Resolusi Tahun Baru 2019 Menuju Hidup Sehat

Resolusi tahun baru 2019 apa yang Anda inginkan untuk terwujud? Dari sekian banyak opsi, sebaiknya jangan pernah melupakan kesehatan. Ya, jika sebelumnya Anda memiliki kebiasaan buruk, maka sudah saatnya ubah itu semua. Penting bagi Anda untuk menerapkan hidup sehat sebagai salah satu resolusi. Sambil memberikan ucapan selamat tahun baru pada keluarga, kerabat serta orang terdekat lainnya, ajak mereka untuk sama-sama menjalani hidup sehat.

Resolusi Tahun Baru 2019 Menuju Hidup SehatBingung menjalani resolusi tahun baru 2019 menuju hidup sehat? Gampang, kok! Anda bisa melakukan sejumlah cara cerdas di bawah ini. Wujudkan secara realistis, lakukan dari sekarang, lalu ikuti caranya sebagai berikut:

1. Kompak Hidup Sehat Bersama Keluarga

Mulailah menerapkan aturan sehat di lingkup keluarga seperti tidak mengonsumsi makanan yang tinggi gula dan lemak. Selain itu, biasakan menyantap hidangan yang dimasak secara langsung, bukan olahan.

Habiskan waktu setidaknya 30 menit untuk melakukan kegiatan bersama di luar. Carilah kegiatan yang dapat mengasah fisik bersama seperti olahraga, pergi naik gunung, berbelanja ke pasar, piknik di taman, dan lain sebagainya.

Anda bisa juga berlibur yang dapat menyegarkan pikiran. Tulis destinasi wisata pilihan Anda serta anggota keluarga lain yang telah disepakati. Faktanya, liburan memiliki manfaat positif untuk meningkatkan kesehatan mental.

2. Berusaha Mengatasi Stres

Pada momen-momen tertentu, stres sebenarnya baik sebagai upaya bersikap mawas diri. Namun faktanya, stres kronis dapat mengancam kesehatan fisik, mental, dan kognitif. Salah satu resolusi tahun baru 2019 menuju sehat selanjutnya adalah berusaha mengatasi stres dalam diri.

Baca Juga :

Dua Renungan Menghadapi Pergantian Tahun
Memaknai Pergantian Tahun Baru Islam

Setiap orang memiliki kondisi berbeda, namun penelitian menunjukkan bahwa kegiatan yang menimbulkan respons relaksasi seperti yoga, meditasi, dan bahkan meningkatkan keimanan lewat ibadah dapat membuat perbedaan besar.

Olahraga juga merupakan penghilang stres yang hebat. Anda bisa melakukan aktivitas fisik ini bersama keluarga, teman, atau bahkan sendiri. Beragam pilihan olahraga dapat dipilih sesuai preferensi pribadi, misalnya lari, renang, sepeda, basket, dan lain-lain.

3. Maksimalkan Waktu Istirahat

Sibuk dengan kegiatan sehari-hari yang padat? Tak apa, asal jangan melupakan istirahat. Ketika tiba waktunya untuk tidur, gunakanlah secara optimal. Gelapkan ruangan dengan menutup tirai atau meredupkan layar pada alarm guna mendapatkan tidur yang berkualitas.

Secara pasti, tidak ada waktu yang tepat untuk tidur malam. Namun biasanya, rata-rata tidur efektif bagi manusia dalam sehari berkisar di angka 8 jam. Faktor lain seperti usia, kondisi kesehatan dan gaya hidup juga mempengaruhi.

Dengan memaksimalkan waktu istirahat, masalah-masalah seperti stres, depresi dan badan lemas dapat teratasi. Anda juga mampu mendapatkan kemampuan beraktivitas secara maksimal daam menjalani kegiatan sehari-hari.


4. Berhenti Merokok dan Minum Alkohol

Merokok tak hanya membuat Anda berisiko terkena kanker paru-paru, tetapi juga penyakit jantung, impotensi, dan lain-lain. Menghentikan kebiasaan itu sangat sulit, namun mencari bantuan pengganti nikotin seperti tambalan dan permen karet, dapat membantu.

5. Belajar Bersyukur

Walau terdengar sepele, namun belajar bersyukur dapat mengubah fokus Anda dan meminimalisir pengaruh stres yang menyimpang. Kebiasaan ini sanggup mengingatkan diri kita pada aspek-aspek positif kecil setiap hari dalam kehidupan, membantu mengembangkan rasa keseimbangan, dan meningkatkan kesejahteraan secara personal.

***
Sudah saatnya menjalankan resolusi tahun baru 2019 menuju sehat. Ciptakan tahun yang lebih baik dan berbeda dibanding sebelumnya. Jangan lupa, bersikap baik pada orang-orang sekitar juga. Selamat mencoba!

0 Response to "Resolusi Tahun Baru 2019 Menuju Hidup Sehat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel