Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara dan Hukum Takziyah dalam Islam

Salah satu hak seorang Muslim terhadap Muslim yang lain dalah takziyah, takziyah hukumnya sunat dan sangat dianjurkan dalam Islam. Ta’ziyah berarti sabar, maka sabar yang dimaksud dalam takziyah adalah usaha seorang Muslim menjadikan saudaranya yang tertimpa musibah kematian anggota keluarganya menjadi orang yang sabar. 

Dalam bertakziyah hendaknya kita berusaha menghibur ahli waris, berusaha untuk berkata-kata yang baik, sehingga kehadiran kita dapat meringankan beba serta duka kesedihan yang dialami orang yang kehilangan anggota keluarganya.

Rasulullah SAW bersabda yang artinya :

“Dari Usamah Ia berkata : Seorang anak perempuan Rasulullah SAW telah memanggil beliau serta memberitahukan bahwa anaknya dalam keadaan hamper meninggal. Rasulullah berkata kepada utusan itu, “Kembalilah engkau kepadanya dan katakanlah bahwa segala yang diambil dan yang diberikan bahwa apa pun adalah kepunyaan Allah. Dialah Allah yang menentukan ajalnya, maka suruhlah ia sabar serta tunduk kepada perintah”. (HR. Bukhari dan Muslim)

Takziyah disunatkan dan dilaksanakan ketika meninggalnya orang yang meninggal setelah dikuburkan hingga hari ketiga, kecuali yang akan bertakziyah tidak sempat maksimal di hari ketiga, maka tidaklah mengapa lebih pada hari ketiga tersebut. 

Hal-hal yang perlu dilakukan saat seorang Muslim melakukan takziyah ke rumah saudara seimannya yang tertimpa musibah adalah sebagai berikut :

1. Memberikan bantuan kepada keluarga yang tertimpa musibah, baik moril maupun materil, untuk mengurangi beban penderitaannya.

2. Turut menyelenggarakan jenazah jika belum, serta mendoakannya agar Allah mengampuni dosa-dosa orang ang meninggal tersebut. Tidak lupa juga berharap agar Allah menerima segala amal ibadahnya selama hayat dikandung badan.

3. Ikut mengantarkan jenazah sampai ke tempat peristirahatan terakhirnya.

4. Dilarang bercanda, berbicara keras atau melakukan sikap-sikap lain yang tidak terpuji selama bertakziyah.

Melakukan takziyah ke tempat orang yang sedang berduka selain untuk menghibur kerabat yang ditinggalkan juga dapat memberikan manfaat seperti memupuk solidaritas dan menjaga hubungan persaudaraan sesame Muslim yang penuh dengan rasa kasih saying.

Apabila seseorang tertimpa musibah kematian atas kariba kerabatnya, tentunya mereka akan merasakan bahwa musibah ini tidak hanya mereka yang mengalami dan bahkan tetangga, teman dan orang Muslim lainnya juga ikut merasakannya, sehingga mereka tidak larut dalam kesedihan yang mendalam.

Demikianlah sedikit ulasan mengenai Takziyah, semoga bermanfaat bagi para pembaca semuanya.

Post a Comment for "Cara dan Hukum Takziyah dalam Islam"