Legenda Minangkabau Sebutan Untuk Daerah Sumatera Barat

- 17.06
Sumatera Barat adalah salah satu Provinsi yang ada di Indonesia, Kata Minangkabau memang unik, tapi tahukah anda bahwa ada sejarah yang patut di ketahui dari penamaan daerah Sumatera Barat ini yang dikenal luas dengan Nama " Minangkabau ".
Legenda Minangkabau Sebutan Untuk Daerah Sumatera Barat
Menurut ahli sejarah yang mengungkapkan tentang sejarah minangkabau dalam Tambo Alam Minang kabau.Tambo adalah karya sastra Sejarah yang menceritakan asal-usul daerah minangkabau itu sendiri.

Sejak Masa kekuasaaan Ninik sri maharaja diraja putra dari Alexander The Great ( Iskandar Zulkarnain ) Matrilineal adalah sistem yang terdapat dan tersohor di Minangkabau tercipta karena adanya siasat cerdik Datuk Padang dalam menghadapi serangan kerajaan Majapahit.

Nah Sekarang kita akan mengetahui kenapa daerah Sumatera Barat lebih tersohor dengan nama " Minangkabau..! " Minangkabau berasal dari dua kata yaitu Minang ( Menang ) Dan Kabau ( Kerbau ). Nama Minangkabau dihubungkan dengan Legenda khas Minang yang sampai saat saat ini dipercaya oleh masyarakat sebagai sejarah terbentuknya nama Minangkabau, Dari Tambo itu kita pahami bahwa Pada suatu ketika masuklah kerajaan asing yang banyak orang mengenalnya kerajaan Majapahit, yang datang dari laut guna melakukan penaklukan sumatera barat. Untuk mencegah peperangan terjadi masyarakat setempat mengusulkan ide untuk melakukan adu kerbau.

Pasukan asing tersebut menyetujui serta menyiapkan seekor kerbau besar yang kuat dan tangguh, sedangkan masyarakat minang ketika itu menyiapkan seekor anak kerbau yang kehausan dan kelaparan, Sehingga kerajaan asing merasa tidak akan mungkin anak kerbau menang melawan kerbau kami yang kuat dan tangguh ini, namun apa yang terjadi wahai pembaca, ternyata disinilah letak strategi orang minang yang cerdas, dalam pertarungan antara kerbau besar dan anak kerbau, anak kerbau yang kelaparan dan kehausan itu mengira bahwa kerbau besar milik kerajaan asing itu adalah induknya, maka anak kerbau itu langsung mencari susu dan menanduk-nanduk kerbau besar hingga merobek perut kerbau besar itu.

Nah dari kemenangan itulah sehingga muncul ide masyarakat ketika itu memakai nama Minangkabau, atau " Manang kabau " ( artinya : Menang kerbau ) yaitu kerbau yang telah menang dalam pertarungan. Sehingga lama kelamaan masyhurlah nama " Minangkabau, Dalam Tambo juga diceritakan bahwa negeri atau daerah pertama di Minangkabau adalah Nagari Pariangan yang terletak di kaki gunung merapi, salah satu gunung api dipegunungan bukit barisan.

Demikianlah Informasi tentang " Legenda Minangkabau sebutan untuk daerah sumatera barat " semoga menambah wawasan dan keilmuan bagi kita pembaca semua.
Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search