Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kulit Kusam, Apa Penyebab dan Bagaimana Cara Mengatasinya

Kulit Kusam, Apa Penyebab dan Bagaimana Cara Mengatasinya

Tentunya, kulit yang terlihat kusam menjadi masalah bagi banyak orang khususnya wanita baik yang memiliki kulit kering, berminyak, hingga kulit kombinasi sekalipun. Jika ingin memiliki kulit cerah maka Anda perlu memahami bagaimana ciri serta penyebab dari kulit kusam itu sendiri agar Anda bisa menyelesaikan permasalahan ini hingga ke akarnya.

Baca Juga : Cleansing Milk Ampuh Bersihkan Kotoran Wajah

Ciri Kulit Kusam

Bisanya jenis kulit ini tidak memiliki kelembapan yang cukup sehingga warna kulit akan tersamarkan dengan warna yang terlihat lebih gelap. Tetapi, warna gelap kulit kusam berbeda dengan warna kulit gelap secara alami. Kulit yang gelap akan terlihat bercahaya asalkan memiliki kondisi yang sehat dan lembap, sementara kulit yang kusam terlihat rata dan tidak sehat atau cerah.

Penyebab Kulit Kusam

Berikut adalah beberapa faktor yang menyebabkan kulit kusam, yaitu:

1. Usia bertambah, produksi protein yang akan menyokong kulit atau disebut kolagen akan terus menurun sehingga membuat kulit terlihat kering, tidak bercahaya, hingga dipenuhi dengan keriput serta garis halus.

2. Kurang minum, air akan menjaga kelembapan serta kelenturan kulit. Jika asupan air kurang maka akan membuat kulit lebih rentan terhadap iritasi, keretakan, dan kerusakan.

3. Panas dan udara yang kering. Orang yang tinggal di wilayah yang panas lebih rentan mengalami masalah kulit kusam karena musim panas memiliki tingkat kelembapan yang rendah.

4. Kurang pelembap, selain air sebenarnya kulit juga membutuhkan kelembapan dari luar dengan bantuan pelembap atau moisturizer.

5. Kebiasaan begadang, saat tidur tubuh akan membentuk kolagen serta keratin yang berguna untuk mengencangkan dan menyehatkan kulit sehingga jika Anda terbiasa begadang maka tubuh tidak bisa memproduksi dua zat tersebut secara maksimal.

6. Stres yang tidak terkelola dengan baik, stres kronis dapat menyebabkan gangguan pada kesehatan kulit karena meningkatkan kortisol sehingga hal ini bida memperparah kondisi penyakit kulit yang sudah ada seperti jerawat serta kulit menjadi kusam dan tidak bercahaya.

7. Banyak makan makanan manis, gula yang tinggi akan menyebabkan obesitas dan merusak kolagen dalam tubuh. Hal ini akan membuat kulit lebih tua dan banyak kerutan.

8. Terbiasa merokok, rokok dapat merusak dinding pembuluh darah sehingga mengurangi aliran nutrisi pada kulit sehingga kulit terlihat kusam dan rapuh.

9. Alkohol berlebihan, alkohol bisa membuat tubuh dehidrasi apalagi jika tidak diimbangi dengan kebiasaan minum air yang baik. Jika tubuh kekurangan air maka akan menyebabkan kulit kering, kusam, dan tidak bercahaya.

Cara Mengatasi Kulit Kusam Yang Baik

Kulit yang sehat, cerah, dan terawat merupakan impian setiap orang. Berikut adalah beberapa cara untuk mencerahkan kembali kulit yang kusam, antara lain:

1. Hindari facial wash yang keras atau sabun mandi yang bisa membuat kulit Anda iritasi meradang, dan kemerahan. Sebagai gantinya, gunakan sabun pemutih wajah yang diperkaya alpha arbutin, niacianmide, dsb.

2. Hindari pemakaian air panas ketika mencuci wajah karena bisa menarik minyak alami wajah

3. Pilih produk skin care yang sesuai dengan jenis dan sensitifitas kulit Anda.

4. Lakukan eksfoliasi kulit minimal 2x seminggu untuk mengangkat kulit mati dan menghaluskan kulit. 

5. Gunakan pelembap untuk menjaga kelembapan kulit dari luar. Anda bisa memilih pelembap terbaik dengan mengunjungi laman artikel tentang pelembap di situs Pickybest.id.

6. Pakai serum untuk melembapkan dan mencerahkan kulit wajah.

7. Rutin menggunakan masker wajah.

8. Gunakan tabir surya secara rutin karena paparan sinar matahari dapat merusak kesehatan kulit.

9. Tidur cukup 7-9 jam setiap hari.

10. Berhenti atau hindari asap rokok.

11. Banyak minum air putih agar kulit memiliki asupan kelembapan yang cukup dari dalam dan membantu mencerahkan kulit.

Jika kulit Anda menunjukkan tanda tanda kulit yang kusam maka pahami apa penyebabnya apakah karena usia, kebiasaan buruk, atau kesalahan perawatan kulit. Anda juga bisa melakukan konsultasi dengan dokter kulit atau kecantikan untuk mendapatkan solusi terbaik .

Post a Comment for "Kulit Kusam, Apa Penyebab dan Bagaimana Cara Mengatasinya"