Marhaban Ya Ramadhan 1440 H/2019 M

Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah dan Allah akan bukakan pintu keampunan bagi hamba-NYA yang senantiasa meminta ampun. Momentum bulan Ramadhan yang hanya terjadi dan kita temua satu kali dalam setahun ini, janganlah sampai disia-siakan. Betapa banyak saudara kita yang tidak akan bertemu lagi Ramadhan tahun ini, karena telah terlebih dahulu menghadap Ilahi Rabbi.

Marhaban Ya Ramadhan 1440 H/2019 M

Jika tahun ini, kita diberikan kesempatan bertemu dengan bulan Ramadhan, maka perbanyaklah bersyukur kepada Allah. Allah akan melipat gandakan pahala bagi orang yang beribadah pada bulan Ramadhan, di bulan Ramadhan juga kita kenal dengan bulan puasa. Maka ada suatu kewajiban utama yang wajib kita laksanakan selaku orang yang beriman.

Kewajiban itu datang setiap sekali setahun, dan wajib bagi semua orang Islam yang beriman, mulai ia baligh (Sampai umur menanggung kewajiban), puasa tidak boleh ditinggalkan tanpa sebab yang memperbolehkan ia untuk tidak berpuasa, seperti anak-anak, orang gila, wanita haid/nifas, sakit keras dan semisalnya.

Baca Juga : 5+ Pertanyaan Seputar Bulan Ramadhan

Keistimewaan bulan Ramadhan itu banyak sekali, diantaranya adalah :

1. Bulan penuh berkah, setiap amalan manusia yang beriman akan diberkahi oleh Allah SWT, maka sepatutnya bulan Ramadhan diisi dengan kegiatan-kegiatan positif dan memperbanyak amalan. Tidak ada maknanya Ramadhan bagi orang yang menyia-nyiakannya. Lalai melaksanakan kewajibannya, sedikit amalan baiknya dan banyak melakukan dosa.

2. Bulan diwajibkannya berpuasa, sebagaimana firman Allah dalam Surah Al-Baqarah ayat 183 : "Hai orang-orang yang beriman diwajibkan atas kamu berpuasa, sebagaimana telah diwajibkan atas orang sebelum kamu, agar kamu menjadi orang yang bertqwa".(QS. Al-Baqarah : 183)

3. Bulan diturunkannya Al-Qur'an, kitab umat Islam yang menjadi pedoman kita sampai akhir hayat, yaitu Al-Qur'an, diturunkan pada malam bulan Ramadhan, yaitu pada malam 17 Ramadhan. Sehingga dengan berpegang teguh kepada kitab Al-Qur'an kita selamat menjalani kehidupan dunia dan akhirat.

4. Bulan dibukanya pintu surga, bagi orang yang berpuasa disediakan dan dibukakan pintu surga selebarnya bagi mereka, agar setelah Ramadhan mereka kembali fitrah dan suci seperti bayi yang baru dilahirkan dan Insya Allah dapat meraih surganya.

"Jika bulan Ramadhan tiba, maka dibukalah pintu-pintu surga, ditutuplah pintu-pintu neraka, dan setan-setan dibelenggu” (HR. Bukhari no. 1898, 1899 dan Muslim no. 1079)

5. Ditutupnya pintu neraka, dengan beribadah penuh di bulan Ramadhan, melaksanakan yang wajib dan mengerjakan yang sunnah sertai menjauhi keburukan, Allah akan jauhkan kita dari neraka.

"Adapun orang yang melampaui batas, dan lebih mengutamakan kehidupan dunia, maka sesungguhnya nerakalah tempat tinggal(nya)” (QS. An-Nazi’at 37-39)

6. Bulan dikabulkanny doa-doa, salah satu waktu yang makbul bagi orang yang beriman berdoa adalal ketika berpuasa, apalagi dikerjakan puasa wajib, maka Allah akan senantiasa mengabulkan doa-doa hambanya yang beriman.

7. Bulan padanya ada satu malam lebih baik dan mulia daripada seribu bulan, bayangkan beribadah pada malam itu nilainya lebih baik dari seribu bulan dan malam itu disebut dengan malam "Lailatul Qadr".

Artinya, “Sesungguhnya Kami telah menurunkan (Al-Quran) pada Malam Qadar (Malam Kemulian). Dan tahukah kamu, apa Malam Qadar itu? Malam Qadar itu lebih baik dari seribu bulan,” (QS Al-Qadr : 1-3).

Demikianlah artikel mengenai keistimewaan bulan Ramadhan ini, semoga bermanfaat bagi kita semua, Aaamiiin.

0 Response to "Marhaban Ya Ramadhan 1440 H/2019 M"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel