7 Jenis Alat Musik Melodis Yang Perlu Kamu Tahu

Zaman sudah semakin berkembang dan juga teknologi, begitupun dengan dunia music yang juga ikut berkembang seiring zaman. Sekarang sudah banyak jenis alat music yang dapat kita temui. Dalam dunia ada 3 macam jenis lat music yaitu alat music ritmis, alat music harmonis, dan alat music melodis.

Alat musik dapat membunyikan suara pada irama lagu disebut juga alat musik melodis. Pada dasarnya melodis tidak dapat menghasilkan suara cord dengan sendirinya. Untuk menambah indahnya suara yang dikeluarkan oleh alat musik perlu dilengkapi dengan alat musik ritmis dan harmonis. Karena alat musik ritmis dan harmonis juga dapat menyimpan nada serta irama yang dapat menambah keindahan alat musik. Kegunaan alat musik melodis adalah sebagai penentu dalam sebuah musik. Disini saya akan menjelaskan tentang jenis - jenis alat musik melodis.

1. Gitar
7 Jenis Alat Musik Melodis Yang Perlu Kamu Tahu

Gitar adalah Jenis alat musik yang sering digunakan oleh banyak orang. Alat musik ini dimainkan dengan cara dipetik di bagian senarnya. Berdasarkan sejarahnya , gitar merupakan sebuah alat musik yang berasal dari Spanyol, tidak hanya itu gitar di literatur sejarah yang berbeda ada juga yang mengatakan, gitar salah satu alat musik sejak tahun sebelum masa Babilonia. Tidak banyak masyarakat yang berminat untuk memainkan alat musik ini.

Gitar menjadi alat musik yang terkenal di Indonesia. Setelah munculnya salah satu seniman yang bernama Alonso Mudara, gitar sudah terlihat sedikit demi sedikit. Alonso Mudara sudah membuat banyak karya yang berkaitan dengan gitar dan orang-orang menyukainya karyanya tersebut. Bahkan untuk saat ini gitar merupakan alat musik yang sangat digemari dari berbagai kalangan, mulai dari kalangan muda sampai kalangan dewasa. Kenapa gitar merupakan sebuah alat musik yang sangat digemari semua kalangan? Karena gitar adalah alat musik yang dianggap bagus untuk dipakai dalam peromantis yang klasik. Sehingga anak muda zaman sekarang sangat menekuni untuk memainkan gitar.

2. Sasando

7 Jenis Alat Musik Melodis Yang Perlu Kamu Tahu

Sasando adalah alat musik yang berasal dari pulau Rote, NTT. Warga Rote menamakan alat musik sasando menjadi sasandu yang artinya bergetar atau berbunyi. Untuk memainkan alat musik ini yaitu dengan cara dipetik. Sejak zaman abad ke 7 Masehi masyarakat Rote sendiri telah memakai alat musik ini. Kegunaan alat musik ini adalah sebagai pengiring tarian saat ada acara kegiatan masyarakat.

3. Piano

7 Jenis Alat Musik Melodis Yang Perlu Kamu Tahu

Piano merupakan alat musik tradisional yang memiliki harga yang lumayan mahal. Oleh karena itu tidak semua orang memiliki alat musik ini. Hanya orang-orang kalangan atas dan menengah yang dapat memiliki alat musik ini. Piano berasal dari luar dari Italia, menurut sejarah bahwa piano dibuat pertama kali pada tahun 1720 Masehi di Italia oleh Bartolomeo Cristofori. Ada 3 jenis piano yaitu baby grand piano, grand piano dan upright piano.

4. Harmonika

7 Jenis Alat Musik Melodis Yang Perlu Kamu Tahu
Alat musik ini adalah salah satu jenis alat musik tradisional yang dimainkan dengan di hisap dan meniup di bagian lubangnya. Harmonika pertama kali diperkenalkan oleh penemunya di China dan dinamakan dengan Sheng. Harmonika sudah dipakai sejak zaman kaisar Nyu-Kwa yang tepatnya 5 abad yang lalu. Harmonica dibagi menjadi 5 macam yaitu tremolo, chord, diatonic, kromatik, bass.


5. Biola

7 Jenis Alat Musik Melodis Yang Perlu Kamu Tahu
Alat musik ini berasal dari daerah Spanyol-Mauris dan ditemukan pada abad ke 18 Masehi. Untuk memakainya alat musik ini dengan cara menggeseknya menggunakan stik biolanya sendiri. Senar biola terdiri dari 4 yaitu G-D-A-E yang sengaja diatur secara berbeda.

6. Akordeon

7 Jenis Alat Musik Melodis Yang Perlu Kamu Tahu

Alat musik ini merupakan sebuah alat musik yang berbentuk seperti organ dan cara memainkannya dengan memompa pada bagian badan alat musik ini. Akordeon berasal dari daerah Sumatera Selatan yang pada umumnya digunakan sebagai irama pengiring musik religi, modern dan acara adat. Alat musik ini dibagi menjadi 4 jenis yaitu diantonic, berwarna, concertinas dan piano.



7. Seruling

Seruling adalah alat musik yang dapat dibunyikan dengan cara ditiup. Alat musik ini adalah sebuah alat musik yang ketika ditipu salah satu lobang yang ada di bagian seruling aka mengeluarkan bunyi. Asal mulanya alat musik ini pertama kali diperkenalkan di daerah jawa barat. Bahan untuk membuat alat musik ini adalah bamboo pilihan. Cara memainkan seruling sendiri lumayan mudah, hanya cukup ditipu saja seruling akan mengeluarkan bunyi. Kemudian seruling merupakan alat musik yang dapat mengeluarkan nada maupun notasi yang indah.



Demikianlah mengenai pengertian alat musik melodis dan contohnya beserta asal usulnya. Semoga bermanfaat guys!

2 Responses to "7 Jenis Alat Musik Melodis Yang Perlu Kamu Tahu"

  1. Satupun gak ada yang bisa memainkannya, hahahaha... Dulu paham dasar gitar, tapi lupa lagi. Emang dasar gak minat sama musik

    BalasHapus
  2. @hendra, sama mas hehe...suka musik tanpa bisa memainkannya kan gak apa2.

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel