Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Aman Belanja Grocery Online di Era New Normal

Di era new normal, belanja grocery online amat diminati masyarakat. Penyebabnya karena mereka menghindari berdesak-desakan di pasar atau supermarket. Ketika belanja kebutuhan dapur secara daring, maka aman dan tetap mematuhi physical distancing.

Belanja online
sumber foto: https://www.freepik.com/

Belanja Grocery Online dengan Aman dan Mematuhi Protokol Kesehatan 

Namun Anda harus tetap menaati protokol kesehatan, walau belanja secara online. Bagaimana caranya? Simak di sini:

1. Tidak Berkontak dengan Kurir

Di era new normal, kita diwajibkan menjaga jarak dan menghindari kontak dengan orang lain. Ketika belanja grocery online, maka mintalah pak kurir untuk menaruh paket belanja di depan rumah, dan tidak menyerahkannya secara langsung ke tangan Anda. Ia pasti mengerti bahwa Anda sedang menerapkan physical distancing, demi keselamatan bersama.

2. Memakai Masker Saat Menerima Paket Belanja

Walau belanja grocery online dilakukan di rumah saja, namun saat menerima paket, Anda harus pakai masker. Biasanya barang itu diletakkan di teras, dan walau masih dekat area di dalam hunian, masih wajib memakai masker. Ketika meninggalkan pintu tetaplah ingat untuk melindungi diri dan menjaga tubuh agar tidak tertular.

3. Langsung Cuci Tangan Setelah Menerima Barang Belanjaan

Setelah menerima paket hasil belanja grocery online maka Anda harus cepat mencuci kedua tangan. Proses pembersihannya harus di bawah air mengalir dan menggunakan sabun antiseptik. Sehingga dengan menaati protokol kesehatan, tubuh akan tetap aman di era new normal.

4. Membersihkan Kemasan Barang dari Hasil Belanja Grocery Online

Bersihkan kemasan barang hasil belanja grocery online dengan cairan antiseptik agar benar-benar bebas kuman, bakteri, dan virus. Setelah itu baru lap satu-persatu dengan tisu atau serbet bersih. Pembersihan ini dilakukan agar paket belanjaan Anda higienis dan aman saat dipakai.

Jika perlu, jemur paket hasil belanjaan bawah sinar mentari, selama minimal 30 menit. Tujuannya agar paket lebih aman saat dibuka. Belanja online memang menyenangkan, namun pastikan paketnya langsung segera dibersihkan, agar lebih higienis saat barangnya dikenakan.

5. Memanaskan Kembali Makanan yang Dibeli

Jika membeli makanan saat belanja grocery online, misalnya dendeng atau keripik, maka panaskan agar ia tetap higienis. Masukkan ke dalam microwave dan nyalakan selama 1-2 menit, baru simpan kembali ke wadah lain yang bersih. Saat tidak punya microwave, maka panaskan saja di dalam wajan teflon, dengan api kecil. Proses pemanasan akan membuat makanan lebih aman dikonsumsi.

Saat belanja grocery online di era new normal, prosedurnya lebih ketat. Paket harus diletakkan pak kurir agar ia tak berkontak langsung dan tetap menjaga jarak. Setelah itu, kemasan barang dibersihkan dengan cairan antiseptik, dilap, dan dijemur. Tujuannya agar higienis dan kuman serta virusnya mati. Paket makanan juga wajib dipanaskan ulang, dan semua ini demi keamanan dan kesehatan Anda sendiri.

Post a Comment for "Cara Aman Belanja Grocery Online di Era New Normal"