Tips Tetap Sehat dan Bahagia di Hari Tua

Hidup sehat adalah pilihan setiap orang dan merupakan sesuatu yang bisa kita persiapkan, mulai hari ini. Yakinlah, hidup sehat adalah komitmen jangka panjang, hidup sehat bukan merupakan sebuah kebetulan. Tetapi ada langkah-langkah yang dapat kita ambil sekarang yang akan membuat hari kita lebih sehat daripada kemarin dan membuka jalan bagi kehidupan yang lebih sehat untuk hari besok.
Tips Sehat dan Bahagia di Hari Tua

Bahagia di hari tua sangat erat kaitannya dengan kesehatan, maka dua hal ini tidak bisa dipisahkan, karena tidak mungkin masa tua kita bahagia jika mengalami berbagai penyakit yang menyebabkan hari tua kita sangat menyiksa dan harus menghadapi sakit yang selalu menghinggapi diri.

Untuk itu agar kita bahagia di hari tua mari kita mulai dengan menjaga pola hidup sehat dimasa muda, dengan menjaga kegiatan yang mengantarkan kita tetap sehat di masa tua nantinya, seperti menjaga pola hidup sehat di bawah ini :

1. Menjaga Pola Makanan
Pola makan yang sehat merupakan modal utama kita untuk tetap mendapatkan kesehatan di masa tua nantinya, banyak orang yang menyesali saat mengalami sakit di hari tua karena tidak menjaga pola makan yang sehat di masa mudanya, maka penting bagi kita menjaga pola makan yang sehat, seperti memakan sesuatu makanan yang mengandung banyak vitamin, menjaga jumlah makan yang tidak berlebihan serta makan tidak terlalu malam untuk menjaga tubuh dari tumpukan lemak.

2. Kurangi Konsumsi Gula
Gula sebagai salah satu penyebab penyakit diabetes sangat enak dinikmati saat masih muda, namun resiko yang akan kita hadapi di hari tua yang perlu menjadi pertimbangan, karena saat ini mudah sekali penyakit diabetes menyerang seseorang, apalagi saat berusia lanjut, maka ketika muda haruslah menjaga agar tidak mengkonsumsi gula secara berlebihan.

3. Rutinkan Olahraga
Kondisi kesibukan bekerja pada zaman sekarang ini dan banyaknya kendaraan yang diproduksi semakin membuat orang malas untuk berolahraga, padahal olahraga ringan dapat kita lakukan seperti dengan berjalan kaki, minimal 1/2 jam perhari, maka membiasakan ini sangat baik bagi kesehatan kita di masa tua, bahkan ketika usia kita sudah lanjutpun jalan kaki ini sangat efektif untuk dilakukan, agar penyakit tidak menumpuk dalam tubuh ini.

3. Jauhi Elektronik Saat Tidur
Karena kebiasaan kita menggunakan elektronik seperti TV, gadget dan lainnya, terkadang membuat kita mengantarkan tidur dengan semua itu, padahal itu tidak baik untuk kesehatan. Maka oleh sebab itu menjauhi semua peralatan elektronik terutama mematikan TV dan Gadget saat tidur sangat dianjurkan guna tetap sehat dan yterhindar dari radiasi, karena sinar dari TV dan Gadet lainnya mengakibatkan Insomnia jika terlalu sering menghadapi semua benda elektronik tersebut.

Lantas bagaimana jika kita ingin tetap bahagia di hari tua, penting untuk melanjutkan melakukan kegiatan dalam rangka menjaga kesehatan diiringi dengan kegiatan berikut agar tetap sehat plus bahagia di hari tua, seperti melakukan :

Pertama, Menjaga hubungan sosial karena kita diciptakan sebagai makhluk sosial maka sangat penting untuk tetap menajga hubungan baik dengan keluarga, tetangga serta sahabat di mana kita berada dan tetap menjalin hubungan baik dengan sahabat kjauh kita.

Kedua, Tetap menyalurkan hobi yang bermanfaat, jika kita merupakan seseorang yang memiliki hobi yang bermanfaat, maka tetaplah melakukannya saat muda, dewasa, sampai ketika masa tua itu datang, karena dengan demikian akan membuat kita semakin bahagia.

Ketiga, Investasi dalam hal finansial, kebutuhan hidup akan terus berlanjut sampai saat ajal menjemput kita, maka penting bagi kita untuk investasi dalam rangka memenuhi bahagia di hari tua, sehingga saat tubuh ini tidak lagi produktif kita tetap memiliki biaya hidup yang telah kita persiapkan, investasi bisa dalam bentuk tabungan, usaha, maupun investasi dalam bentuk benda berharga lainnya.

Demikianlah beberapa " Tips Sehat dan Bahagia di Hari Tua. " Semoga bermanfaat bagi kita semua.

Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form