Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Lima Aplikasi Daring/Belajar di Rumah Gratis

Lima Aplikasi Daring/Belajar di Rumah Gratis
gambar by : ayobandung.com

Stay At Home menjadikan proses pendidikan sedikit terganggu, salah satunya karena adanya proses belajar dari rumah dan guru juga berada di rumah, sehingga mau tidak mau, suka tidak suka, proses pembelajaran tatap muka di kelas, berubah menjadi pembelajaran online.

Dalam membantu siswa untuk belajar di rumah secara online atau sering dikenal dengan istilah daring, maka pembelajran offline beralih ke pembelajaran online, pembelajaran online membutuhkan sebuah aplikasi, untuk itulah pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia mengadakan kerjasama dengan platform-platform pembelajaran yang tersedia.

Berikut kami sajikan beberapa platform atau aplikasi pembelajaran online yang bisa diakses :

1. Rumah Belajar
Kemdikbud sendiri memiliki aplikasi yang digunakan untuk daring atau belajar di rumah, hal ini bertujuan agar di masa-masa di rumah ini, siswa dan orang tua dapat memanfaatkan teknologi sebagai media pembelajaran.

Di aplikasi ini terdapat berbagai macam fitur, seperti Buku sekolah elektronik, Bank Soal, labo maya, kelas digital dan lainnya.

Guru dan siswa dapat memanfaatkan aplikasi ini melalui link https://belajar.kemdikbud.go.id/

2. Google for Education
Google for Education menyediakan layanan menggunakan Chromebooks dan G-Suite dalam rangka mendukung siswa untuk belajar di rumah. Dapat Anda akses melalui situs https://blog.google/outreach-initiatives/education/offline-access-covid19/

3. Ruangguru
Siapa sih yang tidak mengenal Ruangguru, aplikasi daring yang satu ini sudah cukup terkenal di Indonesia, sehingga tidak asing lagi bagi para siswa di seluruh Indonesia untuk memanfaatkannya pada masa-masa sekarang ini.

Ruangguru adalah layanan belajar dengan system aplikasi, yang dikembangkan oleh para ahli di bidangnya masing-masing.

Ruangguru ikut berpatisipasi pada masa pandemic COvid-19 ini, dengan menyediakan Sekolah Online Gratis, seperti kelas virtal, ujian online dan lainnya, silahkan menuju playstrore dan download aplikasi Ruangguru ini. Di https://sekolahonline.ruangguru.com/

4. Sekolahmu
Pada masa-masa sekarang ini, sekolahmu menyediakan program pembelajaran tanpa batas seperti live streaming. Sekolahmu menyediakan dan menjadikan materi pembelaran sesuai dengan usia siswa, silahkan kunjungi di https://www.sekolah.mu/belajar-tanpa-batas/

5. Microsoft Office 365 Microsoft

Microsoft menyediakan layanan Office 365 yang dapat digunakan oleh guru dan siswa secara gratis dan bukan versi percobaan. Office 365 dapat diakses dan diperbarui secara realtime termasuk Word, Excel, PowerPoint, OneNote, dan Microsoft Teams, serta fitur ruang kelas lainnya. Guru dan siswa hanya perlu menyiapkan alamat email dengan domain sekolah. Cek selengkapnya di sini : https://www.microsoft.com/id-id/education/products/office.

Post a Comment for "Lima Aplikasi Daring/Belajar di Rumah Gratis"