Cara Memahami Arti Laporan Google Adsense, Cpc, Rpm, Ctr dan Estimated Earning

- 17.45
Sudah tahukah sobat tentang Google adsense, google adsense adalah produk milik google yang menyediakan kerjasama antara pemilik website / blog, untuk menayangkan iklan milik google. Sebagai penayang iklan kita disebut sebagai Publisher, namun bagi sobat yang baru saja memulai menjadi publisher digoogle adsense, tentu tidak asing lagi dengan Google adsense ini.
Cara Memahami Arti Laporan Google Adsense, Cpc, Rpm, Ctr dan Estimated Earning

Namun terkadang kita bingung dalam memahami laporan yang terdapat dalam akun kita, seperti CPC, RPM, dan sebagainya, untuk itu penulis akan sedikit menjelaskan tentang apa itu istilah-istilah yang ada dalam laporan akun Google adsen milik sobat.

1. CPC, atau coct per clik adalah nilai dari sebuah klik yang dilakukan oleh visitor/pengunjung blog kita, maka akan ada nilai tersendiri dari pihak google, namun besaran jumlah perklik itu tidak diketahui oleh kita, namun sobat jangan khawatir karena setiap klik organik, pasti akan ada nilainya dalam bentuk uang yang disimpan di akun kita. Ingat : jangan pernah klik iklan sendiri, ini bahaya bagi akun adsense sobat.

2. CTR, adalah perbandingan antara jumlah klik yang didapatkan oleh seorang Publisher dengan page views atau jumlah tampilan, makin sedikit jumlah tampilan maka akan semakin besar pula % dari CTR ini, dari penulusaran penulis CTR yang aman itu sekitar 10 %, jika melebihi daripada itu maka akan dikhawatirkan telah terjadi klik Invalid dalam iklan google  kita.

3. RPM, adalah sebuah perhitungan perkiraan uang yang didapat dibagi dengan jumlah tampilan iklan perseribu tayang dan dikali dengan 1000, contohnya : 

Jika penghasilan yang tertaksir adalah 15.000 dari 5000 tampilan, maka rumusnya adalah 15.000 : 5.000 X 1000 = 3.000, berarti penghasilan dari RPM sobat adalah Rp. 3000.

4. Page Views, Jumlah tampilan halaman yang berhasil menampilkan iklan, ingat ini berbeda dengan hitungan pageviews pada halaman distatistik blog/youtube sobat, karena tidak setiap tampilan laman itu berhasil menampilkan iklan, maka jumlah pageviews pada statistik blog/youtube akan berbeda dengan tampilan laman pada laporan google adsense.

5. Penghasilan Akhir/Finalized earnings, adalah penghasilan yang berhasil sobat dapatkan dalam satu bulan sebelumnya, karena pendapatan adsen itu akan dimasukkan dalam Penghasilan Akhir/Finalized earnings, selama satu bulan  terakhir dan dimasukkan dalam laopran sejak tanggal 3 setiap bulan berikutnya.
Advertisement

1 komentar:

avatar

saya masih kurang paham betul untuk adsense,, apalagi sekarang sudah bahasa indonesia,, ada istilah, BPS, PPS, dll.. Eh, kunjungi balik ya :)


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search