Allah Memberikan Ujian Sesuai Kemampuan Manusia

Ujian datang kepada manusia itu dengan berbagai macam bentuk dan kejadian, ada ujian yang berat dimata orang lain, namun tidak bagi orang yang menjalaninya, ringan bagi orang lain namun berat bagi yang menjalaninya.
Allah Memberikan Ujian Sesuai Kemampuan Manusia
Hidup didunia ini, tentu kita tidak akan pernah terlepas dari yang namanya ujian, ujian itu bisa berupa kekurangan harta benda, kekurangan sandang pangan dan papan serta berbagai macam bentuk ujian lainnya, namun tahukah sobat, jika hari ini kita merasa belum diuji oleh Allah, pasti suatu saat akan datang menemui kita yang namanya ujian tersebut.

Salah satu ujian yang pasti akan kita temui adalah kematian, baik itu kematian anggota keluarga, sanak family, serta kematian orang-orang yang kita sayang. Perkara ujian itu telah ditetapkan kepada manusia sesuai dengan firman Allah SWT :

" Sungguh Kami akan menguji kalian dengan sebagian rasa takut, rasa lapar, serta kekurangan harta, jiwa, dan buah. Dan berikanlah kabar gembira kepada orangorang yang sabar ".( Q.S. al-Baqarah: 155 )

Ayat tersebut menjelaskan kepada kita bahwa ini merupakan janji Allah bahwa tidak ada seorang manusi diatas dunia ini, terluput dari ujian. Allah ingin menampakkan kekuasaannya terhadap manusia sipakah diantara manusia itu yang mampu melewati ujian itu karena imannya yang kokoh, serta siapa pula yang gagal dalam menghadapi ujian Allah, dalam arti bertambah keingkarannya terhadap Allah serta semakin melalaikan perintahnya.

Pembaca yang Budiman, perlu kita sadari bersama bahwa setiap ujian yang diberikan oleh Allah sesuai kadar kemampuan kita sebagai manusia yang mengalaminya, tidak ada yang lebih berat dibandingkan ujian itu datang dengan kemampuan yang kita miliki.

Allah tidak akan memberikan ujian melebihi yang kita sanggup, hal ini di janjikan pula oleh Allah SWT, dalam firmannya yang lain, yaitu :

" Allah tidak membebani ( menguji ) seseorang kecuali sesuai dengan batas kemampuannya. Baginya ganjaran ( pahala )untuk apa yang diusahakannya, dan ia akan mendapat siksaan untuk apa yang diusahakannya...( QS. Al Baqarah : 287 )

Berdasarkan firman Allah dalam surah Al-baqarah tersebut, maka cukup jelas kiranya setiap ujian yang diberikan kepada kita, suatu pertanda kita mampu mejalaninya, maka tatkala kita menyadari itu, tentunya akan menjadikan kita kuat dalam menghadapi semua ujian yang diberikan oleh Allah SWT.

1 Comments

Previous Post Next Post

Contact Form