Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Memilih Warna Cat Agar Nyaman di Rumah

Tips Memilih Warna Cat Agar Nyaman di Rumah

Rumah merupakan tempat tinggal yang paling nyaman untuk berteduh. Menjadikan rumah sebagai tempat tinggal yang paling nyaman adalah harapan setiap orang. Tak heran, biasanya kita melakukan berbagai cara untuk bisa membuat rumah menjadi nyaman misalnya dengan menggunakan warna cat rumah yang sesuai dengan keinginan serta memberikan kesan tertentu. Apalagi di tengah – tengah wabah virus COVID-19 yang mengharuskan sebagian besar orang untuk tetap tinggal di rumah. Sehingga, membuat terasa nyaman sangat penting agar gerakan #dirumahaja bisa tetap seru dan asyik. Nah, agar tidak bingung dalam memilih warna, kamu bisa mengikuti beberapa tips atau saran berikut.

7 Tips Memilih Warna Cat Rumah

1. Mengetahui Warna Favorit

Warna favorit bisa dijadikan acuan dalam pemilihan warna cat rumah yang akan dipakai. Biasanya, seseorang memiliki satu warna yang sangat disukai. Warna tersebut biasanya akan menjadi warna yang paling sering diaplikasikan pada barang – barang sehari – hari, termasuk dalam pemilihan cat rumah, warna favorit juga bisa diaplikasikan pada rumah. Sehingga, rumah terasa lebih menarik dan nyaman untuk ditinggali.

2. Mempertimbangkan Warna Kesukaan Keluarga
Anggota keluarga mungkin mempunyai warna kesukaan yang berbeda. Dengan mempertimbangkan warna kesukaan mereka, salah satunya bisa dipilih sebagai inspirasi warna cat rumah. Tentunya, sesuai dengan kesepakatan anggota keluarga yang lain. Dengan begitu, Anda tidak lagi bingung dalam memilih dan menentukan pilihan warna yang ingin diaplikasikan sebagai cat rumah.
3. Mengetahui Warna Dasar yang Ingin Dipakai

Penggunaan warna dasar sangat penting agar menjadi acuan warna apabila ingin memakai warna lebih dari satu. Warna dasar bisa menjadi warna dominan yang diaplikasikan di dalam rumah. Penggunaan warna – warna lain bisa menyesuaikan dengan warna dasar. Dengan begitu, rumah akan lebih terlihat cantik dan menarik. Dengan perpaduan dari warna dasar dan warna lain yang dipakai, warna – warna tersebut akan menyatu dan berpadu sehingga lebih menarik.

4. Mengetahui Cara Kombinasi Warna yang Tepat

Agar warna yang dipakai tidak monoton dan terkesan kaku, perpaduan warna bisa dilakukan. Menggunakan warna yang lebih muda dari warna dasar biasanya sering dilakukan. Pilihan lain yaitu dengan menggunakan warna kombinasi yang sesuai. Sebagai contoh, bila warna cat rumah yang dipakai sebagai warna dasar misalnya hijau, nah, perpaduan warna yang bisa dijadikan kombinasi yaitu warna coklat, orange dan kuning. Atau bisa juga dipadukan dengan warna hijau yang lebih muda, sehingga terlihat lebih manis.
5. Mengenali Karakter Warna dan Efek yang Bisa Ditimbulkan Oleh Warna Tertentu
Beberapa warna mempunyai kesan dan efek tersendiri. Ini bisa disebut dengan psikologi warna. Jika ingin mengetahui lebih lanjut, Anda bisa mengetahui efek dan kesan apa yang ditimbulkan dari warna cat rumah yang Anda pilih. Misalnya, warna hijau akan memberikan kesan nyaman dan tentram. Warna hitam memberikan kesan elegan dan misterius. Dan warna – warna lainnya tentu juga memberikan efek dan kesan tersendiri.

6. Tidak Perlu Takut Untuk Mengeksplorasi Warna

Selain melakukan kombinasi dan perpaduan warna, Anda tidak perlu takut untuk menggunakan warna – warna lain yang sedang tren atau warna yang jarang dipakai. Selama warna tersebut terlihat menarik dan Anda suka, Anda bisa memilih warna tersebut sebagai warna cat rumah yang akan membuat rumah Anda menjadi lebih menarik dan terlihat cantik.

Itulah 6 tips yang bisa Anda lakukan untuk memilih warna cat rumah. Untuk kualitas cat yang terbaik, Anda bisa memilih Asian Paints yang menyediakan berbagai pilihan warna. Kegiatan mengganti warna cat bisa dilakukan sebagai salah satu cara untuk mengisi waktu di rumah saja selama wabah COVID-19 belum usai. Melakukan kegiatan bermanfaat ini selain seru juga bisa menjadi kegiatan alternatif yang bisa menghilangkan kebosanan selama di rumah.

Post a Comment for "Tips Memilih Warna Cat Agar Nyaman di Rumah"