Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Konten Youtube yang Bagus untuk Pemula 2021, Gampang Memulainya

Youtube untuk pemula

Memiliki konten youtube yang menarik dan bagus akan menjadikan pemiliknya memiliki banyak subscriber dan banjir view. Jika sudah demikian, keuntungan-keuntungan demi keuntungan dapat diraih oleh pemilik channel tersebut.

Di tahun ini, persaingan dalam dunia youtube itu tidaklah mudah, karena berbagai macam niche kategori youtube sudah terlebih dahulu ada dan sudah dinikmati oleh penggunanya. Namun, bukan berarti bagi pemula atau pendatang baru, yang baru mengetahui tentang youtube tidak bisa sukses dalam mengelola channelnya.

Terkadang bagi pemula di dunia youtube atau sering dikenal dengan istilah konten creator, membuat channel youtube asal-asalan saja, tidak memperhatikan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Banyak yang comot video sana sini, akhirnya kena teguran hak cipta dan berakhir pada dihapusnya akun youtubenya, lalu buat lagi akun baru, baru mulai naik reupload lagi video orang lain dan kena teguran sampai dibanned lagi akun youtubenya, begitu seterusnya.

Sebenarnya, sebelum kita melangkah lebih jauh dalam dunia peryoutuban, alangkah baiknya mempelajari terlebih dahulu, syarat dan ketentuan yang berlaku saat kita menjadi pengunggah video atau konten creator itu.

Baik sebelum Anda melangkah lebih jauh di dalam membuat konten video, sebaiknya pahami dulu beberapa hal berikut ini :

Konten apa yang menarik untuk Youtube?

Saat ini sudah banyak sekali jenis video yang ada di youtube, mulai dari video keseharian, tutorial sampai kepada konten informasi yang bermanfaat untuk penonton. Mungkin bisa ada jutaan video yang sudah terupload di platform youtube.

Berbicara konten apa yang bagus dan menarik di youtube, maka kita dapat mengetahuinya dari video yang sering muncul di trending youtube, selain itu kita juga bisa mencoba fokus dengan niche konten video berikut ini :

1. Konten Berita

Setiap hari masyarakat Indonesia senang sekali menonton atau membaca tentang suatu peristiwa, baik itu di dalam maupun di luar negeri, jika mampu Anda dapat membuat konten berita, konten yang menyajikan informasi di sekitar Anda.

Jika ingin menggarap konten berita bagi perorangan memang agak sulit, tetapi bukan tidak bisa, kita dapat menyajikannya dengan cara kita sendiri, misalnya kita melihat terjadinya kebakaran atau banjir, maka sampaikanlah dengan gaya bahasa Anda sendiri dan pelajari sedikit demi sedikit tentang skil editing video.

2. Konten bisnis atau peluang usaha

Jika Anda memiliki ide bisnis atau peluang usaha, maka dengan menguploadnya ke youtube akan menarik bagi penonton, karena setiap hari ada saja orang yang mencari informasi mengenai bisnis atau peluang usaha yang bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah.

3. Konten Memasak

Memiliki keahlian memasak dijadikan konten video youtube sangat menarik untuk dibahas, karena banyak sekali konten kreator yang lagi naik daun di youtube adalah channel tentang tutorial memasak.

Maka gunakanlah hobi dan keahlian Anda memasak, untuk mendulang view dan penghasilan tambahan melalui video youtube.

4. Konten Edukasi

Banyak sekali orang yang ingin belajar, tetapi terkadang memiliki keterbatas waktu, untuk itulah mereka mencari inisiatif dengan mengunjungi youtube dan mengetikkan kata kunci belajar. Belajar di youtube itu sangat menyenangkan karena penjelasannya bisa lebih detail ketimbang blog.

Bagi Anda yang memiliki skil dalam bidang pendidikan atau sebagai guru, maka membuat konten edukasi dapat membuat channel Anda cepat berkembang.

5. Konten Tutorial

Punya keahlian tertentu ? buatlah tutorialnya di youtube, karena banyak sekali orang yang mencari cara melakukan sesuatu, dibanding tutorial blog atau website, maka tutorial di youtube lebih menarik.

Misalnya saat seseorang butuh cara memperbaiki laptop yang errror, maka mereka yang belum mengetahuinya akan langsung mencari di youtube. Maka gunakan kesempatan ini untuk menarik viewer video youtube Anda.

6. Konten Vlog

Vlog adalah kegiatan keseharian seseorang yang direkam langsung oleh orang tersebut, kegiatan yang menyenangkan dan bermanfaat tentu akan menarik minat seseorang untuk menonton video kita.

Apalagi jika Anda membuat vlog di tempat-tempat unik yang belum pernah orang lain mengetahuinya, maka video Anda akan diminati banyak orang.

Nah, itulah beberapa konten youtube yang menarik untuk Anda upload ke youtube, selain mengenai konten Anda dapat juga memperhatikan hal-hal di bawah ini :

Berapa Modal Jadi youtuber?

Menjadi pengupload video ke youtube sering dikenal dengan istilah youtuber, jika pertanyaan mengenai modal menjadi youtuber, maka jawabannya relatif ya, jika menjadi youtuber gratis tidak tepat juga, karena minimal kita punya android dan kuota internet.

Jika Anda menjadi youtuber yang mengupload kegiatan sehari-hari, maka tidaklah banyak modal menjadi youtuber seperti itu, modalnya selain android dan kuota adalah PD tampil depan kamera dan memiliki sedikit keahlian edit video.

Lain halnya jika Anda suka jalan-jalan ke luar daerah, meliput dan merekam video alam sekitar, maka dapat dipastikan modal yang harus dikeluarkan lebih banyak ketimbang video harian.

Bolehkah mengupload video orang lain di youtube?

Mengupload video orang lain disebut dengan reuploader, jika Anda senang mengupload video orang lain ke channel youtube milik Anda, maka bersiaplah untuk mendapatkan teguran berupa pelanggaran hak cipta.

Jika telah melakukan pelanggaran sampai 3 kali, akun kita bisa dibanned dan selamanya tidak bisa lagi upload video di akun tersebut.

Maka oleh sebab itu, mulai dari sekarang pikirkanlah lagi, jika ingin awet di youtube, cobalah belajar membuat video original dan terhindar dari hak cipta, meskipun konten original lalu ditambah dengan musik berhak cipta, maka hal itu juga menyebabkan video kita terhapus.

Apa saja syarat menjadi youtuber?

Syarat untuk menjadi youtuber itu adalah memiliki akun gmail, dari situlah maka Anda dapat membuat akun youtube, karena tanpa akun gmail tidak mungkin bisa membuat akun youtube.

Setelah Anda memiliki akun youtube syarat menjadi youtube selanjutnya adalah memiliki video original yang bagus dan menarik untuk ditonton dan segeralah upload ke channel Anda.

Itulah beberapa hal terkait dengan youtube, maka silahkan kembali lagi pelajari lagi syarat dan ketentuan yang berlaku di youtube, agar Anda mendapatkan kesempatan untuk berkembang di youtube.

Jangan lupa juga Anda untuk mencari informasi Konten Youtube yang Bagus untuk Pemula, agar Anda mudah membuatnya dan sesuai dengan skil dan hobi Anda masing-masing.

Post a Comment for "Konten Youtube yang Bagus untuk Pemula 2021, Gampang Memulainya"