Tradisi Minang " Manjalang Mintuo " Mempererat Silaturrahmi Mertua Dan Menantu

- 21.53
Manjalang Mintuo, adalah tradisi silatuhrami yang diminangkabau yaitu menantu perempuan yang baru saja menikah mengantarkan hidangan tertentu ke rumah mertuanya. Tradisi manjalang mintuo, sering dilakukan pada bulan ramadhan, Hari raya ( Idul Fitri & Idul Adha ).
Tradisi ini sudah melekat dihati masyarakat minangkabau pertama kali dilakukan adalah ketika baru saja selesai acara " Baralek " ( pernikahan ), beberapa hari setelahnya akan diadakan acara " Manjalang mintuo ". dan dalam pelaksanaannya juga ada aturan yang harus ditaati seperti dalam hal pakaian, makanan yang di bawa, dan hal lainnya.

Tradisi dan kebiasaan  " Manjalang Mintuo" merupakan tradisi turun temurun orang minang dalam bersilaturahmi ke rumah mertua. Yakni dengan membawa makanan yang juga menunya seperti ada menu wajib gitu, ada lemang, yang biasanya disajikan dengan kue dan agar- agar.

Ketupat Lezat juga menjadi kebiasaan buah tangan dari tradisi manjalang mintuo ini, akan tetapi ketika acara manjalang " Mintuo ini " tidak hanya sebatas kunjungan antara menantu kerumah mertua, namun ini juga menjadi simbol keakraban kedua belah pihak antara keluarga laki-laki dan perempuan, karena pada acara manjalang mintuo, sang menantu tidak datang sendirian namun ditemani oleh kedua orang tuanya, dan karib kerabat lainnya. Artinya selain mempererat hubungan antara menantu dengan mertua akan tetapi juga mempererat hubungan antara besan, serta semua keluarga terdekat sang menantu.

Manjalang mintuo, bagi perempuan yang baru menikah menjadi suatu hal yang tidak boleh ditinggalkan, karena juga merupakan tradisi yang sudah sejak lama turun-temurun, Selain menjaga silaturrahim Juga sebagai salah satu bentuk bakti seorang menantu kepada sang mertuanya di ranah minang.

Demikianlah informasi ini semoga bermanfaat dan menjadi wawasan bagi pembaca blog ini.

Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search