Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Tips Memulai Bisnis Tanpa Modal

5 Tips Memulai Bisnis Tanpa Modal
Gambar by : Pixabay

Mendirikan perusahaan Anda sendiri adalah impian bagi banyak orang. Tetapi relatif sedikit yang benar-benar mengambil langkah untuk berwirausaha. Selalu ada alasan untuk tidak melakukannya: ketidakpastian, tidak ada rencana yang jelas, anak-anak masih kecil, kami baru membeli rumah, sebut saja. "Saya tidak punya uang sendiri" juga sering terdengar, tapi itu sebenarnya bukan alasan. Anda juga bisa memulai bisnis tanpa (banyak) uang. 

Di sini Anda dapat membaca dalam 5 tips memulai bisnis tanpa modal yang Anda butuhkan.

1. Jangan melakukan hal impulsif

Jangan melakukan hal-hal impulsif seperti mengambil pinjaman atau, lebih buruk lagi, berhenti dari pekerjaan Anda. Jika Anda sudah kehabisan waktu, tinjau kembali aktivitas Anda di rumah, tapi jangan kurangi beban kerja Anda terlebih dahulu. Langkah mundur sangat sulit. Simpan, jangan pinjam. Meminjam selalu memungkinkan, tetapi selalu mahal. 

Jika Anda mendirikan bisnis tanpa modal awal, Anda jelas membutuhkan uang untuk hidup. Anda tidak memperoleh penghasilan yang wajar per hari 1. Simpan apa yang Anda bisa untuk dapat membeli produk Anda atau membayar promosi Anda Dapatkah Anda bekerja lebih sedikit dalam pekerjaan Anda saat ini? Buatlah rencana untuk itu (dan jangan langsung menemui atasan Anda, itu pertanda buruk!). 

Baca Juga : 8 Cara Memulai Bisnis Online dengan Mudah

Setuju dengan diri Anda sendiri bahwa Anda tidak akan berbicara dengan atasan Anda sampai Anda memiliki penghasilan X per bulan. Jangan tergoda untuk melakukannya lebih awal. Jadikan hobi Anda sebagai hobi berbayar dan baru kemudian ambillah langkah ke pekerjaan nyata.

2. Persiapkan diri Anda secara mental. 

Bicarakan dengan orang lain untuk memperjelas tujuan Anda. Pastikan Anda tahu apa yang Anda inginkan, karena berwirausaha juga berarti mengatasi kemunduran. Jatuh dan bangun lagi. Anda tidak membutuhkan uang untuk itu, tetapi motivasi dan ketahanan. 

Bacalah satu atau lebih buku oleh dan tentang pengusaha untuk mendapatkan inspirasi. Ada juga buku dari para wirausahawan yang benar-benar memulai dari nol. Mereka mulai dengan barang pinjaman, barang yang hanya harus mereka bayar saat dijual, dll. Dan tentu saja dengan coba-coba. 

Keuntungan dari "berbicara dengan orang lain" adalah mereka akan segera dapat bertindak sebagai duta untuk Anda dan perusahaan Anda. Memang gratis, karena mereka memberikannya kepada Anda.

3. Mulai lakukan riset

Jangan hanya meneriakkan sesuatu yang tidak jelas seperti "Saya ingin memulai toko web", karena terlalu banyak toko yang seperti itu. Jadi buatlah rencana Anda menjadi konkret. Lihat apa yang tidak mereka lakukan dengan benar, dan Anda melakukannya. 

Baca Juga : 5 Bisnis Online yang Bisa Dilakukan di Rumah Saja

Tentunya tidak akan berhasil tanpa adanya ide, berwirausaha bukanlah jalan keluar untuk menjadi budak kerja. Ada beberapa penyedia (hampir) ruang web gratis termasuk toko web. Mereka tidak terlalu bagus, tapi cukup bagus untuk memulai.

4. Mencari informasi sebanyak mungkin

Jika Anda ingin menjual produk, Anda bisa mendapatkan informasi tentang pemasaran afiliasi atau tentang dropshipping. Dengan begitu, Anda dapat menyiapkan situs web Anda sendiri dan menawarkan produk tanpa benar-benar harus membeli dan menyimpannya. 

Anda mungkin adalah "penyedia nomor banyak" dan harus menghabiskan banyak waktu untuk membuat situs Anda dikenal, ini bisa menjadi permulaan. Namun, jangan salah paham dengan keuntungan yang akan Anda raih melalui metode ini. Peluang Anda mendapatkan penghasilan nyata dengan cara ini sangat kecil. Tapi sebagai permulaan, ini bisa menjadi cara yang menarik.

5. Buatlah rencana bisnis. 

Mintalah teman dan keluarga untuk memeriksanya secara kritis dan mengingat komentar mereka. Seorang pengusaha biasanya keras kepala dan seringkali itulah cara menuju sukses. 

Tapi belum, Anda belum menjadi pengusaha. Pikirkan tentang kekurangan Anda sebagai pengusaha di industri Anda dan mulailah belajar. Kursus adalah cara yang bagus untuk lebih memahami kehidupan yang akan segera Anda miliki. Internet adalah teman besar Anda di sini, di mana Anda dapat menemukan banyak informasi dan bahkan kursus yang lengkap. Memang gratis.

Post a Comment for "5 Tips Memulai Bisnis Tanpa Modal"