengerjakannya pada tahun-tahun berikutnya.

Ketiga, Persiapkan Ilmu
Ilmu adalah perihal yang sangat penting dalam melaksanakan ibadah, beribadah tanpa ilmu akan sangat sia-sia kerja kita, karena beribadah tanpa ilmu tertolak, dengan menghadapi Ramadhan sebentar lagi, maka mempersiapkan ilmu adalah hal penting. Terutama terkait dengan ilmu tentang puasa dan hal-hal yang terkait di dalamnya.

Selain tiga hal di atas, kita juga harus mempersiapkan diri dengan segenap jiwa dan raga untuk melaksanakannya. Jika hal itu telah kita persiapkan, semoga Ramadhan tahun ini dapat terlaksana dengan maksimal dalam melaksanakan berbagai macam ibadah di dbulan penuh berkah. Aaamiiin.
logoblog

Thanks for reading Bekal Menyambut Bulan Ramadhan

Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar